Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Daftar 10 Makanan Khas Aceh yang Enak dan Kaya Rempah

Pilihan makanan khas Aceh sangatlah beragam. Berikut rekomendasi makanan khas Aceh yang wajib dicicipi.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 27 Desember 2022  |  18:54 WIB
Daftar 10 Makanan Khas Aceh yang Enak dan Kaya Rempah
10 Makanan Khas Aceh yang Enak dan Kaya Rempah / Kemdikbud
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aceh merupakan salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata. Saat berlibur ke Aceh, tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas daerah tersebut. Lalu, apa saja makanan khas Aceh yang wajib dicicipi? Simak penjelasannya berikut ini.

Makanan khas Aceh dan Keunikannya

Makanan khas daerah Aceh memiliki rasa yang enak dengan aroma rempah yang kuat. Selain itu, ada juga makanan khas dari daerah Aceh yang rasanya pedas. Adapun beberapa makanan enak dari Aceh, seperti berikut:

1. Mie Aceh

Salah satu makanan khas Aceh adalah mie aceh. Makanan ini memiliki rasa pedas dan cita rasa rempah yang kuat. Setidaknya ada dua varian mie aceh yakni mie aceh goreng dan kuah. Biasanya, mie aceh disajikan dengan berbagai topping seperti daging sapi, seafood, dan lain sebagainya.

2. Kuah Sie Itek

Pilihan makanan dari Aceh berikutnya yaitu kuah sie itek. Makanan ini terbuat dari daging itik yang dimasak dengan bumbu khas Aceh. Sie itek merupakan olahan daging itik yang berbeda dibandingkan masakan berbahan itik lainnya.

3. Kuah Masam Keu-Eung

Makanan berkuah lainnya yang berasal dari Aceh yaitu masam keu-eung. Ciri khas makanan ini yaitu rasanya yang asam pedas. Saat menikmati makanan ini, Anda bisa merasakan olahan makanan yang menyegarkan.

4. Kuah Pliek U

Makanan khas Nanggroe Aceh Darussalam selanjutnya yaitu Kuah Pliek U. Makanan ini terbuat dari beragam sayuran yang rasanya enak. Selain rasanya yang enak, kauh pliek u ternyata menjadi lambang keberagaman dan kekerabatan masyarakat Aceh yang bersatu pada kuali besar.

5. Ayam Tangkap

Makanan ini terbuat dari potongan daging ayam yang digoreng, lalu diolah bersama daun teumura dan cabai hijau. Setelah matang, ayam tangkap disajikan dengan topping bawang goreng yang membuat rasanya semakin nikmat.

6. Ungkot Kemamah

Nama makanan khas Aceh berikutnya yaitu ungkot kemamah. Makanan ini terbuat dari ikan tuna yang direbus dan dikeringkan. Setelah itu, daging ikan tuna tersebut diolah bersama santan, kentang, cabai hijau, dan aneka rempah lainnya yang membuat rasanya semakin nikmat dan aromanya khas.

7. Sate Matang

Sate merupakan makanan khas Indonesia yang ada di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Varian sate di setiap daerah berbeda-beda.

Di Aceh, terdapat varian sate matang yang terbuat dari daging kambing atau sapi yang diungkep dengan bumbu khas Aceh. Setelah itu, daging tersebut dibakar sampai matang. Biasanya, sate matang dilengkapi dengan kuah soto yang membuat rasanya semakin gurih dan enak.

8. Mie Jalak Sabang

Selain mie aceh, ada juga olahan mie jalak sabang yang berasal dari Aceh. Makanan ini terbuat dari mie kenyal yang disajikan dengan kaldu beserta aneka topping seperti daging, tauge, dan telur rebus. Untuk Anda yang pecinta mie, maka mie jalak sabang wajib dicicipi saat berada di Aceh.

9. Rujak Aceh

Rujak aceh juga menjadi salah satu makanan khas Aceh yang terkenal. Makanan ini terbuat dari buah rumbia yang siram dengan saus rujak. Biasanya, rujak ini dinikmati dalam keadaan dingin dengan tambahan serutan es yang membuat rasanya semakin segar.

10. Kue Adee

Selain makanan berat, Aceh juga memiliki olahan kue tradisional yang rasanya enak. Salah satu kue khas Aceh yang wajib dicicipi yaitu kue adee. Makanan ini memiliki tekstur lembut dan rasanya manis. Kue adee sangat cocok dinikmati bersama kopi atau teh.

Itulah 10 makanan khas Aceh yang rasanya enak dan wajib dicicipi saat berada di Aceh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan makanan tradisional Makanan Khas aceh
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top