Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini 9 Makanan Khas Semarang yang Enak dan Hits, Wajib Dicoba!

Saat berada di Semarang, Anda bisa mencicipi beragam makanan enak. Berikut sejumlah makanan khas Semarang yang rasanya enak.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 26 Desember 2022  |  21:30 WIB
Ini 9 Makanan Khas Semarang yang Enak dan Hits, Wajib Dicoba!
9 Makanan Khas Semarang, Enak dan Terkenal (instagram.com_wingkobabatmenikosemarang)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Semarang adalah ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang sering dikunjungi wisatawan saat libur panjang. Di Semarang terdapat sejumlah tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu, ada juga pilihan makanan khas Semarang yang rasanya enak dan bisa bikin ketagihan.

Lalu, apa saja makanan khas dari daerah Semarang? Berikut rekomendasinya khusus untuk Anda.

Pilihan Makanan khas Semarang yang Terkenal

1. Nasi Ayam Semarang

Salah satu makanan khas Semarang adalah nasi ayam semarang. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari nasi dan lauk ayam. Yang membedakan nasi ayam semarang dengan nasi ayam dari daerah lain yaitu pada kuah opor kuning yang digunakan untuk menyiram nasi dan lauknya.

Nasi ayam semarang biasanya disajikan bersama ayam suwir, krecek, sate usus, urap, dan lauk pauk lainnya. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih. Nasi ayam semarang termasuk makanan berat yang cocok dinikmati saat lapar.

2. Babat Gongso

Pilihan lain makanan khas dari Semarang adalah babat gongso. Makanan ini terbuat dari babat rebus yang sudah dipotong kecil-kecil, kemudian ditumis dengan bumbu gongso. Setelah itu, tambahkan kecap, kaldu jamur, gula merah, dan cabai.

3. Soto Semarang

Bagi Anda yang suka makanan berkuah, maka soto semarang bisa menjadi pilihan kuliner yang dicicipi ketika berkunjung ke Semarang. Makanan khas kota Semarang ini terbuat dari bihun, tomat, tauge, bawang goreng, dan perkedel. Soto semarang disiram dengan kuah benih kecoklatan. Rasanya yang enak dan segar membuat banyak orang menyukai makanan ini.

4. Tahu Gimbal

Tahu gimbal merupakan salah satu pilihan makanan khas dari Semarang. Dinamakan tahu gimbal karena ada adonan tepung dan udang yang bertumbuh. Biasanya tahu gimbal dinikmati bersama kol mentah, telur, tauge, lontong, dan disiram saus kacang serta bumbu petis.

5. Tahu Pong

Selain tahu gimbal, olahan tahu lainnya yang menjadi makanan khas dari daerah Semarang yaitu tahu pong. Ciri khas makanan Semarang ini yaitu bagian tengah tahunya kosong atau berongga. Makanan ini bercita rasa gurih dan sangat cocok dinikmati bersama sambal kecap.

6. Bandeng Presto

Bandeng presto bisa menjadi pilihan makanan yang dinikmati saat berada di Semarang. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari ikan bandeng yang dimasak menggunakan panci presto sehingga tulangnya lunak.

Makanan ini sangat enak dinikmati bersama nasi hangat dan sambal. Selain dinikmati di tempat makan yang ada di Semarang, bandeng presto juga seringkali menjadi oleh-oleh khas Semarang karena cukup awet, sehingga bisa dibawa ke luar kota.

7. Wingko Babat

Wingko babat merupakan makanan khas Semarang yang terkenal. Wingko babat termasuk kue tradisional yang dibuat dari beras ketan, kelapa muda, dan gula. Rasa kue ini manis dan gurih sangat cocok dinikmati bersama teh maupun kopi. Wingko babat banyak dijual di pusat oleh-oleh dan sering menjadi buah tangan khas Semarang.

8. Lumpia

Makanan khas daerah Semarang lainnya yaitu lumpia. Makanan ini merupakan gorengan yang berisi rebung, ayam, maupun udang. Lumpia sangat enak dinikmati bersama sambal. Semakin enak apabila dimakan saat masih hangat.

9. Roti Ganjel Rel

Roti ganjel rel atau roti gambang merupakan kue khas Semarang yang melegenda. Makanan ini bahkan sudah ada sejak zaman Hindia Belanda dan sering menjadi menu sarapan orang-orang Belanda yang berada di Semarang pada saat itu.

Roti ini berbentuk seperti bantalan rel kereta dengan tekstur adat. Rasanya roti ini enak dan beraroma kayu manis yang khas. Jika ingin mencicipi makanan khas Semarang ini, Anda bisa berkunjung ke toko roti atau pusat oleh-oleh di Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan makanan tradisional Makanan Khas semarang
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top