Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Daftar 10 Makanan Khas Surabaya yang Unik dan Enak

Selain berwisata, Anda juga dapat makanan khas Surabaya yang rasanya enak dan unik. Berikut rekomendasinya khusus untuk Anda.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 26 Desember 2022  |  22:30 WIB
Daftar 10 Makanan Khas Surabaya yang Unik dan Enak
10 Makanan Khas Surabaya yang Unik dan Enak (instagram.com_rujakcingur_suroboyo) (1)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur. Kota ini menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Timur. Selain memiliki sejumlah tempat wisata menarik, ada juga makanan khas Surabaya yang rasanya enak.

Lalu, apa sajakah makanan khas dari Kota Pahlawan ini? Simak daftarnya khusus untuk Anda.

Rekomendasi Makanan khas dari Surabaya

1. Rawon

Salah satu makanan khas Surabaya adalah rawon. Makanan ini terbuat dari daging dan disajikan bersama kuah hitam pekat. Warna kuah yang unik ini karena terbuat dengan campuran kluwek. Rawon memiliki rasa yang gurih dan segar, sangat cocok dinikmati bersama nasi putih.

2. Soto Gubeng

Selain rawon, makanan khas daerah Surabaya lainnya yang berkuah yaitu soto gubeng. Makanan ini terbuat dari daging dan jeroan sapi yang disiram dengan kuah kaldu. Rasa soto ini gurih dan nikmat.

3. Sego Sambel

Makanan berat lainnya yang bisa dicicipi saat berkunjung di Surabaya yaitu sego sambel. Dalam satu porsi sego sambel terdapat nasi hangat, sambal, tempe goreng, tahu goreng, telur dadar, ayam suwir, dan ikan. Sesuai dengan namanya, makanan ini bercita rasa pedas sehingga cocok untuk Anda yang menyukai makanan pedas.

4. Lontong Balap

Datang ke Surabaya, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan yang satu ini. Ciri khas makanan Surabaya ini yaitu lontong yang dicampur dengan tauge, tahu, lento, daging sapi, dan bumbu petis. Rasa yang unik membuat banyak orang menyukai makanan ini.

5. Tahu Tek

Tahu tek atau dikenal juga dengan nama tahu telur merupakan olahan tahu yang dicampur dengan tahu, kemudian digoreng. Kemudian, tambahkan bahan makanan lain seperti tauge, kentang, dan kerupuk. Rasa makanan ini semakin nikmat dengan siraman saus kacang yang pedas dan petis.

6. Sate Klopo

Daftar makanan khas Surabaya berikutnya yaitu sate klepo. Sama halnya dengan sate lainnya, sate kopo juga terbuat dari daging sapi. Bedanya, daging sapi untuk membuat sate klopo diiris tipis dan dilumuri kelapa sebelum dibakar. Parutan kelapa inilah yang membuat rasa sate klopo gurih dan berbeda dengan sate lainnya.

7. Rujak Cingur

Untuk Anda yang menyukai makanan pedas, rujak cingur menjadi kuliner khas Surabaya yang tidak boleh dilewatkan. Rujak cingur terbuat dari irisan mulut sapi yang telah direbus sampai matang. Setelah itu, dicampur dengan lontong, tauge, kangkung, tahu, dan tempe.

Ada juga rusak cingur yang dicampur dengan aneka buah, seperti; nanas, mangga muda, timun, dan bengkuang. Makanan tradisional khas Surabaya ini cukup mudah dijumpai dan harganya pun relatif terjangkau.

8. Tahu Campur

Makanan khas daerah Surabaya lainnya yaitu tahu campur. Makanan ini terbuat dari tahu goreng yang ditambah dengan aneka sayuran, daging, mie kuning, dan bahan-bahan lain. Setelah itu, bahan-bahan tersebut disiram dengan kaldu gurih dan petis. Anda juga bisa menambahkan kerupuk dan sambal, sehingga rasanya semakin enak.

9. Lontong Kupang

Makanan khas dari Surabaya lainnya yaitu lontong kupang. Perlu diketahui bahwa kupang yang dimaksud bukanlah kota Kupang yang ada di Nusa Tenggara Timur, melainkan kupang yang merupakan kerang kecil berwarna putih.

Lontong kupang terbuat dari lontong yang disajikan bersama kupang dan disiram dengan sup. Rasa makanan ini semakin enak dengan tambahan bumbu petis.

10. Sate Karak

Sate karak merupakan olahan sate yang terbuat dari jeroan sapi, khususnya usus. Bahan utama tersebut kemudian diberi bumbu spesial. Biasanya, sate karak disajikan dengan ketan hitam dan kelapa. Walaupun demikian, ada juga yang menikmati makanan khas Surabaya ini dengan serundeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

surabaya makanan makanan tradisional Makanan Khas
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top