Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak 7 Makanan khas Indonesia dan Asalnya, Wajib Dicoba!

Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam. Berikut ini sejumlah makanan khas Indonesia yang rasanya enak dan wajib dicicipi.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 26 Desember 2022  |  22:09 WIB
Simak 7 Makanan khas Indonesia dan Asalnya, Wajib Dicoba!
7 Makanan khas Indonesia dan Asalnya, Apa Saja_ / Instagram (1)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia memiliki banyak makanan khas yang rasanya enak. Bahkan, setiap daerah memiliki makanan yang ciri khasnya berbeda. Makanan khas Indonesia ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Makanan khas Indonesia dan Asalnya

Makanan Indonesia terkenal dengan rasanya yang enak dan tidak biasa. Berikut ini sejumlah makanan khas di Indonesia dari berbagai daerah.

1. Rendang

Salah satu makanan khas Indonesia adalah rendang. Makanan lezat ini berasal dari Sumatera Barat. Rendang dibuat dari daging sapi yang dimasak bersama aneka rempah.

Pembuatan makanan khas Padang ini sangat unik karena dimasak sangat lama, minimal empat jam. Proses memasak yang lama ini membuat bumbu meresap dengan sempurna dan tekstur daging menjadi empuk. Tak hanya itu, pemasakan yang lama juga membuat makanan ini tahan lama sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

2. Sate

Nama makanan khas Indonesia lainnya yang tak kalah enak yaitu sate. Makanan ini terbuat dari daging sapi, kambing, atau ayam yang dipotong dadu kemudian ditusuk pada bilah bambu dan dibakar.

Rasa makanan ini enak dan aromanya sedap membuat banyak orang menyukai. Setiap daerah di Indonesia bahkan memiliki jenis sate yang berbeda-beda. Misalnya, sate kambing muda asli Tegal, sate Maranggi khas Jawa Barat, sate klatak khas Yogyakarta, dan lain sebagainya.

3. Soto Bandung

Soto bandung menjadi pilihan makanan khas daerah di Indonesia. Sesuai dengan namanya, makanan ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Soto ini terbuat dari daging sapi atau tetelag dan beberapa sayuran.

Setelah itu, bahan-bahan tersebut disiram dengan kuah yang diberi bumbu rempah seperi serai, jahe, lengkuas, dan lain sebagainya. Makanan ini segar dan lezat sangat cocok dinikmati bersama nasi putih hangat.

4. Rawon

Selain soto, makanan berkuah lainnya yang berasal dari Indonesia yaitu rawon. Makanan khas daerah Indonesia ini berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Rawon terbuat dari daging dan disajikan dengan kuah berwarna hitam.

Warna kuah tersebut berasal dari kluwek. Selain warna yang unik, rasa makanan ini juga sangat enak. Rawon juga biasanya disajikan dengan tauge dan perasan jeruk nipis. Biasanya rawon dinikmati bersama nasi putih hangat.

5. Ayam Betutu

Pilihan kuliner makanan khas Indonesia selanjutnya yaitu ayam betutu. Makanan ini berasal dari Bali. Sesuai dengan namanya, ayam betutu terbuat dari bahan utama ayam.

Ayam tersebut kemudian diolah bersama bumbu khas Bali yang membuat rasanya semakin nikmat. Saat berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk mencicipi ayam betutu.

6. Tahu Gimbal

Tahu gimbal merupakan salah satu pilihan makanan khas Semarang. Dinamakan tahu gimbal karena ada adonan tepung dan udang yang bertumbuh. Biasanya tahu gimbal dinikmati bersama kol mentah, telur, tauge, lontong, dan disiram saus kacang serta bumbu petis.

7. Papeda

Papeda adalah makanan khas dari Indonesia Timur, seperti Papua, Maluku, dan daerah lain di Sulawesi. Papeda terbuat dari sagu yang diolah menjadi pasta yang warnanya bening dan teksturnya lengket.

Makanan ini kaya karbohidrat sehingga cocok menjadi pengganti nasi. Biasanya, papde dinikmati bersama ikan, daging, kelapa, maupun sayuran lainnya.

Itulah beberapa makanan khas Indonesia yang rasanya enak. Selain nama makanan khas yang sudah disebutkan, masih banyak kuliner asli Indonesia yang rasanya enak. Oleh karena itu, saat berkunjung ke suatu daerah di Indonesia, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas dari daerah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan makanan tradisional Makanan Khas indonesia
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top