Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Daftar 7 Makanan Khas Jawa Timur, Enak dan Menarik untuk Dicoba

Terdapat banyak pilihan makanan khas Jawa Timur yang rasanya enak. Berikut rekomendasinya khusus untuk Anda.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 26 Desember 2022  |  21:04 WIB
Daftar 7 Makanan Khas Jawa Timur, Enak dan Menarik untuk Dicoba
7 Makanan Khas Jawa Timur, Enak dan Menarik untuk Dicoba / Pinterest
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat berkunjung ke Jawa Timur tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Jawa Timur. Ada banyak kuliner khas Jawa Timur yang bisa membuat Anda ketagihan. 

Apa sajakah makanan khas dari Jawa Timur yang wajib dicoba? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pilihan Makanan Khas Daerah Jawa Timur

1. Rawon 

Makanan khas dari Provinsi Jawa Timur yang pertama yaitu Rawon. Ciri khas makanan Jawa Timur ini yaitu kuahnya yang berwarna hitam. Kuah Rawon yang berwarna hitam ini dihasilkan dari bumbu yang bernama kluwek. 

Rawon ini biasanya terbuat dari daging sapi yang dipotong dadu dan direbus dengan menggunakan kuah bumbu kluwek ini. Rawon juga disajikan bersama dengan tauge, jeruk nipis, dan sambal. 

2. Bebek Madura

Selanjutnya, contoh makanan khas dari Jawa Timur yaitu ada bebek Madura. Madura terkenal dengan makanan khas yaitu bebek goreng yang biasa dikenal dengan bebek Madura. Bahkan tak hanya di Jawa Timur saja, di Indonesia sudah banyak sekali penjual bebek Madura yang tersebar di berbagai kota.

Makanan khas Jawa Timur ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu dari bumbunya yang berwarna hitam. Ciri khas makanan Jawa Timur ini memiliki cita rasa yang membuat banyak orang menjadi ketagihan. 

3. Soto Lamongan

Contoh lain makanan khas Jawa Timur adalah soto lamongan. Soto ini merupakan makanan yang tidak hanya bisa ditemukan di Jawa Timur, tetapi bisa juga ditemukan di berbagai daerah lain di Indonesia.

Soto lamongan memiliki ciri khas tersendiri yaitu terdapat koya di dalam soto yang bisa menambahkan cita rasa. Koya inilah yang membuat soto lamongan berbeda dengan soto dari kota-kota lainnya. Tidak lupa juga dengan tambahan perasan jeruk nipis dan sambal yang membuat rasa soto lamongan semakin nikmat.

4. Bakso Malang

Contoh berikutnya makanan khas dari Jawa Timur adalah bakso Malang. Bakso Malang memiliki isian berupa tahu putih atau tahu coklat, toping mie, bakso, bihun, sayuran maupun baso aci. 

Bakso dari Malang sangat cocok dinikmati di suasana hujan karena rasa kuahnya yang gurih hangat dan juga isinya yang sangat komplit.

5. Pecel Madiun

Nama makanan khas Jawa Timur selanjutnya yaitu pecel Madiun. Makanan ini cukup mudah dijumpai. Pecel ini memiliki rasa yang enak sehingga banyak disukai. 

Pecel Madiun terbuat dari sayuran yang disajikan dengan bumbu kacang. Selain pecel Madiun, di Jawa Timur sendiri ada banyak sekali jenis pecel yang juga bisa ditemukan diantaranya; pecel khas Malang dan pecel khas Jember yang isinya disesuaikan dengan daerahnya masing-masing. 

6. Rujak Cingur

Pilihan kuliner lainnya yang wajib dicoba saat berkunjung di Jawa Timur yaitu Rujak Cingur. Rusak ini terbuat dari mulut sapi, cingur, sayur, dan bumbu pelengkap yang membuat rasanya semakin enak. 

7. Lontong Balap

Lontong balap merupakan makanan khas dari Surabaya yang rasanya enak. Lontong ini biasanya disajikan bersama sate kerang dan letho atau gorengan yang dibuat dari kacang tolo. Rasanya yang enak dan tidak biasa membuat banyak orang menyukai makanan ini.Saat datang ke Surabaya, jangan lupa untuk mencicipi lontong balap. 

Itulah beberapa contoh makanan khas Jawa Timur yang bisa dicoba saat sedang berkunjung ke Jawa Timur. Makanan-makanan tersebut dapat Anda temui di rumah makanan maupun pasar tradisional di Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa timur makanan Makanan Khas makanan tradisional
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top