7 Makanan Khas Jawa Tengah yang Populer dan Wajib Dicoba (pixabay)
Kuliner

Daftar 7 Makanan Khas Jawa Tengah yang Populer dan Wajib Dicoba

Nuraini
Minggu, 25 Desember 2022 - 19:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan wisata kuliner yang sangat menggoda. Makanan khas daerah Jawa Tengah identik dengan rasa yang manis. 

Tetapi, banyak juga makanan olahan dari Jawa Tengah yang bercita rasa asin hingga pedas. Anda dapat mencicipi makanan tersebut saat berkunjung ke daerah Jawa Tengah.

Kira-kira apa sajakah makanan khas dari Jawa Tengah? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Rekomendasi Makanan Khas Jawa Tengah Yang Paling Terkenal

1. Mie Ongklok

Salah satu contoh makanan khas dari Jawa Tengah adalah Mie Ongklok. Mie ongklok merupakan makanan khas dari kota Wonosobo yang terkenal dengan kelezatannya. 

Ciri khas makanan Jawa Tengah ini terbuat dari mie kuning yang direbus dan ditambahkan irisan kol, daun kucai dengan tekstur kuah yang kental. Biasanya mie ongklok ini disandingkan dengan sate sapi ataupun dengan tempe kemul khas dari kota Wonosobo. 

2. Lumpia Semarang

Makanan khas Jawa Tengah selanjutnya yaitu ada lumpia Semarang. Saat sedang mengunjungi ibukota Jawa Tengah ini, jangan lupa untuk mencicipi lumpia khas Semarang. Makanan tradisional dari Jawa Tengah ini merupakan salah makanan ringan yang sangat mudah ditemukan.

Biasanya isian dari lumpia yaitu ada rebung atau bambu muda. Lumpia goreng biasanya dipadukan dengan sambal kacang maupun cabai rawit. Dengan kulit luar yang garing dan isian yang melimpah membuat lumpia Semarang ini menjadi jajanan wajib yang harus dicicipi saat berkunjung ke kota Semarang.

3. Tahu Gimbal

Berikutnya, makanan khas Jawa Tengah adalah tahu gimbal. Tahu gimbal merupakan makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari kota Semarang. 

Nama makanan khas Jawa Tengah ini disebut gimbal karena memang bentuknya dianggap mirip seperti rambut gimbal manusia. Makanan yang disajikan dengan sambal kacang ini menjadi salah satu makanan khas dari Semarang yang wajib dicoba. 

4. Soto Sokaraja

Makanan khas Jawa Tengah selanjutnya yaitu ada soto Sokaraja. Soto Sokaraja ini berasal dari Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Soto Sokaraja ini terbuat dari daging, sayuran, lontong, bumbu kacang, dan kerupuk.

5. Soto Kudus

Selain ada Soto Sokaraja Jawa Tengah juga memiliki makanan khas yaitu Soto Kudus. Soto kudus merupakan Salah satu kuliner Jawa Tengah yang memiliki banyak peminat. Sesuai dengan namanya soto ini berasal dari Kudus, Jawa Tengah.

Meskipun memang berasal dari Jawa Tengah, tetapi sudah banyak penjual soto kudus yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Biasanya soto kudus ini disajikan dengan menggunakan mangkuk berukuran kecil. 

Seperti soto pada umumnya, soto kudus ini berisi mie, tauge, bawang goreng, daun seledri, irisan daging sapi, maupun ayam yang bisa dipilih sesuai selera.

6. Nasi Gandul

Makanan khas Jawa Tengah selanjutnya yaitu ada Nasi Gandul. Nasi gandul atau yang disebut dengan Sego Gandul merupakan makanan khas dari daerah Pati, Jawa Tengah. 

Nasi gandul ini merupakan makanan dengan cita rasa gurih dan manis. Makanan ini sepintas mirip dengan gulai ataupun semur daging sapi. 

7. Tahu Aci

Tahu aci merupakan makanan khas dari Tegal, Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari tahu kulit yang diisi dengan aci atau tepung kanji. Setelah itu, digoreng garing sehingga rasanya gurih dan asin. Tahu aci biasanya dinikmati bersama cabai rawit. 

Itulah sejumlah makanan khas Jawa Tengah yang bisa Anda cicipi saat berada di daerah Jawa Tengah. Makanan-makanan tersebut akan melengkapi liburan Anda di Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro