Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini 10 Makanan Khas Bali yang Rasanya Enak dan Bikin Ketagihan

Makanan khas Bali bisa membuat liburan semakin lengkap. Berikut 10 nama makanan dari Bali yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Pulau Dewata.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 25 Desember 2022  |  17:06 WIB
Ini 10 Makanan Khas Bali yang Rasanya Enak dan Bikin Ketagihan
10 Makanan Khas Bali yang Rasanya Enak dan Bikin Ketagihan (instagram.com_sateindrapanjer)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Datang ke Bali tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas Bali. Selain tempat wisata yang menawan, Bali juga memiliki sejumlah makanan khas yang rasanya enak.

Menikmati kuliner khas Bali akan membuat liburan Anda di Bali semakin lengkap dan berkesan. Lantas, apa saja makanan khas dari Bali? Berikut daftarnya khusus untuk Anda.

Makanan khas Bali yang Terkenal

1. Ayam Betutu

Salah satu makanan khas Bali yang terkenal adalah ayam betutu. Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan utama ayam yang dimasak dengan bumbu khas Bali seperti daun jeruk, serai, daun salam, kemiri, jahe, kunyit, dan beragam rempah lainnya. Cita rasa yang enak membuat banyak orang menyukai makanan ini.

2. Nasi Jinggo

Pilihan makanan khas daerah Bali lainnya yaitu nasi jinggo. Sekilas, nasi jinggo mirip dengan nasi kucing karena porsinya yang sedikit dan dibungkus menggunakan daun pisang.

Makanan ini berisi nasi dengan berbagai lauk pauk seperti daging, mie, sambal goreng tempe, sambal, dan terkadang ditambah sate lilit.

3. Nasi Tepeng

Selain nasi jinggo, makanan khas bali lainnya yang tak kalah populer yaitu nasi tepeng. Nasi ini memiliki tekstur yang lembut menyerupai bubur. Dalam nasi tepeng juga terdapat beberapa lauk seperti ayam goreng, terong, telur, dan kacang-kacangan. Biasanya, nasi tepeng menjadi menu sarapan pagi.

4. Sate Lilit

Sate lilit juga bisa menjadi pilihan makanan khas Anda berada di Bali. Ciri khas makanan Bali ini yaitu daging ayam atau ikan giling yang dililit pada serai atau bilah bambu. Sebelum dililit, daging giling tersebut dicampur terlebih dahulu dengan kelapa parut.

5 Sate Plecing

Selain sate lilit, ada juga sate plecing khas Bali yang rasanya enak. Sate ini diolah menggunakan bumbu plecing yang terbuat dari bawang putih, terasi, kemiri, tomat, dan bumbu lain yang membuat rasa makanan ini semakin nikmat.

6. Sate Kakul

Jenis sate lain yang termasuk makanan tradisional khas Bali yaitu sate kakul. Bahan utama dari sate ini yaitu siput yang rasanya khas dan enak. Bagi Anda yang ingin mencicipi sate dengan cita rasa yang berbeda, sate kakul bisa menjadi pilihan.

7. Nasi Campur

Nasi campur merupakan makanan khas Bali yang terdiri atas nasi putih, ayam suwir bumbu genep, sate lilit, urap, sambal matah, dan lain sebagainya. Cita rasa makanan yang enak dan lengkap membuat banyak orang menyukai nasi campur khas Bali ini.

8. Nasi Lawar

Nasi lawar adalah nama makanan khas Bali yang terdiri atas nasi dengan berbagai campuran sayur dan daging. Umumnya, daging yang digunakan yaitu daging babi. Oleh karena itu, bagi Anda yang beragama Islam, tanyakan terlebih dahulu ke penjual nasi lawar sebelum mencicipi makanan ini.

9. Nasi Kuning Bali

Nasi kuning merupakan makanan yang cukup banyak dijumpai. Akan tetapi, nasi kuning bali berbeda dengan nasi kuning yang ada di daerah lain. Nasi kuning khas bali dilengkapi dengan nasi lilit yang membuat rasanya semakin lengkap.

10. Tum Ayam

Tum ayam adalah olahan ayam yang dimasak bersama bumbu rempah dan dibungkus menggunakan daun pisang. Bumbu yang digunakan untuk mengolah makanan ini, antara lain; cabai, bawang merah, bawang putih, daun salam, serai, jahe, dan rempah lainnya. Makanan khas dari Bali ini semakin nikmati saat dimakan bersama nasi putih hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali makanan makanan tradisional Makanan Khas
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top