Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak 10 Makanan Khas Sunda yang Enak dan Nagih, Wajib Dicicipi

Jawa Barat memiliki sejumlah makanan khas yang enak. Berikut sejumlah makanan khas Sunda yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Jawa Barat.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 25 Desember 2022  |  18:00 WIB
Simak 10 Makanan Khas Sunda yang Enak dan Nagih, Wajib Dicicipi
10 Makanan Khas Sunda, Wajib Dicicipi saat Liburan ke Jawa Barat (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang sering dikunjungi wisatawan. Banyak tempat wisata menarik yang ada di tanah Pasundan. Selain itu, ada juga pilihan makanan khas Sunda yang rasanya enak dan bikin ketagihan.

Bagi Anda yang hendak atau sedang berada di Jawa Barat, berikut ini beberapa makanan khas dari Sunda yang menarik untuk dicicipi.

Pilihan Makanan Khas Daerah Sunda

1. Soto Bandung

Salah satu makanan khas Sunda adalah soto bandung. Soto ini memiliki rasa yang segar karena kuahnya terbuat dari banyak rempah seperti jahe, lengkuas, serai, dan lain sebagainya.

Soto bandung berisi irisan daging sapi atau tetelan dan beragam sayuran seperti seledri, lobak, dan lain sebagainya. Soto ini sangat cocok dinikmati bersama udara Jawa Barat yang sejuk.

2. Nasi Tutug Oncom

Makanan khas suku Sunda lainnya yaitu nasi tutug oncom. Makanan ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan oncom goreng. Setelah itu, ditutug atau ditumbuk sampai kecampur. Biasanya nasi tutug oncom dinikmati bersama ayam goreng, tahu dan tempe goreng, lalapan, serta sambal.

3. Nasi timbel

Selain nasi tutug oncom, ada juga nasi timbel yang rasanya tak kalah enak. Ciri khas makanan Sunda ini yaitu disajikan menggunakan daun pisang sehingga aromanya sangat khas. Biasanya nasi timbel dinikmati bersama ikan pepes, ayam goreng, ikan asin, lalapan, sambal, dan lauk pelengkap lainnya.

4. Lotek

Lotek adalah makanan khas dari Sunda yang terbuat dari sayur-sayuran seperti kacang panjang, kangkung, kol, tauge, yang direbus. Setelah itu, sayuran disiram dengan bumbu kacang. Makanan ini sangat cocok dinikmati Anda yang tidak mengkonsumsi daging-dagingan.

5. Karedok

Selain lotek, makanan khas Sunda yang simple lainnya yaitu karedok. Makanan ini juga terbuat dari sayur-sayuran. Akan tetapi, sayuran yang menjadi bahan baku karedok tidak dimasak alias mentah. Karedok biasanya dimakan bersama lontong atau nasi hangat dengan tambahan kerupuk.  

6. Mie Kocok

Mie kocok adalah olahan mie dari Bandung yang disajikan bersama kuah dan aneka sayuran. Terkadang mie kocok juga ditambah dengan kikil dan bakso. Bagi Anda penyuka mie, maka makanan Sunda ini wajib untuk dicoba.

7. Empal Gentong

Empal gentong merupakan makanan khas Sunda yang unik. Pasalnya, makanan ini dimasak dalam gentong yang dipanaskan dengan kayu bakar. Empal gentong terbuat dari daging, babat sapi, dan usus. Setelah matang, bahan-bahan tersebut disajikan bersama lontong atau nasi, lalu disiram dengan santan gurih dan ditaburi kucai.

8. Empal Gepuk

Selain empal gentong, makanan khas Sunda lainnya yaitu empal gepuk. Makanan ini terbuat dari daging digoreng bersama kelapa dan bumbu. Makanan ini sangat nikmat dimakan bersama nasi hangat.

9. Sate Maranggi

Pilihan makanan khas dari Sunda lainnya yaitu sate maranggi. Sate ini dibuat dari daging sapi atau kambing. Daging sate tersebut dimarinasi terlebih dahulu dengan bumbu khusus sebelum dibakar. Itulah yang membedakan sate maranggi berbeda dengan jenis sate lainnya. Sate maranggi sangat nikmat disantap bersama nasi timbel, nasi putih, atau lontong.

10. Batagor

Bakso tahu goreng atau batagor merupakan makanan khas Sunda yang sudah banyak ditemui di beberapa daerah selain Jawa Barat. Makanan ini terbuat dari tepung sagu atau aci yang dicampur dengan ikan tenggiri kemudian dibungkus dalam kulit pangsit.

Setelah itu, digoreng dan disajikan dengan sambal kacang dan kecap. Makanan ini biasanya dinikmati sebagai camilan. Rasanya yang gurih membuat banyak orang menyukai makanan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan makanan tradisional Makanan Khas sunda
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top