Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Deretan Pengusaha Pemilik Bisnis Tur dan Travel Ternama di Indonesia

Bisnis travel kembali potensial dengan dibukanya perbatasan. Pebisnis travel juga bersiap meraup cuan, berikut daftar pengusaha travel di Indonesia.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 16 Januari 2023  |  18:59 WIB
Deretan Pengusaha Pemilik Bisnis Tur dan Travel Ternama di Indonesia
Traveling keliling dunia - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tur and travel mungkin bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan setelah pandemi Covid-19 berakhir.

Apalagi saat ini banyak pula orang yang ingin berlibur dengan mudah dan tanpa repot.

Hal inilah yang dimanfaatkan sejumlah pengusaha dalam menyediakan travel dengan beragam layanan menarik guna memenuhi kebutuhan untuk berlibur, mulai dari pembelian tiket transportasi, akomodasi, itinerary, makan, daftar tempat wisata yang bisa dikunjungi, hingga jasa agen perjalanan religi. 

Lantas, siapa saja pengusaha travel tur ternama di Indonesia? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya

1. Madu Sudono Haditono, PT Golden Rama Tours & Travel

Madu Sudono Haditono adalah pendiri sekaligus menjabat sebagai Presiden Direktur Golden Rama Tours & Travel.

Melansir dari situs resminya, Golden Rama Tours & Travel adalah travel agent di Indonesia yang telah berdiri sejak 1971. Bekerjasama dengan hampir 800 maskapai penerbangan, diketahui perusahaan ini telah bermitra dengan 60.000 hotel, properti, hingga kapal pesiar di seluruh dunia. 

Diketahui, Golden Rama Tours & Travel juga turut menjalin kemitraan bersama Egencia yang saat ini beroperasi di beberapa negara di seluruh Eropa, Amerika Utara dan Asia Pasifik dalam menawarkan dukungan perjalanan baik itu ke luar kota dan luar negeri dengan jumlah besar.

2. Stanley Suseno, Wita Tour

Berada di bawah PT Wisata Dewa Tour and Travel Service, Wita Tour didirikan pada 1981 oleh Stanley Suseno.

Melansir dari situs resminya, Wita Tour mengklaim bahwa layanannya telah terintegrasi, mulai dari pembelian tiket penerbangan, baik domestik dan internasional, booking hotel, tour wisata di dalam di dalam dan luar negeri, hingga pengurusan dokumen untuk keperluan perjalanan di luar negeri dan asuransi.

3. Sukamdani Sahid Gitosardjono, SAHID TOUR

Sukamdani Sahid Gitosardjono merupakan pendiri dari SAHID TOUR. Melalui PT. Sahid Gema Wisata (SAHID TOUR) yang berada di awah SAHID Group, dirinya mendirikan unit usaha ini pada tahun 1967.

Pada awalnya SAHID TOUR bergerak di bidang penyedia jasa tiketing serta tour & travel. Namun, seiring dengan perkembangannya, maka pada tanggal 21 Oktober 1992, SAHID TOUR melebarkan sayapnya dengan menjadi penyelenggara umrah dan naik haji yang sudah mengantongi surat keputusan dari Kementerian Agama RI. 

4. Chairul Tanjung, Anta Tour

Di bisnis ini, ada juga nama konglomerat Chairul Tanjung tertoreh lewat kehadiran PT Anta Express Tour & Travel Service atau kerap disebut Anta Tour.

Dalam peta bisnis CT Corporation, bendera bisnis Chairul Tanjung, Anta Tour dikendalikan oleh PT Trans Lifestyle yang notabene merupakan anak usaha bentukan PT Trans Corpora dan PT Para Investama (keduanya menginduk ke CT Corporation).

Berdiri sejak Mei 1972 (dulu bernama PT China Travel Service), Anta Tour yang saat ini menaungi lebih dari 1.000 karyawan itu sudah mengoperasikan 27 kantor cabang berikut 33 kantor di berbagai kota di Indonesia.

Guna memberikan pelayanan kepada para pelanggannya, Anta Tour juga didukung oleh tiga anak perusahaan, yaitu PT Vayatour yang bergerak di bidang pelayanan perjalanan, PT Vaya Micetama Servindo yang fokus kepada pelayanan perjalanan insentif serta PT Vaya Transport yang berkecimpung di bidang penyediaan jasa transportasi untuk perjalanan wisata.

5. PT Fiwi Lestari Internasional, Avia Tour

Sebagai agen perjalanan rekreasi pada tahun 1999, PT Fiwi Lestari Internasional (AVIATOUR) telah berkembang menjadi penyedia solusi perjalanan perusahaan di bawah merek Avia Tour. 

Dari markasnya di kawasan Bungur Besar, Senen, Jakarta, Avia Tour saat ini memberikan aneka jasa layanan yang cukup lebar, mulai dari layanan internasional hingga domestik. 

6. Hideo Sawada, H.I.S. Tours & Travel Indonesia

Perusahaan ini didirikan oleh International Tours Co., Ltd. pada tahun 1980 oleh Hideo Sawada. 

Di Jepang, H.I.S. memiliki 303 cabang di seluruh negeri dan jaringan global 185 cabang di 124 kota di luar negeri. Dirinya memegang saham mayoritas di Orion Tour, Asia Atlantic Airlines dan saham minoritas di Skymark Airlines, dua hotel di Australia, satu bernama Watermark Hotel and Spa di Gold Coast, Queensland dan Watermark Hotel Brisbane, dan sebuah perusahaan kapal pesiar bernama Cruise Planet. 

Di Indonesia sendiri, perusahaan ini dijalankan oleh PT Harum Indah Sari Tour & Travel yang merupakan travel agent yang memiliki jaringan global yang tersebar di 60 negara dari 130 kota besar yang terdiri dari 190 cabang.

7. Adhi Tirtawisata, PT Panorama Sentrawisata Tbk.

Panorama Tour didirikan oleh Adhi Tirtawisata. Melansir dari situs resmi perusahaan, Panorama Tour adalah bagian yang tak terpisahkan dari Panorama Leisure Group yang sudah lama kondang di empat lini bisnis (Inbound, Outbound, Transportasi, MICE).

Lebih dari itu, Panorama Sentrawisata menaungi sejumlah anak perusahaan yang masing-masing terbilang kompeten di bidangnya, seperti PT Panorama Primakencana Transindo, PT Tirta Putra Wisata, PT Panorama Convex Indah, PT Destinasi Tirta Nusantara, dan lain sebagainya. Pendek cerita, armada usaha Panorama Leisure Group cukup banyak bermain di bisnis ini, baik secara langsung maupun secara tidak langsung.  

8. Bayu Buana Travel Services

Didirikan pada tahun 1972, Bayu Buana Travel Services telah tumbuh dengan kecepatan yang stabil dan menjadi salah satu agen perjalanan terkemuka di Indonesia yang menawarkan solusi perjalanan lengkap baik untuk liburan maupun perjalanan bisnis. Perusahaan memiliki lebih dari 500 staf dalam 16 cabang di seluruh negeri.

9. Holil Aksan Umarzen, Noor Abika Tours & Travel

Melalui PT Noor Abika Tours & Travel adalah perusahaan yang bergerak dalam usaha perjalanan wisata, tiket dan Islamic Tour (Umrah & Haji), secara operasional mulai aktif sejak tahun 1985, pada awalnya para karyawan hanya menjalankan marketing jamaah haji dan umrah untuk diberangkatkan, selain itu para karyawan juga menerima pembuatan dokumen seperti paspor, visa dan lain-lain.

Pada tahun 2001 PT. Noor Abika Tours & Travel secara resmi didirikan oleh Holil Aksan Umarzen berhak atas kepemilikan penuh perusahaan dan memiliki kantor di Bandung, Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling travel travel agent travelling tips travel
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top