Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak Tips Solo Traveler ke Eropa agar Tetap Aman

Eropa mungkin adalah salah satu tempat teraman dan mudah untuk dikunjungi. Simak tips bagi solo traveler agar tetap aman.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 13 Januari 2023  |  11:17 WIB
Simak Tips Solo Traveler ke Eropa agar Tetap Aman
Traveling di Eropa menjadi impian banyak orang - Unsplash
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Eropa memiliki banyak tempat indah yang bisa dikunjungi. Simak beberapa tips solo traveling yang aman ke daerah baru. 

Eropa memiliki budaya yang sangat berbeda dari negara-negara Eropa Barat. Eropa dinilai cukup aman untuk solo traveler wanita, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar terhindar dari hal buruk.

Simak tips solo traveling untuk perjalanan aman dan nyaman ke Eropa:

1. Cobalah untuk tidak tiba di tempat tujuan larut malam

Beberapa kereta atau bus mungkin sedikit lebih murah jika kedatangan Anda di malam hari. Namun, bagi Anda yang traveler baru, maka sebaiknya memesan transportasi apa pun yang datang pada siang hari.

Meski Eropa mungkin aman, di mana saja di malam hari berpotensi berbahaya. Beberapa dolar yang dihemat tidak sebanding dengan kecemasan tentang apa yang mungkin terjadi dalam kegelapan.

2. Beri update info keluarga dan teman di rumah

Kadang-kadang, mudah untuk lupa memberi tahu orang yang kita cintai tentang rencana kita saat berada di jalan. Berikan informasi ke keluarga Anda tentang rencana dan bila sedang menuju ke daerah daerah. Jika terjadi keadaan darurat, mereka dapat menjangkau dengan cepat mencari bantuan yang terbaik. 

3. Pelajari sedikit bahasa lokal

Ada begitu banyak bahasa yang digunakan di Eropa sehingga bisa membuat Anda kewalahan! Untuk mempermudah, pelajari dasar-dasarnya seperti salam dan cara bertanya, jika Anda berencana mengunjungi negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris secara luas.

4. Pastikan penduduk setempat tahu di mana Anda berada

Apakah itu resepsionis hostel, tuan rumah airbnb Anda, atau pacar, memastikan penduduk lokal tahu di mana Anda berada adalah kunci untuk tetap aman. Jika ada yang tertinggal, Anda akan memiliki seseorang yang mengetahui area tersebut untuk diajak bicara.

5. Tidak pakai perhiasan

Selama melakukan perjalanan sebaiknya mengunci komputer, menyimpan paspor, atau barang penting lainnya. Sebagian besar negara Eropa aman tetapi kejahatan kecil masih terjadi. Jangan lupa untuk fotocopy pasportmu dan bawalah salinannya bersamamu.

tips solo traveling di eropa yang aman dan nyaman

Dua orang perempuan sedang traveling di Eropa/Unsplash

6. Waspadai lingkungan sekitar Anda

Awasi siapa pun yang mungkin mengincar tas Anda. Anda tidak pernah tahu apa yang direncana oleh orang lain di dalam kepalanya, jadi ada baiknya untuk berjalan tegak dan percaya diri.

Seorang traveler lain yang melancong ke Athena, Yunani, menyarankan untuk membeli gembok mini di tas, mencegah pencopet dan menjaga barang-barang tetap aman.

7. Jangan pernah memberi tahu siapa pun bahwa Anda bepergian sendirian

Ada beberapa orang yang iseng bertanya bahwa Anda pergi dengan siapa. Namun, saya menyarankan agar Anda tidak terlalu jujur dengan orang-orang yang mencurigakan dan keluarlah dari percakapan tersebut. 

Bila ada yang bertanya, Anda bisa mengatakan bahwa sedang liburan bersama keluarga dan keluarga sedang istirahat di hotel atau pergi ke tempat perbelanjaan. Tentu kita tidak ingin membayangkan hal buruk terjadi, tetapi keselamatan adalah prioritas dimanapun di dunia ini.

8. Bawa ponsel Anda ke mana saja

HP adalah alat komunikasi sekaligus menjadi peta selama Anda terhubung ke internet. Anda juga bisa mencari penerjemah, menggunakan ponsel sebagai alat pembayaran dengan scan QR, menyimpan nomor kartu debit atau kredit. Jaglah smartphone Anda dengan baik.

9. Minum dan berpesta secara bertanggung jawab

Bersenang-senang hingga larut malam di Eropa bukanlah hal baru. Apakah Anda sedang berpesta dengan sekelompok teman baru di Santorini, atau juga Italia Selatan, maka ketahuilah batasan Anda, terutama jika Anda bepergian sendiri. Kendalikan dirimu saat mengonsumsi alkohol ketika melancong.

10. Menjadi Relawan di Eropa

Eropa adalah tempat yang tepat untuk memasuki dunia pertukaran kerja dan menjadi sukarelawan di luar negeri. Ada banyak pilihan beragam seperti pertanian, guru yoga, manajemen media sosial. Tentu saja ada juga pekerjaan sukarela yang lebih tradisional seperti pekerjaan rumah tangga dan resepsionis.

Menjadi sukarelawan dengan Worldpackers di Eropa adalah cara yang bagus untuk tetap aman saat mengunjungi benua itu. Bekerja dengan hostel atau wisma akan menghubungkan wisatawan dengan tuan rumah dan tim pendukung worldpackers jika terjadi kecelakaan. Selain itu, akomodasi sudah termasuk dalam pertukaran sukarela!

Pertukaran kerja di Eropa bukan hanya cara yang bagus untuk menghemat uang saat bepergian ke Eropa tetapi juga untuk membuat kenangan seumur hidup dan membangun pengalaman profesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

eropa traveling wisata

Sumber : worldpackers

Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top