Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Daftar 15 Makanan Khas Bandung yang Enak dan Mudah Ditemukan

Datang ke Bandung tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas Bandung. Berikut rekomendasi makanan asli Bandung yang wajib dicicipi.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 25 Desember 2022  |  16:55 WIB
Daftar 15 Makanan Khas Bandung yang Enak dan Mudah Ditemukan
15 Makanan Khas Bandung yang Enak dan Mudah Ditemukan (unsplash)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kota Bandung terkenal dengan wisata alam dan makanan khasnya yang beragam. Makanan khas Bandung sangat beragam mulai dari yang rasa manis, gurih, hingga pedas.

Kalau Anda ke Bandung, sebaiknya coba berwisata kuliner di sana. 

Rekomendasi Makanan Khas Daerah Bandung

Di Bandung, Anda dapat dengan mudah menemukan penjual yang menjajakan makanan khas, bahkan bisa ditemukan dipinggir jalan. Sebagian besar ciri khas makanan Bandung adalah terbuat dari aci. Berikut ini rekomendasi nama makanan khas Bandung yang wajib dicicipi.

1. Seblak

Seblak menjadi makanan khas Bandung yang sudah merambah ke kota-kota lain. Seblak adalah makanan khas kota Bandung yang terbuat dari kerupuk rebus dengan racikan bawang putih, garam, kencur, dan cabai. Adapun toping tambahan seblak berupa ayam, batagor, sayuran, dan ceker. 

2. Peuyeum

Peuyeum merupakan makanan khas Bandung yang dibuat dengan cara fermentasi. Ada dua macam peuyeum yakni peuyeum dari fermentasi beras ketan dan fermentasi singkong. Banyak penjual yang menjual peuyeum sebagai oleh-oleh khas Bandung. 

3. Batagor

Batagor adalah singkatan dari bakso tahu goreng. Terbuat terbuat dari adonan tepung kanji yang dicampur dengan olahan ikan. Saus kacang dan perasan jeruk limau dapat menciptakan rasa gurih, pedas, dan manis yang bersatu di dalam mulut.

4. Siomay

Siomay Bandung terdiri dari siomay, kentang, kol, tahu, dan pare. Siomay dibuat dari adonan ikan tenggiri dan tepung kanji. Enak dijadikan camilan di siang hari. 

5. Colenak

Colenak adalah singkatan dari Cocol Enak. Makanan khas Sunda Bandung ini terbuat dari olahan peuyeum bakar yang disiram dengan saus gula merah kental dan parutan kelapa di atasnya. Cita rasa asam dan manisnya yang unik cocok disantap sebagai camilan.

6. Gepuk Bandung

Nama makanan khas Bandung selanjutnya adalah Gepuk. Terbuat dari irisan daging yang direbus setengah matang, dipukul-pukul sampai empuk, dan direbus lagi dengan santan dan bumbu. Rasa makanan ini pedas manis dengan tekstur empuk begitu enak di lidah.

7. Combro Bandung

Combro Bandung berbahan dasar dari parutan singkong yang dibentuk bulat setelah diisi dengan oncom halus. Rasa gurih dan pedasnya bisa bikin ketagihan. Kalau makan combro, sebaiknya dimakan saat masih panas. 

8. Misro Bandung

Amis di jero atau misro punya kemiripan dengan combro. Combro berisi oncom, sedangkan misro berisi misro berisi gula merah. Makanan khas kota Bandung yang satu ini sangat cocok dinikmati sebagai teman minum teh. 

9. Cilok Bandung

Cilok bisa ditemukan di kota lain. Namun, Cilok Bandung menghadirkan varian rasa dan isian yang beragam. 

10. Cimol Bandung

Cimol terbuat dari tepung kanji yang dibuat bulat-bulat dan dimasak dengan cara digoreng. Setelah digoreng akan diberi bubuk cabai dan keju. Di pinggir jalan banyak yang menjual ini dengan harga murah.

11. Cireng Bandung

Cireng atau aci digoreng merupakan makanan khas kota Bandung yang terbuat dari terigu, daun bawang, bawang putih, merica, garam, dan air yang dicampur dan kemudian digoreng. Isian dari cireng biasanya berupa sosis, keju, sampai daging. Paling enak dicocol dengan kecap ataupun sambal.

12. Surabi Bandung

Makanan khas daerah Bandung yang satu ini mirip dengan pancake karena terbuat dari tepung terigu. Surabi biasa dimasak dengan cara dibakar di atas tungku. Ada banyak topping yang bisa ditekan di atas adonan saat dibakar, seperti coklat, durian, keju,  kornet, telur, dan sosis.

13. Rujak Cuka

Rujak Cuka merupakan makanan khas Sunda Bandung yang terbuat dari buah-buahan hingga sayuran. Biasanya disiram dengan kuah asam yang bercita rasa pedas, asam, dan manis. Secara visual mirip dengan rujak pada umumnya, namun rujak cuka punya kuah yang lebih banyak dan lebih cair. 

14. Gehu

Gehu adalah singkatan dari tauge tahu. Terbuat dari tahu dengan isian tauge, kol, bihun, dan wortel. Banyak penjual yang menjual gehu di pinggir jalan dengan harga murah.

15. Bandros

Terbuat dari adonan tepung terigu, santan, dan kelapa parut dengan cita rasa gurih. Makanan khas kota Bandung ini punya banyak variasi rasa, mulai dari rasa keju, susu, hingga cokelat.

Itulah 15 rekomendasi makanan khas Bandung yang enak mudah ditemukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan Makanan Khas makanan tradisional bandung
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top