Pantai Pink di NTT/Youtube
Travel

Dari Pulau Kakaban hingga Pantai Koka, Ini 10 Hidden Gems Terbaik di Indonesia

Intan Riskina Ichsan
Selasa, 11 Januari 2022 - 10:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Dengan lebih dari 17.000 pulau, Indonesia selalu menghadirkan destinasi baru di peta pariwisata. Temukan pulau dan pantai rahasia nusantara yang belum menjadi sorotan.

Pulau dan pantai secara alami menjadi daya tarik utama Indonesia, negara kepulauan terbesar di planet ini. Dan sementara geografi Indonesia yang didambakan telah menganugerahkan surga pulau seperti Bali kepada dunia, ada banyak pulau lain yang menjanjikan keindahan yang setara, tanpa keramaian dan atraksi yang penuh sesak.

Dari pulau-pulau terpencil yang eksotis hingga bagian tersembunyi Bali, temukan 10 pulau dan pantai rahasia terbaik di Indonesia, dilansir dari Culture Trip:

1. Pulau Kanawa

Terletak di Nusa Tenggara, Labuan Bajo. Sementara pulau-pulau besar seperti Komodo, Padar, dan Rinca kini menyambut lebih banyak turis daripada sebelumnya, pulau eksotis ini tetap tidak menonjolkan diri. Beberapa bagian tetap tidak tersentuh, untuk melestarikan satwa liar dan ekosistem alam. Namun, di bagian pulau yang lebih banyak turisnya, terdapat banyak restoran, kafe, bahkan resor.

2. Kepulauan Kai

Terletak di Maluku, terdiri dari dua bagian yaitu Kai Besar dan Kei Kecil yang merupakan bagian dari keluarga Kepulauan Kai. Kedua Kai memiliki segudang satwa liar dan terumbu karang di sekitarnya. Pulau-pulau tersebut adalah rumah bagi pelikan yang bermigrasi dan suku nelayan asli.

3. Kepulauan Widi

Terletak di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Anda akan berpikir bahwa rangkaian 99 pulau eksotis dan tiga atol yang megah di jantung Segitiga Terumbu Karang akan dipenuhi turis namun nyatanya tidak. Ini memberikan kesempatan langka untuk menemukan diri Anda di tengah alam yang masih asli. Pulau Daga menampung sebagian besar desa setempat dan pondok tepi laut yang dapat Anda tinggali.

4. Pantai Ngitun

Terletak di Gunungkidul, Yogyakarta. Garis pantai yang luas menjanjikan tempat dan sudut yang indah di setiap belokan, karena titik pantai baru sedang digali setiap saat. Pantai ini diapit oleh perbukitan yang rimbun di semua sisi, kecuali bukaan indah yang memberi jalan ke laut yang mewah. Selain berenang atau menikmati pasir pantai yang putih bersih, panorama alam juga bisa dinikmati dari atas bukit sambil berkemah.

5. Pulau Weh

Pulau Weh di Sumatera merupakan titik paling barat Indonesia, geografinya yang terpencil telah melindungi pulau yang indah ini dari terlalu banyak turis. Tetapi dengan pantai pasir putih yang indah dan air yang jernih, perjalanan ini masih sangat layak untuk dilakukan. Pulau ini memiliki tempat menyelam dan snorkeling yang indah, dengan satwa liar yang tumbuh subur dan tidak terganggu.

6. Pantai Pink

Terletak di ujung paling tenggara Lombok, pantai ini sangat terpencil dan berjarak sekitar tiga jam perjalanan dari kawasan wisata utama Senggigi. Namanya berasal dari karang yang memberi warna pink pada pasir. Ada sebuah bukit yang dapat didaki di salah satu ujung teluk yang memberikan pemandangan menakjubkan di atas air sebening kristal. Daerah ini terkenal dengan kehidupan bawah lautnya yang penuh warna dan ada pilihan untuk menyewa pemandu dan perahu untuk membawa Anda

7. Pulau Kakaban

Pulau unik ini milik Kepulauan Derawan, tujuan eksotis untuk menyelam, snorkeling, dan petualangan lainnya. Pulau ini 'memeluk' danau laut di tengahnya, sehingga terlihat seperti pembuka botol yang sedikit bengkok dari atas. Terdapat juga ubur-ubur tanpa sengat yang telah mengalami evolusi atipikal yang juga membuat mereka menunjukkan perilaku aneh yang tidak terlihat oleh banyak orang.

8. Pulau Morotai

Terletak di kawasan timur Indonesia, belum banyak mata yang melihat kehebatan alam Pulau Morotai. Pantai perawan yang tersembunyi, pulau-pulau kecil yang terpencil, dan tempat menyelam yang tak terhitung jumlahnya menyatu dengan indah di surga tropis ini.

Aspek yang lebih menentukan dari pulau ini adalah sejarahnya sebagai basis strategis selama Perang Dunia II, sehingga meninggalkan banyak situs sejarah yang kini merangkap sebagai tempat wisata. Dari bangkai pesawat yang tenggelam, jip tua, kapal perang, hingga benteng dan bunker, berbagai peninggalan perang mendidik wisatawan tentang masa lalu sebagai medan pertempuran.

9. Pantai Koka

Terletak di Sikka, Nusa Tenggara Timur. Kebanyakan orang yang Anda temui di pantai yang tenang ini adalah penduduk setempat. Pantai ini tetap tidak diketahui oleh sebagian besar wisatawan yang bepergian ke kota Maumere di Ende. Kawasan pantai ini tidak hanya terdiri dari satu, melainkan dua teluk megah yang dipisahkan oleh tebing kecil di tengahnya. Airnya yang relatif tenang juga cocok untuk berenang atau sekadar bermalas-malasan di pasir halus.

10.  Bukit Asah

Hanya karena Bali adalah tujuan yang sangat terkenal di dunia, bukan berarti kita sudah mengetahui semuanya. Daerah ini dipisahkan dari bagian pulau yang agak ramai oleh perbukitan dan dataran tinggi, tersembunyi dari turis khas Bali. Pemandangan laut dan pantai sudah mempesona dari atas tebing, tetapi Anda selalu dapat meningkatkannya dengan berlayar ke pulau kecil di lepas tanjung dan menyiapkan tempat tidur gantung untuk hari itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro