Menara Eiffel disinari lampur berwarna putih, merah dan biru sesuai warna bendera Prancis sebagai penghormatan kepada korban tewas serangan teroris di Paris, Jumat (13/11/2015). /Reuters
Travel

Kembali Dibuka 16 Juli, Simak Fakta Menarik Menara Eiffel

Ni Luh Anggela
Selasa, 25 Mei 2021 - 10:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pihak berwenang di seluruh Benua Eropa melonggarkan pembatasan karena tingkat infeksi turun dan vaksinasi meningkat.

Setelah beberapa tempat seperti kafe dan restoran, kini ikon kota Paris, Menara Eiffel, siap dibuka kembali pada 16 Juli setelah tutup berbulan-bulan akibat Covid-19. Pengunjung sudah bisa memesan tiket mulai 1 Juni.

Saat ini, ada beberapa bagian menara yang sedang menjalani program renovasi, untuk menyambut Olimpiade 2024. Oleh karena itu, beberapa bagian menara yang sedang direnovasi, akan tetap tertutup untuk pengunjung.

Meski akan dibuka pada 16 Juli, pemerintah setempat tetap membatasi pengunjung yang akan datang ke Menara Eiffel. Dikabarkan, maksimal 10.000 pengunjung akan diizinkan mengunjungi menara dalam sehari. Hal ini agar pengunjung dapat tetap aman dan menjaga jarak.

Melansir dari Times of India, Selasa (25/5/2021), berikut beberapa fakta menarik seputar Menara Eiffel.

1. Menara tertinggi di dunia buatan manusia

Tidak banyak yang mengetahui fakta bahwa Menara Eiffel, setelah selesai dibangun pada tahun 1889, menjadi bangunan buatan manusia tertinggi di dunia (dengan ketinggian 324 meter). Menara Eiffel mempertahankan gelar itu selama 41 tahun. Diketahui menara tinggi ini memiliki berat 10.100 ton.

2. Jumlah langkah

Anda harus menaiki 1665 anak tangga untuk mencapai puncak menara. Tapi orang umumnya lebih suka naik lift dibandingkan haru menaiki 1665 anak tangga ini.

3. Efek angin

Pada hari yang berangin di Paris, Menara Eiffel bergoyang sekitar enam hingga tujuh cm!

4. Pengecatan ulang

Pengecatan ulang menara dilakukan setiap tujuh tahun dan membutuhkan 60 ton cat untuk melakukannya.

5. Monumentum berbayar yang paling banyak dikunjungi

Dengan lebih dari tujuh juta orang yang mengunjungi menara setiap tahun,menjadikannya sebagai monument berbayar yang paling sering dikunjungi di dunia.

6. Replika Eiffel

Beberapa tempat di dunia memiliki replika Menara Eiffel. Replika paling terkenal termasuk yang ada di Las Vegas dan satu lagi di Shenzen, Cina.

7. Lift Eiffel

Jika digabungkan dengan jaraknya, lift di sini menempuh jarak 103.000 km setahun yang merupakan dua setengah kali keliling Bumi.

8. Efek Dingin

Ketika cuaca Paris menjadi sangat dingin, menara menyusut sekitar enam inci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro