Menara Eiffel dalam warna hitam, kuning, dan merah untuk menunjukkan duka atas serangan bom di Brussel, Belgia. /Reuters-Philippe Wojazer
Travel

Prancis Buka Kembali Tempat Hiburan, Termasuk Menara Eiffel

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 20 Mei 2021 - 14:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah enam bulan menutup, bar, restoran, dan tempat wisatanya, Prancis kini membuka semua itu mulai Rabu (19/5/2021). Hal tersebut seolah menandai tahap kedua perjalanan Prancis keluar dari lockdown dan saat bersiap menyambut wisatawan.

Keberanian membuka tempat hiburan tersebut setelah Prancis mendorong vaksinasi pada setiap orang dewasa untuk menerima satu dosis vaksin sebelum akhir musim panas.

Melansir dari lonelyplanet, Kamis (20/5/2021) hari Rabu 19 Mei menandai dibukanya kembali teras luar ruangan di kafe dan bar di seluruh Prancis. Penduduk dapat memanjat Menara Eiffel dan mengunjungi Louvre karena atraksi budaya, museum, dan teater menyambut pengunjung dengan tiket yang dipesan sebelumnya.

Toko dan pasar nonesensial juga buka, meskipun dengan pedoman yang berlaku, dan jam malam dari pukul 19.00 hingga 21.00.

Saat Prancis berusaha keluar dari kuncian nasional ketiganya nanti, beberapa aturan Covid -19 tetap berlaku. Penggunaaan masker tetap diperlukan di kota besar. Dan wisatawan dari negara non-UE saat ini dilarang dengan pengecualian Inggris, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan, Israel, Jepang, dan Singapura.

Meskipun demikian, pejabat dari pemerintah Prancis dan Gedung Putih sedang menyelesaikan diskusi teknis seputar pemberian izin khusus untuk memungkinkan warga AS masuk paling lambat 9 Juni. Izin khusus ini akan diberikan kepada pengunjung non-UE yang telah divaksinasi.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengatakan bahwa mereka bekerja keras untuk mengusulkan solusi konkret bagi para pelancong yang telah divaksinasi atau telah mendapat hasil negatif setelah tes Covid-19.

Meskipun rincian lebih lanjut tentang cara kerja izin khusus tidak diungkapkan, namun Macron menyarankan bahwa izin ini mungkin menjadi bagian dari tiket hijau digital Eropa. Itu merupakan aplikasi yang akan segera diluncurkan untuk menunjukkan status vaksin dan pengujian pelancong.

Uni Eropa mengkonfirmasi pada hari Rabu bahwa mereka berencana untuk membuka perbatasannya untuk pelancong yang divaksinasi penuh dari suntikan yang disetujui oleh Badan Obat Eropa, termasuk vaksin Moderna, Pfizer / BioNTech dan Johnson & Johnson.

Kapan perbatasan akan dibuka masih belum diketahui, tetapi kemungkinan itu akan dibuka sebelum high season, yang berarti tiket hijau digital dapat diperkenalkan dalam beberapa minggu.

Pada saat 9 Juni, di Prancis pengunjung dapat menantikan pelonggaran pembatasan lebih lanjut. Jam malam akan diberlakukan kembali hingga pukul 11 malam, ruang makan dalam ruangan akan kembali dengan kapasitas 50 persen, dan toko non-esensial akan diizinkan untuk memudahkan pedoman jarak sosial.

Guna menambahkan elemen keamanan lain untuk kunjungan wisatawan asing, pejabat telah mengkonfirmasi bahwa wisatawan dapat memanfaatkan tes PCR gratis di Prancis. Namun, rincian tentang bagaimana pengujian gratis akan bekerja untuk non-residen belum terungkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro