Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bisnis Traveling Turun, White Horse Ekspansi ke Layanan Pengiriman Makanan

Direktur Pengembangan Bisnis PT. WEHA Transportasi Indonesia Tbk Andrianto Putera Tirtawisata mengatakan pihaknya optimistis dengan bisnis baru perusahaan, dan berharap dapat membantu mempercepat pemulihan bisnis perusahaan
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  15:59 WIB
Day Trans group dari White Horse buka layanan pengiriman makanan
Day Trans group dari White Horse buka layanan pengiriman makanan

Bisnis.com, JAKARTA - White Horse masuk bisnis pengiriman makanan khas suatu daerah agar dapat dinikmati pada masa pandemi, juga untuk mengobati rasa rindu untuk melakukan perjalanan.

Direktur Pengembangan Bisnis PT. WEHA Transportasi Indonesia Tbk Andrianto Putera Tirtawisata mengatakan pihaknya optimistis dengan bisnis baru perusahaan, dan berharap dapat membantu mempercepat pemulihan bisnis perusahaan

"Ke depannya kami juga berharap layanan ini menjadi sumber pendapatan yang signifikan dan dapat berkembang di area Jawa & Bali," katanya, Selasa (23/2/2021).

Dia mengungkapkan tahun lalu merupakan tahun yang tidak terduga. Mayoritas bisnis mengalami penurunan terutama di bidang pariwisata & transportasi, mulai dari perusahaan besar hingga UMKM.

Banyak orang yang tidak bisa bepergian berdampak pada meningkatnya transaksi digital konsumen di berbagai sektor.

Menurut data Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia yang dirilis pada 8 Oktober 2020, ujarnya posisi pertama & kedua jenis pengeluaran digital konsumen per-bulan selama pandemi Covid-19 di duduki oleh pesan makanan (97%), jasa pengiriman (76%) lalu diikuti oleh transportasi (75%), belanja kebutuhan sehari-hari (74%) dan donasi (54%).

Dia melanjutkan, data dari dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat pengajuan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk usaha mikro tercatat 170.152 atau setara 86% dari 197.322 NIB yang diterbitkan melalui sistem Online Single Submission (OSS) sepanjang September 2020.

"Melihat situasi & kondisi yang terjadi saat ini, White Horse melihat peluang di layanan jasa pengiriman makanan antar kota. Layanan ini juga bertujuan untuk menjadi sarana pengembangan UMKM di bagian logistik, di mana market place online belum memfasilitasi semua UMKM," katanya.

Fitur pengantaran makanan White Horse diperkenalkan lewat anak usaha perusahaan, yaitu DayTrans dengan layanan yang diberi nama DayMall.

Rute pengantaran menggunakan rute yang sudah tersedia di DayTrans, yaitu: Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Jepara, dan Solo.

Layanan DayMall bertujuan untuk mempermudah pengiriman makanan antar kota dengan durasi pengiriman makanan bervariasi, ada yang tiba di hari yang sama dan ada juga yang tiba di hari berikutnya.

"Sebagai contoh, konsumen di Jakarta dapat membeli produk Prima Rasa, Bandung dan langsung dikirim pada hari yang sama. Sedangkan untuk pengiriman Bakpia Tugu Jogja dari Yogyakarta, akan dikirim pada hari berikutnya," katanya.

Semenjak pertama kali diluncurkan pada September 2019 hingga Februari 2021, Day Trans berhasil mendapatkan 44.000 pengunduh.

Pengiriman yang sebelumnya 150 order per bulan kini meningkat mencapai angka 1.200-1.500 order per bulan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

white horse taxi jasa kurir
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top