Pantai Seger di Lombok. Kawasan ini merupakan salah satu tempat untuk ritual Bau Nyale. JIBI/Bisnis/Tika Anggreni
Travel

Pantai Seger Lombok Bikin Deg-degan

Tika Anggreni Purba
Selasa, 26 Februari 2019 - 12:58
Bagikan

Bisnis.com, LOMBOK - Salah satu pantai favorit di Lombok adalah Pantai Seger di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Kuta yang juga tengah banyak dibicarakan sebagai pantai Mandalika.

Pemandangan alam pantai Seger tak hanya berasal dari pantainya, tetapi juga pinggir pantai yang dikelilingi perbukitan yang hijau.

Banyak kerbau yang tengah digembalakan di padang, sehingga membuat suasana pinggir pantai sangat hijau dan asri.

Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena air lautnya yang biru dan ombak yang menantang untuk olahraga surfing. Karena berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, ombak-ombaknya sangat cocok untuk berselancar. 

Pantai Seger Lombok Bikin Deg-degan

Selain aktivitas pantai seperti berenang, piknik, dan berjemur, Anda juga dapat naik ke atas perbukitan dan menikmati pemandangan lepas pantai yang spektakuler.

Di Seger, Anda juga bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling. Khususnya bagian utara pantai, terdapat spot snorkeling yang keren. Intinya, aktivitas air apa saja bisa Anda lakukan di pantai ini.

Selain itu, di kawasan pantai ini juga ada monumen Putri Mandalika. Legenda menceritakan bahwa Putri Mandalika merupakan seorang perempuan yang dikejar-kejar empat orang pria. Karena tidak ingin menikahi keempatnya, Mandalika memutuskan untuk terjun ke laut.

Pantai Seger Lombok Bikin Deg-degan

Pada Februari, warga setempat biasanya melakukan ritual Bau Nyale atau berburu nyale (cacing laut). Warga akan turun ke pinggir pantai untuk berburu cacing yang sangat panjang itu. Hasil buruan akan dimasak menjadi pepes dan sebagainya. Menurut warga setempat, rasanya sangat lezat.

Ritual ini dilakukan oleh masyarakat lokal sebagai penghormatan pada Putri Mandalika. Saat putri menerjunkan diri ke laut, nyale dianggap sebagai lambang pengorbanan sang puteri.

Selain itu, pemandangan pantai Seger sebenarnya sudah cukup untuk membuat hati puas. Bersantai sambil memandangi indahnya laut biru, juga bisa menjadi pilihan Anda. Jangan lupa, gunakan tabir surya karena udara dan cuaca di pantai ini cukup panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro