Ayo, Naik Delman di Kota Palembang

Kota Palembang kini punya delman. Kereta yang ditarik kuda ini kini dapat digunakan warga Palembang untuk berwisata keliling Kambang Iwak yang merupakan salah satu ruang terbuka hijau di kota itu.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 11 Januari 2019  |  16:15 WIB
Ayo, Naik Delman di Kota Palembang
Wali Kota Palembang Harnojoyo mencoba delman di Kambang Iwak Palembang. - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG - Kota Palembang kini punya delman. Kereta yang ditarik kuda ini kini dapat digunakan warga Palembang untuk berwisata keliling Kambang Iwak yang merupakan salah satu ruang terbuka hijau di kota itu.

Peluncuran  delman wisata Kambang Iwak dilakukan Wali Kota Palembang Harnojoyo, Jumat (11/1/2019).

Pada tahap awal telah tersedia tiga unit delman di Kambang Iwak. Harnojoyo menyambut positif keberadaan Delman ini. Dia berharap kehadiran delman semakin menambah daya tarik wisata di Palembang.

 "Satu lagi tambahan bagi yang ingin menikmati Kambang Iwak ini.  Kusir delmannya juga harus dibekali pengetahuan tentang sejarah tentang tempat-tempat yang mereka lewati," ujarnya dalam siaran pers.

 Wali kota berpesan agar para pemilik delman menjaga kebersihan dan keindahan delmannya, sehingga keberadaan delman ini dapat sesuai dengan tujuan pariwisata yang diharapkan.

 Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani menjelaskan, di Palembang dulu pernah ada sado (delman/andong) yang beroperasi di sekitar wilayah Pasar 16 untuk melayani pedagang dan pembeli.

 Oleh karena itu, untuk mendorong wisata di Palembang dan menghadirkan kembali nuansa tempo dulu dihadirkan kembali delman di Palembang.

 "Di Delman ini akan disiapkan lagu daerah Palembang, dan kusirnya menggunakan pakaian khas Palembang. Delman ini dilarang menaikkan dan menurunkan di sembarang tempat, selain tempat khusus yang telah ditetapkan,"ujarnya.

 Tiap penumpang yang naik delman akan akan dikenakan biaya Rp10.000.

  Isnaini menjamin, delman tersebut akan senantiasa bersih terutama dari kotoran karena telah dilengkapi kantong penampung khusus kuda.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pariwisata

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top