Pedas Gurih Udang Galah Telur Asin

Ada kesan mewah dalam penyajian udang galah berukuran jumbo yang terhidang di atas meja. Bentuknya yang crispy kekuningan begitu menggoda, membuat siapa saja tak sabar untuk segera mencicipinya.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 11 Januari 2019  |  15:57 WIB
Pedas Gurih Udang Galah Telur Asin
Udang galah diolah dengan tepung dan telur asin. JIBI/BISNIS - Dewi Andriani

Bisnis.com, JAKARTA - Ada kesan mewah dalam penyajian udang galah berukuran jumbo yang terhidang di atas meja. Bentuknya yang crispy kekuningan begitu menggoda, membuat siapa saja tak sabar untuk segera mencicipinya.

Udang galah tersebut dikreasikan dengan olahan tepung dan telur asin, sehingga memberi sensasi renyah dan wangi, tanpa ada rasa amis sedikit pun.

Saat mengiggit potongan daging di dalamnya, akan muncul rasa gurih pedas yang berasal dari campuran cabai, dan bawang putih sebagai bumbu tambahan. Ini merupakan salah satu menu andalan yang baru saja diluncurkan Suasana Restaurant Aston Kuningan Suites Setiabudi pada awal tahun hingga tiga bulan ke depan. Udang galah telur asin sengaja dihadirkan sebagai variasi baru olahan udang berukuran premium di Suasana Restaurant.

“Kita ingin mengangkat item premium dari seafood. Biasanya yang premium itu lobster atau kepiting, kali ini kita hadirkan udang. Kenapa dibuat telur asin? Agar bisa makan kering dan crunchy saat motek tulang. Dan rasanya pun lebih original karena tidak banyak tambahan bahan lain,” ujar Chef Ghofur Basoeky dari Suasana Restaurant.

Dalam pengolahan menu udang berukuran 500 gram tersebut, Ghofur menggunakan tambahan bahan berupa telur asin sebanyak 4 butir. 

Untuk menghilangkan bau amis dari telur asin, dalam proses pengolahannya Ghofur tidak langsung mencampurkan kuning telur asin ke dalam udang tetapi dikukus terlebih dahulu selama dua puluh menit hingga bau amisnya hilang.

Setelah itu, baru digoreng bersama butter sehingga memunculkan rasa yang lebih gurih. 

Sementara itu, agar udang yang disajikan lebih crunchy proses memasaknya harus menggunakan minyak dengan temperatur yang sangat panas, goreng sebentar saja hingga berwarna kemerahan.

Kemudian, campurkan udang dan telur asin yang sudah digoreng tersebut dengan tambahan garlic, cabai, dan daun jeruk untuk menghadirkan aroma wangi dan rasa pedas yang menggoyang lidah.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kuliner, bisnis kuliner

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top