Memanjakan Perjalanan dengan Kereta Priority Rute Jakarta-Semarang

Penumpang kereta api relasi Jakarta—Semarang semakin dimanjakan dengan kehadiran gerbong Kereta Priority yang menjanjikan kemewahan lebih dibandingkan kelas eksekutif.
Alif Nazzala Rizqi | 27 Agustus 2018 18:56 WIB
Suasa gerbong Kereta Priority di rangkaian Argo Muria Relasi Semarang-Gambir pp. - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, SEMARANG — Penumpang kereta api relasi Jakarta—Semarang semakin dimanjakan dengan kehadiran gerbong Kereta Priority yang menjanjikan kemewahan lebih dibandingkan kelas eksekutif.

Dalam rangka meningkatkan layanan kepada para penumpang relasi Semarang—Jakarta, serta guna menunjang peningkatan kunjungan wisatawan ke wilayah Jawa Tengah, khususnya di wilayah Semarang, hari ini Senin (27/8/2018) KA Argo Muria relasi Semarang - Gambir pp, secara reguler telah dilengkapi dengan fasilitas layanan Kereta Priority sebanyak 1 buah pada tiap rangkaiannya.

Animo masyarakat terhadap kehadiran layanan kereta Priority ini, mendapat respon yang sangat besar, ini bisa terlihat dari okupansi  penumpang di  Kereta Priority mencapai 100 % alias penuh di perjalanan perdananya.

Hari ini senin (27/8/2018), KA Argo Muria (KA 13) relasi Stasiun Semarang Tawang—Stasiun Gambir membawa 8 gerbong kereta eksekutif dan 1 gerbong Kereta Priority. Total kapasitas sembilan gerbong itu 428 tempat duduk, dan semuanya telah habis terjual.

Kehadiran layanan Kereta Priority ini merupakan hasil dari kerjasama antara pihak PT KAI dan PT KA Pariwisata sebagai anak perusahaan dari PT KAI yang bergerak di sektor angkutan kereta wisata. Di mana jenis Kereta Kelas Priority ini mempunyai kapasitas tempat duduk 28 seat setiap gerbong keretanya.

Kereta Priority dilengkapi dengan fasilitas LCD TV layar sentuh pada tiap kursi, sehingga selama perjalanan, penumpang dapat menikmati ragam pilihan hiburan audio dan video. Fasiltas lainnya yang terdapat di kereta kelas priority diantaranya karaoke System, mini bar, ruang bagasi (20 kg),dan toilet.

Perbedaan fasilitas antara Kereta Priority dan Kereta Eksekutif:

-Tempat duduk: Satu gerbong Kereta Priority berkapasitas 28 kursi, Kereta Eksekutif 50 Kursi

- Hiburan: Setiap kursi Kereta Priority dilengkapi TV LCD, Hiburan di Kereta Eksekutif berupa TV layar lebar

-Restorasi: Kereta Priority menyediakan makanan prasmanan, Kereta Eksekutif tidak menyediakan makanan. Penumpang harus membeli sendiri di restorasi

"Kehadiran gerbong Kereta Priority ini akan melengkapi fasilitas gerbong kereta di KA Argo Muria yang sudah ada saat ini, yaitu terdiri dari 8 gerbong Kereta Eksekutif (K1), 1 gerbong Kereta Makan (M1) dan 1 gerbong Kereta Pembangkit (P). Jadi total daya kapasitas untuk KA Argo Muria saat ini telah menjadi 428 tempat duduk setiap perjalanannya, yang sebelumnya berjumlah 400 tempat duduk," ujar Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang hari ini Senin (27/8/2018).

Adapaun jadwal keberangkatan untuk KA Argo Muria (KA 13) relasi Semarang Tawang—Gambir yang dilengkapi fasilitas Kereta Priority ini, yaitu berangkat dari Stasiun Semarang Tawang Jam 16:00 WIB, dan tiba di Stasiun Gambir pada jam 22:08 WIB.

Sementara itu KA Argo Muria relasi Stasiun Gambir—Stasiun Semarang Tawang (KA 14) yang dilengkapi Kereta Priority ini, yaitu berangkat dari Stasiun Gambir jam 07:00 WIB dan tiba di Stasiun Semarang Tawang jam 13:00 WIB.

KA Argo Muria yang dilengkapi fasilitas Kereta Priority tersebut  berhenti di Stasiun Cirebon, Tegal, dan Pekalongan, serta berjalan regular setiap hari, yang sebelumnya berjalan setiap akhir pekan.

Tarif promo KA Argo Muria Kelas Priority mulai tanggal 27 Agustus 2018 adalah Rp480.000 saat weekday dan Rp700.000 saat weekend. Tiket dapat diperoleh di stasiun  kereta dan  channel  distribusi KAI lainnya.

"Total ada 7 tipe kereta yang dimiliki oleh PT KA Pariwisata di antaranya Kereta Nusantara, Kereta Bali, Kereta Toraja, Kereta Sumatera, Kereta Jawa, Kereta Priority, dan Kereta Imperial, " Jelas Syarifah Safia, Manager Humas PT KA Pariwisata.

Sementara itu trend para penumpang royal relasi Semarang—Jakarta selama ini terus menunjukan trend peningkatan yang cukup positif. Tercatat pada tahun 2017 yang lalu, sebanyak 755.701 penumpang telah menggunakan layanan kereta api relasi Semarang –Jakarta atau naik 12% dibandingkan tahun 2016 yang mencapai 674.021 penumpang. 

Tag : kereta api
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top