Ini Rekomendasi Wisata untuk Merayakan Imlek di Hong Kong

Badan Pariwisata Hong Kong telah mempersiapkan sejumlah acara meriah untuk menggaet wisatawan dalam rangka perayaan Imlek tahun Ajing Tanah yang melambangkan petualangan, semangat, dan kegembiraan.
Wike Dita Herlinda | 12 Februari 2018 19:09 WIB
Hong Kong - telegraph.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pariwisata Hong Kong telah mempersiapkan sejumlah acara meriah untuk menggaet wisatawan dalam rangka perayaan Imlek tahun Ajing Tanah yang melambangkan petualangan, semangat, dan kegembiraan.

Tahun ini, para pengunjung dapat menikmati acara-acara penuh warna sebagai momentum penting dari Tahun Baru Cina yang akan berlangsung mulai dari 16—18 Februari 2018. Acara-acara tersebut mencakup pesta kembang api hingga karnaval yang diselenggarakan di sepanjang jalan utama Hong Kong.

Ragam Acara Menarik Kemeriahan Tahun Baru Imlek pada Tahun Anjing Tanah ini dimulai dengan perayaan parade tahunan bernama International Chinese New Year Parade.

Parade tahunan yang disebut sebagai salah satu pergelaran terbaik dan berkelas dunia ini akan diadakan pada 16 Februari 2018, didukung oleh pengisi acara lokal dan internasional yang akan berkumpul untuk memeriahkan perayaan tersebut.

“Bertempat di sepanjang jalan utama Tsim Sha Tsui, para pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan dan penampilan menarik dan meriah dengan semarak dekorasi lentera yang berwarna-warni,” papar Badan Pariwisata Hong Kong dalam siaran pers, Senin (12/2/2018).

Hong Kong Tourism Board juga bekerja sama dengan maskapai penerbangan, Cathay Pacific, untuk menyelenggarakan Cathay Pacific International Chinese New Year Night Parade yang akan disiarkan secara langsung melalui satellite feed dan fiber signal mulai pukul 20:00 hingga 21:45 waktu Hong Kong di Tsim Sha Tsui.

Baca juga: Sea World Tutup?

Parade ini telah diselenggarakan secara berturut-turut selama 20 tahun dan tahun ini akan dihadirkan dengan tema “Best Fortune, World Party.” yang menghadirkan 34 kelompok juara dunia sebagai pengisi acara internasional dan lokal.

Adapun, pengisi acara dalam pergelaran tersebut mencakup XPOGO Stunt Team dari U.S.A, Diabolism dari Taiwan, Zee Comedy Magic & Zeejay Juggler dari Republik Ceko, Unicycle Circus Theatre “Witty Look” dari Jepang, dan Jugglers Vision yang juga dari Jepang.

Pada Tahun Anjing Tanah, Hong Kong Chinese New Year Fireworks Extravaganza juga akan menghadirkan pertunjukan spektakuler pyrotechnic melalui letusan berbentuk alfabetik menandai momen pergantian Tahun Baru Imlek kali ini di langit Victoria Harbour.

Pertunjukan ini akan dimulai tepat pukul 8 malam waktu Hong Kong selama kurang lebih 20 menit pada 17 Februari 2018. Pertunjukan dengan serangkaian acara ini dapat disaksikan oleh pengunjung secara gratis dengan tepi pantai Tsim Sha Tsui dan Central Harbourfront.

Selanjutnya di bagian perkotaan, terdapat perayaan Chinese New Year Raceday yang bertempat di jalur arena balap bernama Sha Tin pada 18 Februari. Diikuti dengan semarak kemeriahan dari Great European Carnival yang berlangsung dari bulan Desember 2017 hingga Februari 2018.

Pada perayaan ini, pengunjung dapat mencoba sederet program-program acara menarik seperti komedi putar raksasa, mencoba keberuntungan di stan permainan yang disertiakan, hingga menikmati pertunjukan sirkus di Central Harbour Event Space yang secara khusus didekorasi menyerupai taman hiburan outdoor.

Perayaan meriah juga diselenggarakan di Hong Kong Disneyland. Tidak hanya menyediakan dekorasi Tahun Baru Imlek yang meriah, tetapi juga menghadirkan God of Fortune Goofy dan Playful Pluto di tengah panggung Disneyland untuk turut memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek, Tahun Anjing Tanah kali ini.

Tanpa menghilangkan unsur etnik Cina, perayaan di Hong Kong Disneyland kali ini disertai dengan perayaan autentik dari Chinese New year Night Market yang akan diselenggarakan di area U.S.A Main Road dan area The Plaza pada malam hari.

Perayaan yang Meriah Perayaan Tahun Baru Imlek, Tahun Anjing Tanah di Hong Kong kali ini tidak hanya dimeriahkan oleh serangkaian pertunjukan dan acara. Berbagai area lain turut menyemarakkan kemeriahaan Tahun Baru Anjing Tanah ini di Hong Kong, seperti Kuil Cheng Kung. Perayaan ini diwarnai dengan dekorasi “Roda Keberuntungan” berwarna sebagai andil dari semarak kemeriahan tahun baru.

Destinasi berikutnya yang turut merayakan kemeriahan Tahun Baru Imlek, Tahun Anjing Tanah kali ini terdapat di Desa Lim Tsuen, Tai Po.

Terkenal dengan pohon keberuntungannya yang bernama Lam Tsuen Wishing Trees, para pengunjung dari seluruh penjuru kota berduyun-duyun datang ke desa ini untuk melakukan ritual “permohonan keberuntungan” ke pohon tersebut.

Sebagai penunjang keperluan Tahun Baru Imlek, terdapat Pasar Bunga temporer yang berada di Victoria Park dan Mongkok yang layak untuk dikunjungi. Tidak hanya sebagai tempat wisata, tetapi juga sebagai tempat berbelanja keperluan untuk dekorasi, cinderamata, dan makanan lezat Tahun Baru Imlek ini. Pasar Bunga ini dibuka untuk umum di setiap satu minggu menjelang perayaan.

Sebagai pelengkap kemeriahan Tahun Baru Imlek, Poon Choi hadir sebagai masakan ciri khas kebudayaan tradisional untuk santapan selama Tahun Baru Imlek. Sebuah satu wadah besar yang berisikan ragam jenis bahan masakan, mulai dari daging sapi dan unggas, hingga makanan laut dan sayuran yang disediakan bertumpuk dalam satu panci atau baskom raksasa.

Poon Choi menjadi sebuah tradisi bagi warga lokal Hong Hong untuk disantap bersama dengan keluarga dan keraba. Menu makanan khas ini dapat ditemukan di beberapa restoran pilihan di seluruh kota Hong Kong.

Makanan lain yang cocok untuk tahun baru imlek ini adalah Tongyuen Dumplings, Dried Oysters, dan Glutinous Rice dengan arti dan makna yang berbeda-beda dari masing-masing makanan dalam kebudayaan Cantonese. Nikmati satu-satunya pengalaman meriah perayaan Tahun Baru Imlek Shio Anjing dengan mengunjungi Hong Kong, sebagai destinasi terbaik dunia.

Tag : imlek, hong kong
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top