Majukan Pariwisata, Sumbar Kejar 8 Juta Turis

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meminta Sumatera Barat (Sumbar) harus siap dengan komitmen untuk memajukan pariwisata.
Jaffry Prabu Prakoso | 09 Februari 2018 00:14 WIB
Menpar Arief Yahya menandatangani komitmen Sumatera Barat untuk memajukan sektor pariwisata di Padang, Rabu (7/2 - 2017).

Bisnis.com, JAKARTA  Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meminta Sumatera Barat (Sumbar) harus siap dengan komitmen untuk memajukan pariwisata.

Untuk itu, tanah Minang menargetkan jumlah wisatawan lebih dari 8 juta pada tahun ini yang terdiri dari 75.000 wisatawan mancanegara (wisman) dan 8 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).

"Sumbar punya potensi alam dan budaya yang berlimpah. Sumbar harus siap dengan komitmen untuk memajukan pariwisata dalam upaya mensejahterakan masyarakat,” katanya melalui keterangan pers yang diterima Bisnis, Kamis (8/2/2018).

Menpar kembali menegaskan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar dan sudah mulai diperhatikan dunia. Ini terbukti dengan berbagai penghargaan yang telah diterima.

Selain itu Pemda Sumbar didorong untuk mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi dari pasar dan regional. Jika wisatawan mancanegara Indonesia tumbuh 22%, maka Sumbar harus tumbuh lebih dari itu.

Arief menekankan pentingnya digital tourism, sharing economy, dan Indonesia incorporated menjadikan pariwisata sebagai sektor utama.

Tahun lalu Sumbar dikunjungi sebanyak 56.313 wisman dan 7,7 juta pergerakan wisnus. Diperkirakan jumlah ini akan meningkat menjadi 100 ribu wisman dan 8,5 juta wisnus pada 2019 mendatang.

Tag : wisatawan
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top