Garuda Raup Rp24,5 Miliar di Makassar, Perjalanan Wisata Jadi Penopang

Maskapai penerbangan pelat merah Garuda Indonesia membukukan transaksi sebesar Rp24,5 miliar pada penyelenggaraan pameran perseroan di Makassar.
Amri Nur Rahmat | 18 September 2017 17:13 WIB
Pesawat Garuda Indonesia. - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR - Maskapai penerbangan pelat merah Garuda Indonesia membukukan transaksi sebesar Rp24,5 miliar pada penyelenggaraan pameran perseroan di Makassar.

VP Garuda Indonesia Wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Papua I Wayan Supatrayasa mengatakan, perolehan transaksi tersbeut merupakan akumulasi dari seluruh rute yang dilayani perseroan mencakup domestik maupun internasional.

Pameran yang diselenggarakan perseroan itu bertajuk Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2017 yang berorientasi memfasilitasi konsumen di Makassar mendapatkan akomodasi perjalanan moda udara dengan harga kompetitif.

"Secara kuantitatif transaksi masih didominasi destinasi domestik, tetapi untuk destinasi internasional juga mencatatkan pertumbuhan cukup baik," ujarnya kepada Bisnis, Senin (18/9/2017).

Wayan menguraikan, destinasi yang menjadi pilihan konsumen cenderung bertumpu pada tujuan dengan klasifikasi destinasi wisata serta menjadi favorit sebagian besar pengunjung.

Adapun destinasi tersebut adalah Denpasar, Bali, di mana secara historis selalu mencatatkan volume transaksi terbanyak dibandingkan dengan destinasi lainnya yang ditawarkan perseroan dalam penyelenggaraan GATF.

Seluruh destinasi yang ditawarkan merupakan rute dengan pemberangkatan dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan periode penerbangan berlaku hingga Agustus 2018.

Menurut Wayan, peenyediaan rute tersebut disesuaikan pula dengan karakteristik konsumen di Makassar yang ingin merencanakan perjalanan wisata dengan memanfaatkan layanan Garuda Indonesia.

Terdapat 20 rute utama yang ditawarkan perseroan pada penyelenggaraan GATF fase kedua tersebut, di mana seluruh rute itu mencakup destinasi yang kerap menjadi sasaran perjalanan oleh konsumen Makassar.

Adapun rute dengan titik pemberangkatan dari Makassar itu diantaranya Lombok, Denpasar, Jakarta untuk domestik, sedangkan rute internasional seperti Singapura, Hongkong, hingga Amsterdam Belanda.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo sebelumnya mengatakan pameran oleh Garuda Indonesia itu diharapkan pula menjadi katalisator bagi pertumbuhan sektor pariwisata di daerah ini.

Garuda bisa berperan aktif ikut mempromosikan destinasi wisata di Sulsel sehingga mampu memacu angka kunjungan ke daerah tersebut.

"Sehingga tidak hanya memfasilitasi masyarakat Makassar atau Sulsel terbang ke destinasi daerah lain, tetapi juga membawa wisatawan untuk berkunjung ke Sulawesi Selatan," katanya.

Syahrul juga meminta perseroan untuk merealisasikan rute perintis dengan menjangkau kabupaten/kota di Sulsel yang memiliki destinasi wisata.

 

Tag : garuda indonesia
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top