Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SWAFOTO MEMBAWA MAUT : 60% di India, Pria Muda Paling Berisiko

- Nyaris 60 persen kematian yang terjadi saat mengambil swafoto atau selfie terjadi di India, berdasarkan studi dari Carnegie Mellon University.
Swafoto alias selfie/Istimewa
Swafoto alias selfie/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Nyaris 60 persen kematian yang terjadi saat mengambil swafoto atau selfie terjadi di India, berdasarkan studi dari Carnegie Mellon University.

Dari 127 kematian di seluruh dunia yang terjadi saat selfie selama Maret 2014 hingga September 2016, 76 kasus terjadi di India (tempat kedua jatuh pada Pakistan, sembilan kematian terjadi di sana dalam periode yang sama).

Tahun ini, sudah ada dua kematian yang berhubungan dengan swafoto yang terjadi di India.

Tahun lalu, kota Mumbai menetapkan 15 tempat berbahaya yang mengatur kebijakan "zona bebas swafoto", sebagian besar areanya ada di tepi laut.

Polisi telah memasang peringatan untuk para pengunjung tentang bahaya swafoto di sana dan mengirim petugas tambahan untuk patroli. Meski demikian, dua orang meninggal dunia saat mengambil foto narsis di tepi laut Mumbai sejak Mei.

Dilansir Travel and Leisure, hampir 90 persen kematian akibat swafoto di India terjadi dekat air. Meski demikian, di tempat lain di dunia sebagian besar orang tewas saat swafoto di ketinggian (25 persen), termasuk tebing, gunung dan tepi gedung.

Studi juga mengungkap pria muda lebih berisiko mati akibat swafoto. Sekitar 75 persen mereka yang tewas saat swafoto adalah lelaki dan hampir 70 persen korban berusia di bawah 24 tahun.

Negara-negara lain juga sudah mengeluarkan peringatan bahaya swafoto untuk para warganya. Pada 2015, polisi Rusia membuat kampanye "swafoto aman" yang memperingatkan orang-orang bahwa "swafoto keren bisa merenggut nyawa".

Kroasia menulis tweet bahwa turis harus "berhenti membuat swafoto bodoh yang berbahaya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler