Obama Beberapa Kali Swafoto dengan Agastya di Prambanan

Mantan Presiden Amerika Barack Obama berdiam lama di dalam Candi Siwa saat mengunjungi Komplek Candi Prambanan Yogyakarta Kamis (29/6/2017).
JIBI | 29 Juni 2017 15:30 WIB
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (kanan) mengunjungi Candi Prambanan, di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (29/6). - JIBI/Gigih M. Hanafi

Bisnis.com, YOGYAKARTA -- Mantan Presiden Amerika Barack Obama berdiam lama di dalam Candi Siwa saat mengunjungi Komplek Candi Prambanan Yogyakarta Kamis (29/6/2017).

“Beliau paling lama berada di Candi Siwa karena semua bilik dimasuki dan hampir semua arca dan relief difoto oleh beliau,” kata Manggarsari Ayuwati, Kepala Unit Taman Wisata Candi Prambanan, yang mendampingi Obama selama tur.

Kemarin, Obama mengunjungi Candi Borobudur.

Obama pun beberapa kali berswafoto atau selfie dengan Arca Agastya atau Siwa Mahaguru, yang ada dalam Candi Siwa. Obama terlihat kagum pada sosok Agastya setelah mendapat penjelasan singkat dari Manggar bahwa tokoh itu merupakan sosok suci maha bijaksana jelmaan Dewa Siwa.

Arca Agastya di Candi Siwa Prambanan itu berwujud sosok seorang resi sepuh, berperut buncit, postur tubuh agak gemuk, berkumis, dan jenggot memanjang hingga dada.

Tangan kanan Agastya menggenggam aksamala dan tangan kirinya menggenggam kamandalu (sebuah cawan air amerta) yang melambangkan suatu hidup yang berkelanjutan.

Pada sisi kanan Agastya, terdapat trisula yang melambangkan ketiga peran dewa, pencipta, pengatur dan penghancur.

“Setelah tahu kisahnya, Pak Obama lalu selfie dengan Agastya beberapa kali. Dia juga meminta pengawalnya mengambilkan gambar dirinya bersama Agastya,” ujar Manggar.

Manggar menuturkan Obama juga berfoto diri atau sekedar mengambil foto di tiap arca bilik Candi Siwa. Selain Arca Agastya atau Siwa Mahadewa, Obama juga mengambil foto Arca Ganesha, juga Arca Durga Mahisasuramandini (arca Lara Jonggrang).

Manggar pun menuturkan, meski lama meninggalkan Indonesia, Obama masih mengingat tokoh Hanoman yang berwujud kera putih dalam cerita wayang Ramayana.

“Saat saya tunjukkan relief pasukan kera membuat jembatan untuk lewat bala tentara Rama, Obama mengambil foto sambil bertanya apakah tokoh kera itu si Hanoman ?” kata Manggar.

Ketokohan kera Hanoman dalam kisah Ramayana rupanya disimpan erat dalam ingatan Obama.

Ini ditunjukkan ketika Obama memasuki Candi Brahma dan menemukan relief bergambar kera lalu spontan bertanya “Ini Hanoman? Saya jawab ‘Bukan Hanoman masih di sana (candi Siwa)’,” ujar Manggar.

Sumber : Tempo

Tag : obama
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top