Puluhan Ribu Wisatawan Kunjungi Objek Wisata di Gunung Kidul

Puluhan ribu wisatawan mengunjungi objek wisata beretribusi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang menyumbang pendapatan asli daerah sebesar Rp305,614 juta pada hari kedua Lebaran 2017.
Newswire | 27 Juni 2017 07:20 WIB
Pantai Baron di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. - Istimewa

Bisnis.com, YOGYAKARTA -- Puluhan ribu wisatawan mengunjungi objek wisata beretribusi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang menyumbang pendapatan asli daerah sebesar Rp305,614 juta pada hari kedua Lebaran 2017.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Selasa (27/6/2017) , mengatakan sedikitnya ada 39.554 wisatawan yang berkunjung dengan menyumbang PAD Rp305,614 juta.

"Kawasan pantai masih mendominasi kunjungan wisata. Kunjungan wisatawan, kami prediksi akan meningkat sampai selesai libur Lebaran nanti," katanya.

Dia mengatakan, sebagian besar pendapatan pariwisata itu didapatkan dari objek wisata pantai, sedangkan Gunung Api Purba Nglangran dan objek minat khusus seperti Gua Pindul menyumbang 20 persennya.

"Pantai tetap menjadi idola," katanya.

Melihat tren kunjungan, kata Hary, pihaknya sudah menambah petugas kebersihan dan penarik retribusi. Ia optimistis target PAD Gunung Kidul 2017 sebesar Rp 24 miliar dapat tercapai.

"Semoga target PAD tercapai, kalau bisa melebihi target yang ditentukan," katanya.

Perbaiki Kualitas

Hary mengatakan pihaknya akan terus memperbaiki kualitas pariwisata dengan menambah berbagai sarana dan prasarana yang ada untuk kenyamanan para wisatawan.

"Kami akan menambah jumlah bak sampah dan berbagai fasiiltas lainnya," kata Hary.

Secara terpisah, SAR dan Satlinmas Korwil II Gunung Kidul mengingatkan wisatawan agar senantiasa berhati-hati dan selalu mengindahkan instruksi petugas demi keamanan. Kondisi gelombang pantai selatan Gunung Kidul sulit untuk diprediksi.

Koordinator SAR dan Satlinmas Korwil II Gunung Kidul Marjono mengatakan dengan meningkatnya kunjungan wisatawan saat libur Lebaran, pihaknya terus memberikan imbauan agar wisatawan lebih berhati-hati.

"Kami mengimbau agar wisatawan tidak berenang, tetapi kadang banyak yang nekat," kata Marjono.

Dia mengatakan pada Senin (26/6/2017), ada wisatawan yang tidak mengindahkan instruksi petugas hingga tergulung ombak di Pantai Baron Senin(26/6/2017) sore. Tim Sarsatlinmas wilayah II berhasil menemukan korban dalam kondisi pingsan dan langsung dibawa ke pos untuk mendapatkan perawatan.

Proses evakuasi terhadap Satriyo (13) warga Kecamatan Semin, Gunung Kidul yang terseret ombak berjalan dramatis. Korban berhasil diselamatkan oleh petugas Sarsatlinmas wilayah Pantai Baron dalam kondisi tak sadarkan diri usai tergulung ombak saat bermain air bersama teman - temannya di Pantai Baron.

"Korban diduga tidak mempehatikan situasi," katanya.

Sumber : Antara

Tag : gunung kidul
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top