Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Memeluk Rindu Tanah Air di Ansan Korsel

Menyinggahi Kota Ansan adalah jawaban kerinduan akan sebuah negeri yang menyenangkan dengan keramahan dan masakannya; Indonesia.
Korea Selatan/Istimewa
Korea Selatan/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menyinggahi Kota Ansan adalah jawaban kerinduan akan sebuah negeri yang menyenangkan dengan keramahan dan masakannya; Indonesia.

Itulah kalimat pertama yang ditulis seorang bloger dan traveler bernama Eka Herlina di dalam laman pribadinya. Dari kalimat itulah Eka mulai berkisah kepada Bisnis, Sabtu (15/4/2017),tentang perjalanannya selama di Korea Selatan pada awal November 2016, khususnya di Kota Ansan.

Dirinya datang sendiri ke Korsel sewaktu negara ini memasuki musim gugur, kala itu ia memperkirakan cuaca tak terlalu dingin. Kenyataan di lapangan, kendatipun matahari terik tetap saja suhu di Ansan sukses membuat tangan Eka beku.

"Mata saya sejenak terpejam. Menghirup udara dingin. Menghentikan langkah. Menikmati suara riuh di sekitar stasiun Ansan. Sebuah percakapan yang akrab membuat saya menyunggingkan senyum. Logat Jawa nan kental. Tempat itu bernama Ansan," tutur Eka.

Mengutip tulisan Eka dalam blog pribadinya; terletak di Selatan Seoul, ibukota Korea Selatan, Ansan adalah sebuah kota di provinsi Gyeonggi, Korsel. Kota ini tak menjadi tujuan wisata populer seperti Busan. Namun ketenangannya mampu menjawab kerinduan akan rumah.

Perasaan itulah yang mendorong Eka tetap semangat untuk bangun pada pagi hari setiba di Ansan padahal sehari sebelumnya dia keletihan pascaberjibaku di Myeongdong, Seoul. Saat di Ansan, Eka melintasi lorong-lorong stasiun. Katanya, lokasi tersebut mengingatkan dia kepada Glodok dan Mangga Dua di Jakarta.

Eka bertutur, selama di Ansan, wajah saudara setanah air banyak saya temui sepanjang jalan. Dia menghela napas penuh kelegaan lantaran ada ketenangan menyusup di dalam dirinya bahwa dia tak lagi khawatir soal bahasa dan tersesat.

"Pun pertokoaan yang tertata rapi. Saya pun banyak menemui makanan khas Indonesia. Ah, Indonesia, kenapa selalu menghadirkan rindu?" tanya Eka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Sumber : ekahei.wordpress.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler