Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menjelajahi Dubai Hanya dengan Bujet Rp5 Juta

Dubai dikenal sebagai sebuah kota yang mewah. Jadi meskipun banyak orang berminat kesana, kekhawatiran dan yang tidak cukup besar menjadi kendalanya
Dubai Kanal/Dubaitourismboard
Dubai Kanal/Dubaitourismboard

Bisnis.com, JAKARTA- Dubai dikenal sebagai sebuah kota yang mewah. Jadi meskipun banyak orang berminat kesana, kekhawatiran dan yang tidak cukup besar menjadi kendalanya.

Padahal, ada banyak hal yang dapat dilihat dan dilakukan di kota menakjubkan ini tanpa perlu menghabiskan banyak uang. Apakah sarapan bersama dengan kupu-kupu, berlayar melintasi The Creek, bersantap bersama Emirati atau sesederhana mempelajari sejarah Emirati dari sejak Jaman Besi.

Berikut berdasarkan tourism board of Dubai dalam siaran persnya beberapa pilihan perjalanan bagi Anda yang ingin menjelajahi Dubai selama tiga hari hanya dengan menghabiskan anggaran US$350 atau dibawah Rp5 juta
 
HARI PERTAMA TOTAL – AED 436 / IDR 1.500.000
WAKTU
RENCANA HARI INI
Pagi
Sarapan di Kedai Teh Khas Arab
 
Mulai hari Anda dengan bersantai dalam ketenangan dan kenyamanan dalam sebuah kedai teh khas Arab. Terletak di wilayah bersejarah Al Fahidi, di sisi Bur Dubai The Creek, kedai teh ini menyediakan berbagai macam hidangan, mulai dari beragam pilihan menu sarapan seperti sandwich yang menyehatkan, salad dan camilan, hingga kue kering. Untuk menyegarkan diri Anda, tersedia juga jus lemon mint serta lebih dari 100 jenis teh – termasuk teh khas Arab yaitu percampuran antara teh hitam dengan buah-buahan dan ramuan herbal.
Untuk 2 orang: AED 80 atau IDR 280.000.
Memulai pagi dengan menjelajahi wilayah tertua di Dubai
Museum interaktif Saruq Al-Hadid
 
Jelajahi salah satu situs arkeologi paling menarik dan misterius di Dubai dimana terdapat berbagai artefak yang baru saja ditemukan yang dapat menceritakan sejarah Dubai di Saruq Al Hadid. Museum yang baru dibuka ini mengajak Anda untuk melihat penemuan arkeologi misterius serta memamerkan harta karun unik dari masa lampau, termasuk benda pusaka, artefak emas, perunggu, dan besi, serta 900 objek lainnya. Cermati pedang-pedang dan mata panah menakjubkan serta pameran video interaktif. Para pengunjung yang masih muda dapat mencoba langsung dalam membuat kerajinan tangan, menyusun rangka hewan, atau membantu para ahli memecahkan misteri.
Untuk 2 orang: AED 40 atau IDR 145.000.
Tur Al Fahidi
 
Mengunjungi wilayah Al Fahidi merupakan kesempatan terbaik untuk mengetahui cara hidup lama warga Emirati Dubai yang tercermin dari bangunan tradisional dengan menara angin (Barajeel) yang dibangun menggunakan batu, gipsum, kayu jati, kayu cendana, dedaunan, dan kayu kelapa. Jelajahi gang-gang sempit, jalanan setapak dan balai kota, dan temukan keindahan Old Dubai. Jangan lupa untuk mengunjungi area pameran seni, museum bersejarah, pusat kebudayaan (termasuk yang sangat direkomendasikan adalah Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding) serta berbagai kafe unik, restoran, dan penginapan.
Gratis.
Dubai Museum
 
Pengunjung Dubai Museum di benteng Al Fahidi dapat kembali ke masa lalu untuk melihat cara hidup orang Dubai. Adanya artefak, diorama, lukisan, diagram, media audio dan video membawa kehidupan sejarah Dubai menjadi nyata. Museum ini pun dibagi menjadi beberapa area. Sebagai pusat museum ini merupakan area terbuka yang memamerkan kapal milik penduduk, rumah tradisional, dan benteng pertahanan zaman dahulu.
Untuk 2 orang: AED 6 atau IDR 22.000.
Siang
Makan Siang di Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding
 
Nikmati hidangan tradisional sambil berbincang dengan warga lokal Emirati mengenai budaya, kebiasaan, dan agama Uni Emirat Arab yang akan membuka wawasan Anda di Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding. Tempat ini terletak di menara angin tradisional di wilayah bersejarah Al Fahidi.
Untuk 2 orang: AED 180 atau IDR 650.000.
Bejalan santai di Deira
Spice Souk, Deira
 
Nikmati aroma ramuan herbal, rempah-rempah, dupa, dan produk kesehatan tradisional saat menjelajahi Deira Spice Souk. Souk ini juga menjual parfum Oud (agarwood), kacang, buah kering, serta suvernir khas Arab seperti pashmina dan barang rajutan. Para pedagangnya ramah dan bersedia untuk menjelaskan barang yang dijualnya. Jika berbelanja disini, Anda diharuskan untuk menawar.
Gratis
Bait Al Banat (Museum Perempuan)
 
Bait Al Banat menjadi tempat bersejarah penting pada tahun 1950 yang bila diterjemahkan memiliki arti “Rumah Perempuan”. Museum ini didirikan untuk melestarikan sejarah perempuan di Uni Emirat Arab (UEA), menghilangkan stereotip, dan menunjukkan peran perempuan di UEA serta membantu membentuk budaya Emirati dan masyarakat. Museum ini menawarkan pengenalan terhadap kehidupan perempuan UEA, melalui pameran ‘Memory of the Place’ yang menunjukkan kehidupan masa lalu di area Gold Souk Dubai. Pameran ‘Diwan Ousha Bint Khalifa’ sendiri menjadi wadah untuk mengapresiasi hasil karya puisi UEA.
Gratis.
Sore
Menikmati Sore di Filli Tea Café, Naif
 
Lengkapi budaya Zafarani Chai Dubai dengan racikan teh uniknya yang dihidangkan bersama roti lapis dan shake, kafe ini berhasil menarik pengunjung dari berbagai negara dan menghidangkan hampir 2.000 cangkir teh per harinya. Nikmati berbagai varian dari enam “FiLLi Teas”, dan saat menemukan racikan yang sesuai dengan Anda, cobalah memesan ‘Paratha Bites’, ‘Fil Z Burgers’, ‘Toasted Crunchy Tortillas’, ‘Mind Blowing Feast 6’ dan ‘Hot n Spicy Samosas’.
Untuk 2 orang: AED 30 atau IDR 110.000.
Makan Malam di XVA Art Hotel’s Café
 
Tersembunyi di sudut Al Fahidi yang menawan, XVA Art Hotel and Café adalah sebuah tempat menarik dan unik yang menonjolkan sisi artistik dan budayanya. Kafe ini berada di area lapang terbuka dan menawarkan berbagai hidangan vegetarian terinspirasi dari hidangan khas Timur Tengah – termasuk kibbeh labu, kebab akar bit, burger terong, rose cheesecake, hingga es lemon mint yang menyegarkan.
Untuk 2 orang: AED 100 atau IDR 360.000.
HARI KEDUA TOTAL – AED 290 / IDR 1.050.000
WAKTU
RENCANA HARI INI
Pagi
Sarapan di pesisir pantai di Bageterie Boulevard, Kite Beach
 
Restoran cepat saji berkonsep moderen ini memiliki sentuhan Perancis, dimana para staf sangat ahli dalam membuat baguettes renyah dengan isian berkualitas tinggi dan unik. Baguettes ini pun selalu dipanggang secara langsung sehingga masih segar saat disajikan kepada Anda. Hidangan yang disajikan disini terinspirasi dari hidangan tradisional Eropa yang diubah menjadi cepat saji – cocok untuk memulai pagi di pesisir pantai. Di dalam menu juga terdapat sup, hidangan pencuci mulut, yoghurt, salad, dan hidangan untuk sarapan lainnya. Menu tersebut juga dilengkapi dengan es teh, kopi, minuman favorit seperti teh Karak dan teh mint Moroko.
Untuk 2 orang: AED 80 atau 290.000.
Pagi Hari di Masjid Jumeirah
 
Datang dan bergabung dalam suatu kesempatan unik untuk mempelajari kebudayaan dan agama Emirati di masjid yang nyaman, santai, dan terbuka ini. Masjid Jumeirah adalah salah satu dari dua masjid di Dubai yang terbuka untuk pengunjung non-Muslim. Salah satu bangunan indah di Dubai ini, Masjid Jumeirah yang dapat menampung hingga 1.200 jamaah, dibangun sepenuhnya menggunakan batu putih di tradisi Fatimiyah Abad Pertengahan dimana terdapat dua menara yang membingkai masjid utama. Jangan lupa untuk membawa kamera!
Untuk 2 orang: AED 40 atau IDR 145.000.
 
Siang
Makan Siang di Zaroob
 
Diartikan sebagai “gang kecil”, Zaroob terinspirasi dari vendor street food di wilayah Levant yang menonjolkan sebagian besar hidangan Arab terbaik dengan suasana yang santai dan sederhana. Paling tepat dikunjungi untuk makan siang dan malam, atau untuk cemilan di sore hari, sudut live cooking station, dapur terbuka, dan dekorasi bergaya Arab yang unik akan memberikan para pengunjung pemandangan, suara, dan aroma dari pasar maupun jalan setapak di Lebanon, Syria, Yordan, Palestina, dan Mesir.
Untuk 2 orang: AED 100 atau IDR 360.000.
Siang Hari di Ras Al Khor Wildlife Sanctuary
 
Diterjemahkan sebagai ‘Cape of the Creek’, Ras Al Khor terletak di bibir Dubai Creek dan menjadi salah satu area urban dilindungi di dunia – area penting untuk burung-burung yang bermigrasi di rute Afrika Timur ke Asia Barat. Tiga pusat penangkaran membentuk perimeter suaka marga satwa dimana terdapat aneka satwa seperti flamingo, grey herons, great egrets, reef herons, cormorants, black-winged stilts, sandpipers dan jenis burung lainnya. Marga satwa ini terbentang seluas 6 kilometer persegi yang memiliki dataran garam, lumpur intertidal, mangrove dan laguna serta menjadi tempat bagi 20.000 burung air dan 67 spesies. Tempat ini juga menjadi habitat bagi lebih dari 500 spesies flora dan fauna dan menjadi salah satu suaka marga satwa yang memiliki manajemen paling baik di Timur Tengah.
Gratis bagi individu maupun keluarga.
Sore
Sore hari dikelilingi air
The Dubai Fountain
 
Manjakan diri Anda dengan pemandangan air mancur menari terbesar di dunia dimana pertunjukan air mancur menari akan diiringi dengan permainan musik dan cahaya lampu. Berada di 12 hektar Burj Khalifa Lake, air mancur ini dapat mengeluarkan air setinggi 150 meter yang setara dengan tinggi gedung 50 lantai. Tinggi the Dubai Fountain adalah 275 meter yang berbentuk lima lingkaran beraneka ukuran dan dua sudut utama yang didesain oleh WET yang berbasis di California, pembuat yang sama dengan Fountains of Bellagio di Las Vegas. Pertunjukan sore akan dimulai pukul 6 sore dan akan berlangsung setiap 30 menit hingga 11 malam di hari biasa dan 11.30 malam pada akhir minggu.
Gratis.
Dubai Canal
 
Nikmati sebuah pemandangan kota dengan sudut pandang baru melalui Dubai Water Canal, sebuah terusan air berukuran panjang 3,2 km yang terhubung dengan the Creek dan Teluk Arab melalui Business Bay. Terusan ini pun memiliki kawasan untuk pejalan kaki termasuk air terjun buatan, yang mengalir setiap sore dan dapat membelah secara otomatis agar kapal dapat lewat diantara terusan tersebut. Lima trotoar perjalan kaki dibuat melintasi Dubai Canal yang memungkinkan para pengunjung untuk menikmati pemandangan perkotaan Dubai.
Gratis.
Makan malam di Operation:Falafel
 
Menyempurnakan satu resep dalam satu waktu, Operation:Falafel adalah sebuah restoran yang tidak hanya menyajikan suatu hidangan yang dimasak dan di tata namun di bentuk secara khusus dan disajikan oleh chef yang merupakan ahli di bidang street food Arab di sebuah restoran yang moderen. Hidangan spesial restoran ini adalah pita yang disajikan dengan falafels gurih yang dibalur dengan saus tahini dan salad – setiap hidangannya dibuat dan dikreasikan secara sempurna.
Untuk 2 orang: AED 70 atau IDR 255.000.
HARI KETIGA TOTAL – AED 410 / IDR 1.500.000
WAKTU
RENCANA HARI INI
Pagi
Sarapan di Hapi
 
Hapi adalah sebuah kafe sehat dan ramah lingkungan terbaru di Dubai, namun kata mentah dan vegan tidak masuk dalam kamus HAPI. Dengan satu mangkok telur, kaldu bernutrisi yang disajikan dengan roti bap, sirloin steak, atau salmon asap dengan potato wedges manis and es krim lembut di dalam menu, HAPI menganut filosofi makan, bergerak, dan bermain. Tidak pernah berkompromi soal rasa, HAPI selalu memperhatikan kesegaran dan kesehatan hidangan.
Untuk 2 orang: AED 100 atau IDR 360,000.
Berjalan santai di area Al Serkal Avenue
 
Alserkal Avenue adalah tempat bagi seni modern dan kontemporer berkumpul di bangunan yang bergaya seperti gudang di daerah industry Al Quoz. Selain galeri terkemuka seperti Carbon 12 Dubai, Isabelle Van den Eynde Gallery dan Green, Anda juga dapat menemukan Salsali Private Museum, museum pribadi pertama Dubai, serta beragam restoran dan kafe. Area ini juga merupakan tempat bagi Satellite, sebuah ruang seni yang mendukung para seniman lokal, regional, dan internasional ke galeri tersebut dan memberikan kesempatan, waktu, dan ruang untuk menghasilkan suatu karya baru dan original.
Gratis.
Siang
Makan siang di Restoran Maraheb, Global Village
 
Menciptakan sebuah pengalaman bersantap yang tak terlupakan dan masuk ke dalam budaya Arab dan hidangannya, Maraheb khusus menyajikan Mandi – hidangan yang berasal dari Yaman. Mandi mendapatkan namanya dari Bahasa Arab ‘nada’ (artinya embun), dikarenakan oleh nasi yang dimasak dengan sempurna bersama daging yang lembut dan bawang, yang dimasak dengan kunyit, kapulaga dan cengkeh.
Untuk 2 orang: AED 100 atau IDR 360.000.
Siang hari di Dubai Miracle Garden
 
Anda pasti terpukau dengan keajaiban dunia di Dubai Miracle Garden. Terletak di Al Barsha Selatan, taman sebesar 72.000 meter persegi ini adalah taman bunga terbesar di Timur Tengah dengan lebih dari 45 juta bunga bermekaran yang dipamerkan dengan bentuk dan desain yang menarik dan menawan. Nikmati pemandangan piramida, bintang, igloo, dan hati yang bermekaran, serta dinding bunga pemecah rekor, atau berjalan santai di bawah payung berwarna-warni.
Untuk 2 orang: AED 80 atau IDR 300.000.
Sore
Sore Hari di Global Village
 
Global Village adalah destinasi wisata kebudayaan dan hiburan keluarga terbaik dengan cara berbelanja yang unik dengan adanya 70 negara yang berpartisipasi di lebih dari 36 paviliun, yang mewakili negara yang berbeda. Menawarkan berbagai pilihan hidangan internasional dimana juga terdapat atraksi menegangkan di Global Village’s Fantasy Island, pasar malam dan destinasi belanja tahunan ini dibuka dari November hingga April.
Untuk 2 orang: AED 30 atau IDR 110.000.
Makan malam di pesisir pantai di Bu Qtair
 
Berlokasi di area perumahan di Jumeirah Road, melupakan sejenak kemegahan Burj Al Arab, tidak ada reservasi di restoran seafood ini – siapa yang datang terlebih dahulu yang akan dilayani pertama. Anda dapat mengantri dari pukul 7 malam. Salah satu restoran favorit bagi warga Dubai ini menyediakan ikan bawal, udang pedas, dan ikan hammour lokal yang dibumbui sedikit pedas sebelum digoreng dan disajikan bersama nasi atau prata dan saus kari. Bu Qtair sudah berdiri selama dua dekade dan selalu menyediakan hidangan laut yang segar dengan harga yang terjangkau.
Untuk 2 orang: AED 100 atau IDR 360.000.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler