Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keliling Indonesia, Cek Dulu Kalender Festival 2017

Resolusi tahun 2017 Anda pasti penuh warna, apakah salah satunya berkeliling Indonesia?
Sejumlah pengunjung bermain rakit di Danau Rano Bungi, Desa Kabobona, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat (27/1)./Antara
Sejumlah pengunjung bermain rakit di Danau Rano Bungi, Desa Kabobona, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat (27/1)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Resolusi tahun 2017 Anda pasti penuh warna, apakah salah satunya berkeliling Indonesia?

Jika ya, Anda punya banyak pilihan berkunjung ke beberapa destinasi di Indonesia sambil menikmati beragam festival. Berikut ini gelaran pariwisata pilihan yang berlangsung dari Maret hingga Desember 2017 di seluruh provinsi di Indonesia, dikutip dari laman resmi Pesona Indonesia.

Tandai kalender anda dan segeralah buat rencana untuk mengelilingi Tanah Air tercinta.

Maret

Atraksi perang-perangan lembing dengan berkuda khas Sumba, yaitu Pasola, tahun ini akan digelar pada 18-21 Februari serta 17-20 Maret di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Pasola merupakan atraksi wisata yang menjadi ikon budaya Sumba, yaitu upacara perang tradisional berkuda dan saling melempar lembing dari atas punggung kuda yang berlari cepat.

April

Jangan lewatkan Festival Danau Laut Tawar pada 13-16 April yang diselenggarakan untuk memperkenalkan keindahan Danau Laut Tawar di Kabupaten Aceh Tengah. Akan ada beragam kegiatan seperti kompetisi bersepeda, pentas seni, pameran foto, lomba perahu, lomba marathon 10K lintas Danau Laut Tawar, dan masih banyak lagi.
Acara lain pada April yakni Festival Pesona Teluk Tomini (1-9 April), Festival Teluk Jailolo, Tambora Menyapa Dunia (12-16 April), dan Halo Sultra (23-27 April).

Mei

Kawasan Geopark Merangin di Jambi akan menggelar Festival Geopark Merangin 2017 pada Mei. Festival olahraga dan budaya ini dimeriahkan dengan lomba arung jeram, pameran pariwisata dan UKM, pagelaran budaya tradisi, serta pelbaga lomba.

Seba Badui juga diselenggarakan pada bulan ini di Pendopo Gubernur Lama Banten. Seba adalah penyerahan hasil tani atau hasil bumi kepada pemerintah setempat. Itu merupakan rasa syukur masyarakat Baduy karena mendapatkan hasil panen yang berlimpah.

Beralih ke Kalimantan Tengah, ada Festival Budaya Isen Mulang yang diselenggarakan pada 18-24 Mei. Festival tahunan ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT Provinsi Kalimantan Tengah, diikuti oleh 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah.

Juni
Pesta Kesenian Bali tahun ini berlangsung pada 10 Juni-8 Juli dengan mengangkat tema “Ulundanu”: Melestarikan Air Sumber Kehidupan.

Juli

Pada Juli, Riau akan diramaikan Ritual Bakar Tongkang yang dilaksanakan setiap tahun di Kota Bagansiapi-api, Kabupaten Rokan Hilir. Ritual ini digelar untuk mengenang arwah para leluhur mereka saat menemukan Bagansiapi-api.

Selain itu, ada pengalaman menarik lainnya di Bromo jika Anda berkunjung pada bulan ini, yaitu Upacara Yadnya Kasada. Ini merupakan upacara adat masyarakat Suku Tengger sebagai ungkapan rasa syukur.

Di Kalimantan Timur, berlangsung Erau International Folklore Art Festival pada 22-30 Juli. Anda akan disuguhi kegiatan berupa upacara adat kesultanan yang berlangsung selama tujuh malam di Keraton Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Agustus

Tour de Singkarak merupakan event balap sepeda internasional yang telah diklasifikasi Union Cycliste Internationale (UCI) atau Asosiasi Balap Sepeda International kategori 2.2. Acara ini terdiri dari sembilan etape yang diselenggarakan di hampir seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat dan berlangsung mulai 7 Agustus 2017.

Masih di bulan yang sama, anda diundang untuk menyaksikan uniknya budaya Lampung lewat Lampung Krakatau Festival pada 21-27 Agustus 2017. Lampung Krakatau Festival merupakan acara pariwisata Lampung yang diselenggarakan saban tahun.

Kegiatan ini bertujuan mengenang meletusnya Gunung Krakatau pada 27-27 Agustus 1883. Di festival ini akan diadakan berbagai sarana apresiasi seni budaya daerah untuk memperkenalkan daya tarik wisata Lampung. Festival Lembah Baliem di Jayawijaya, Papua, juga dilaksanakan pada bulan ini, tepatnya pada 5-9 Agustus 2017.

September

Bulan September waktunya berkunjung ke Sumatra Utara untuk menikmati Festival Danau Toba 2017. Ini merupakan acara budaya, pariwisata, dan olahraga yang cikal bakalnya berasal dari Pesta Danau Toba pada 1980-an.

Setelah itu, cobalah berkunjung ke Kampung Wisata Halal Al-Munawar pada minggu ketiga September 2017 untuk menikmati Festival Kopi. Keunikan kopi Semendo dari Kabupaten Muaraenim, serta kopi asli dari Pagaralam sudah diakui secara nasional maupun internasional. Nikmati keunikan rasanya pada Festival Kopi yang sekaligus digelar dalam rangka menyambut Hari Kopi Internasional.

Cirebon menyuguhkan acara yang tak kalah menarik pada September. Lewat West Java Performance Art Festival 2017, anda akan menyaksikan berbagai kegiatan seperti seminar seni budaya dan sastra, pameran kerajinan dan artefak, serta pertunjukan seni budaya.

Acara lain pada bulan September yakni Wakatobi Wonderful Festival Expo (6-7 September), Sadeq Race (17-24 September), Festival Karampung di Mamuju (24-27 September), dan Festival Pesona Gorontalo Triatlon/Marathon (26 Agustus-10 September 2017)

Oktober

Bumi Rafflesia mengundang anda untuk berkunjung pada Oktober sambil menyaksikan Festival Bumi Rafflesia. Acara ini diadakan untuk mengenalkan potensi yang dimiliki Provinsi Bengkulu.

Ruang lingkup kegiatan ini meliputi pameran wisata kuliner, mountain bike, pameran dan bazaar, dan juga fam trip Jelajah Bengkulu.
Anda pecinta olahraga lari?

Jika ya, itu berarti Jakarta Marathon 2017 adalah acara yang paling dinanti. Ini adalah kegiatan olahraga lari untuk seluruh masyarakat Nusantara maupun mancanegara. Rute yang dilewati yakni jalan-jalan utama di Jakarta.

Acara lain pada bulan Oktober yaitu Festival Pesona Raja Ampat, Festival Pesona Pulo Cinta Gorontalo (5-15 Oktober), Festival Kesultanan Keraton Buton (10-16 Oktober), Nusa Dua Festival (11-15 Oktober), dan Tour de Moluccas (26-30 Oktober)

November

Acara sport tourism semakin digencarkan. Kali ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menyelenggarakan Borobudur Marathon 2017 pada November. Rute yang dilalui yaitu desa-desa di sekitar Candi Borobudur.

Masih di kawasan Borobudur, Jogja International Heritage Walk 2017 mengajak para pecinta olahraga melakukan aktivitas jalan sehat sekaligus gerakan sadar lingkungan pada 18-19 November. Acara ini berlangsung di Candi Borobudur, Desa Imogiri, dengan pilihan kategori yang ditawarkan yaitu 5, 10, dan 20 km.

Desember
Lovely December Toraja yang dinanti banyak wisatawan akan dilaksanakan pada 26-30 Desember 2017.

Acara ini sekaligus akan menampilkan festival kopi internasional, festival foto wisata, Toraja Night Run, pameran kuliner, dan masih banyak lagi. Festival lain yang diselenggarakan pada akhir tahun adalah Festival Budaya Iraw Tengkayu di Tarakan dan Denpasar Festival (28-31 Desember).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler