Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumat Agung, 1.000 Polisi Amankan Prosesi Semana Santa

Sebanyak 1.000 personel dari Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) disiapkan untuk mengamankan Prosesi Semana Santa yang telah menjadi tradisi tahunan warga di Larantuka, Flores Timur.
Larantuka di Flores NTT/youtube
Larantuka di Flores NTT/youtube

Bisnis.com, KUPANG - Sebanyak 1.000 personel dari Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) disiapkan untuk mengamankan Prosesi Semana Santa yang telah menjadi tradisi tahunan warga di Larantuka, Flores Timur.

"Kita turunkan 2/3 personel yang kita miliki dengan dibantu pasukan TNI untuk pengamanan Prosesi Semana Santa di Larantuka," kata Wakil Kepala Polda NTT Kombes Pol. Sumartono seusai menggelar upacara persiapan untuk pengamanan Prosesi Semana Santa di Markas Polda NTT, Jumat (18/3/2016).

Disamping pengamanan di darat, pihak kepolisian juga melibatkan Poloair untuk pengamanan saat dilakukan prosesi laut.

"Jadi, sebelum dilakukan prosesi laut, kita sudah perhatikan terlebih dahulu, apakah kapal itu muat sesuai kapasitasnya atau tidak, kalau sudah melebihi kapasitas kita akan larang kapal itu untuk jalan," ujarnya.

Oleh karena itu, menurutnya, keberadaan polisi air sangat membantu untuk mencegah terjadinya kecelakaan di laut saat prosesi laut seperti yang terjadi pada 2014.

Disamping itu, Tim Sar juga akan dilibatkan saat dilakukan prosesi laut untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sejumlah personel nanti akan kita tempatkan di sejumlah lokasi, baik gereja maupun sejumlah tempat-tempat ziarah lainnya," tuturnya.

Prosesi Semana Santa yang tahun ini akan jatuh pada 25 Maret 2016 itu, merupakan sebuah tradisi sakral dalam agama Katolik untuk memperingati wafat Yesus kristus. Di Larantuka, Ibu Kota Kabupaten Flores Timur tradisi itu telah dilaksanakan sejak 500 tahun lampau.

Tradisi keagamaan yang merupakan warisan Portugis itu, sudah berlangsung ketika bangsa Portugis menyebarkan agama Katolik dan berdagang cendana di Kepulauan Nusa Tenggara. Prosesi Jumat Agung itu diawali dari perayaan Rabu Trewa.

Prosesi Semana Santa ini juga merupakan sebuah agenda tahunan dari pemerintah daerah Flores Timur sebagai sebuah wisata rohani dalam menarik wisatawan baik domestik dan mancanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler