Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pariwisata Senegal Terancam Erosi Pantai

Kunjungan wisatawan asal Eropa untuk menghindari musim dingin ke Senegal terancam merosot akibat erosi pantai yang mengakibatkan sejumlah hotel terpaksa di tutup.
Senegal/
Senegal/

Bisnis.com, JAKARTA—Kunjungan wisatawan asal Eropa untuk menghindari musim dingin ke Senegal terancam merosot akibat erosi pantai yang mengakibatkan sejumlah hotel terpaksa di tutup.

Hotel mewah Espadon, misalnya, terpaksa tidak menerima tamu sejak tahun lalu akibat erosi pantai yang ganas tersebut. Lumpur pasir menggenangi kolam renang hotel yang terkenal di kalangan wisatawan asing yang sebagian besar berasal dari Eropa.

Akibat ombak besar yang terus menggerus pantai, beberapa hotel harus membuat pilihan antara menyelamatkan properti dengan membangun dinding pengaman atau membiarkan air masuk sehingga kehilangan segalanya.

"Setiap hari saya menerima turis yang tidak percaya dengan kondisi Hotel Espadon yang sebenarnya," ujar Sonore Khadim Tall, seorang pengawas bangunan. Mereka tidak percaya dan bahkan ada yang menangis melihatnya, ujarnya sebagaimana dikutip Reuters, Rabu (16/12/2015).

Persoalan itu muncul ketika pengembang membangun hotel yang terlalu dekat dengan laut. Selain itu, pembangunan hotel sering mengeruk pasir pantai terdekat sehingga abrasi pantai kian cepat.

Kondisi itu membuat ekonomi Senegal terpengaruh karena 11% pendapatan negara itu berasal dari sektor pariwisata. Sekitar satu juta orang mengunjungi Senegal setiap tahun dan pemerintah menargetkan jumlah kunjungan wisata naik hingga tiga kali lipat. Akan tetapi, erosi pantai terus mengancam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler