Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nikmati Keindahan dan Budaya Danau Toba Dalam Festival Danau Toba 2015

Nikmati keindahan Danau Toba dan budaya setempat dalam festival Danau Toba 2015 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Karo Sumatera Utara pada 19-22 November 2015
Danau Toba/ Indonesia Travel
Danau Toba/ Indonesia Travel

Bisnis.com, JAKARTA - Nikmati keindahan danau Toba dan budaya setempat dalam Festival Danau Toba 2015 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Karo, Sumatra Utara pada 19-22 November 2015.

Dikutip dari Wonderful Indonesia, Kamis (12/11/2015), Festival Danau Toba (FDT) akan diramaikan dengan berbagai kegiatan yang terbagi dalam kategori atraksi seni budaya dan wisata olah raga. Kegiatan tersebut ialah karnaval ulos, geopark karnaval, upacara tradisi, lomba solu bolon, lomba vocal solo, lomba paduan suara, lomba renang rakyat, lomba binaraga, lomba fotografi FDT, pameran, fashion show etnik, seminar, serta hiburan artis ibu kota daerah.

FDT merupakan acara wisata tahunan yang dimulai pada 2013. Festival itu sebelumnya bernama Pesta Danau Toba yang telah berlangsung sejak 1982. Pada mulanya Pesta Danau Toba merupakan sebuah kegiatan lokal yang diselenggarakan sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas keberadaan Danau Toba.

Pemerintah Kabupaten Karo dipercaya sebagai tuan rumah untuk gelaran FTD kali ini karena dianggap siap. Selain itu, Kabupaten Karo merupakan kabupaten di sekitar danau Toba yang belum pernah mendapat giliran melaksanakan festival tersebut namun keindahannya tidak kalah dengan kabupaten lainnya.

Danau Toba mempunyai peran penting bagi kehidupan suku Batak yang tinggal di pesisir Danau Toba. Oleh karena itu, penyelenggaraan FDT 2015 diharapkan menjadi festival internasional bercitra kuat dan diakui dunia sebagai destinasi berbasis geopark yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Danau Toba adalah salah satu dari 10 destinasi pariwisata yang menjadi priotitas Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN). Pembangunan 10 destinasi pariwisata itu diharapkan akan mendorong peningkatan arus investasi pariwisata serta kunjungan wisatawan yang ditargetkan sebanyak 20 juta wisatawan asing dan 275 juta wisatawan nusantara pada 2019 mendatang.

Sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan terdalam di dunia dengan kedalaman 450 meter, danau Toba merupakan salah satu keajaiban wisata alam yang menakjubkan. Danau bertipe vulkanik itu juga merupakan danau terbesar kedua di dunia sesudah danau Victoria di Afrika.

Di sekitar danau Toba, terdapat hutan pinus yang tertata asri dihiasi beberapa air terjun yang memesona. Di tengah danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik yakni pulau Samosir.

Kini, danau Toba menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di Indonesia yang begitu indah. Tempat di mana pengunjung dapat melakukan berbagai macam kegiatan untuk menikmati keindahan alam seperti mendaki gunung, berenang, atau berperahu layar. Udara di sana bersih dan sejuk, selaras dengan suasana santai masyarakatnya yang ramah.

Untuk menuju Danau Toba, Anda dapat menjadikan Medan sebagai pintu gerbang. Tersedia penerbangan dari berbagai kota besar di Indonesia. Berikutnya lanjutkan perjalanan ke Parapat yang berjarak 176 km dari Medan dan dapat dijangkau sekitar 6 jam dengan bus. Ada dua rute bus yaitu Medan-Parapat atau melalui Medan-Brastagi, dengan tarif Rp40.000. Anda juga dapat menaiki taksi dari Medan ke Parapat selama 4 jam dengan tarif Rp70.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler