Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL SURVEI: Wisatawan Indonesia Lebih Doyan Belanja Dibandingkan Negara Lain

Berbelanja, mengunjungi tempat terkenal, dan mencicipi kuliner menjadi tiga sasaran utama wisatawan Indonesia ke luar negeri seiring dengan meningkatnya pengeluaran mereka dari tahun ke tahun.nn
Pantai Kuta/Ilustrasi
Pantai Kuta/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Berbelanja, mengunjungi tempat terkenal, dan mencicipi kuliner  menjadi tiga sasaran utama wisatawan Indonesia ke luar negeri seiring dengan meningkatnya pengeluaran mereka dari tahun ke tahun.

Demikian menurut hasil survei Global Travel Intensions Study (GTIS) 2015 terkait penelitian atas pasar wisata tujuan luar negeri sebagaimana dikutip Bisnis.com, Senin (14/9/2015).

Dari hasil penelitian itu, 69% wisatawan Indonesia memafaatkan liburan mereka untuk berbelanja. Angka itu lebih tinggi dibandingkan wisatawan asal kawasan Asia Pasifik yang hanya 68% dan wisatawan global yang tercatat sebesar 66%.

Sedangkan kategori pengeluaran kedua terbesar untuk wisatawan Indonesia di luar negeri adalah mengunjungi tempat terkenal dengan angka 68%. Bandingkan dengan warga Asia Pasifik dan Dunia yang hanya rata-rata 62% dan 58%.

Untuk wisata dengan tujuan mencicipi kuliner, persentase wisatawan Indonesia mencapai 51%. Angka itu sedikit lebih tinggi dari kawasan Asia Pasifik yang tercatat 50% dan wisatawan global yang hanya 46%.

Pada bagian lain dari hasil penelitian itu, ternyata 60% wisatawan Indonesia berencana untuk meningkatkan pengeluaran mereka pada perjalanan selanjutnya. Persentase itu lebih tinggi dibandingkan rata-rata global yang hanya 53%, menurut penelitian  itu.

Bahkan tren pada survei atas 13.603 wisatawan yang bepergian dalam dua tahun terakhir itu menunjukkan para wisatawan Indonesia ingin bepergian lebih lama dan lebih jauh. Dalam survei tersebut orang Indonesia juga dilaporkan mulai suka bepergian ke destinasi seperti Jepang, Tiongkok dan Korea Selatan untuk kawasan Asia Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler