Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Batu Akik Dongkrak Perolehan Devisa Bali

Batu akik atau jenis permata lain yang terus berkembang di pasaran dalam dan luar negeri berpengaruh terhadap perolehan devisa Provinsi Bali sejak awal tahun 2015.
Batu akik/Antara
Batu akik/Antara

Bisnis.com, DENPASAR-- Batu akik atau jenis permata lain yang terus berkembang di pasaran dalam dan luar negeri berpengaruh terhadap perolehan devisa Provinsi Bali sejak awal tahun 2015.

"Pengusaha Singapura dan Hong Kong tampaknya bersaing untuk bisa membeli barang perhiasan yang dibuat antik dan unik, karena diisi batu akik yang dinilai bertuah untuk dijual kembali kepada konsumen mancanegara," tutur Made Parsua, pengusaha di Gianyar, Jumat (14/8/2015).

Tingginya permintaan perhiasan Bali mendongkrak perolehan devisa daerah wisata itu.

Laporan Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat menyatakan bahwa perolehan devisa dari aneka jenis perhiasan melonjak menjadi 15,3 juta dolar AS selama enam bulan periode Januari-Juni 2015 atau naik dari periode yang sama tahun 2014 yang hanya 9,5 juta dolar AS.

Perkembangan batu akik di dalam negeri semakin terkenal, maka turis asing yang datang dan melakukan perjalanan wisata ke daerah ini juga ada diantaranya banyak yang berminat membelinya sebagai cenderamata terutama yang memiliki nilai magis.

Aneka perhiasan perak yang diisi dengan mutiara, batu permata yang dibuat secara antik dan unik laku keras ke Singapura, Hong Kong, Australia dan Amerika Serikat.

"Kami dalam memenuhi pesanan memerlukan mutiara, batu permata bahan baku perhiasan dari luar negeri untuk memenuhi permintaan pasar mancanegara. Oleh sebab itu mengimpor permata untuk diekspor kembali, di samping asal Kalimantan," katanya.

Permata yang dibeli pengusaha kemudian dipadukan dengan rancangan perhiasan yang diproduksi masyarakat Bali, selanjutnya diekspor kembali dan mata dagangan bernilai seni tersebut laris di pasar ekspor.

Tidak saja wisatawan asing yang senang dengan perhiasan yang diisi permata dan logam mulia, pelancong Nusantara juga banyak mengoleksi aksesori dengan permata yang dibubuhi batu permata.

"Konon memiliki khasiat, apalagi promosi juga tersebar lewat dunia maya," kata Parsua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler