Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kopi, Daya Tarik Wisata Toraja

Menikmati eksotisme kampung adat Toraja mungkin sudah menjadi kewajiban apabila berkunjung ke kabupaten di Sulawesi Selatan ini. Namun, inovasi wisata harus terus dimunculkan untuk menarik para pelancong.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 28 Maret 2015  |  19:01 WIB
Kopi, Daya Tarik Wisata Toraja

Bisnis.com, JAKARTA--Menikmati eksotisme kampung adat Toraja mungkin sudah menjadi kewajiban apabila berkunjung ke kabupaten di Sulawesi Selatan ini. Namun, inovasi wisata harus terus dimunculkan untuk menarik para pelancong.

Di sela malam budaya Toraja yang digelar di Jiexpo, Kemayoran, Jumat malam (27/3), Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan Toraja harus memiliki citra baru di bidang pariwisata.

"Mari kita ubah imej Toraja dari mengerikan ke menyenangkan. Jangan kerbau dipotong karena pihak Eropa melawan hak asasi kehewanan. Atau masuk ke gua kuburan, bagi arkeologi menarik tapi bagi anak muda itu menakutkan," tutur JK.

Pria asal Makassar ini mengusulkan agar Toraja mendorong kopi sebagai komoditas unggulan yang dapat dijadikan sebagai objek pariwisata.

Misalnya dengan menikmati secangkir kopi arabica Toraja sambil berkeliling perkebunannya. Pengalaman tersebut tentu menarik bagi para pelancong lokal maupun internasional.

"Kalau ke Jepang, kopi paling mahal itu Toraja, Rp169.000/cangkir. Mengapa tidak jual keindahan kopi Toraja. Misalnya iklan minum kopi Toraja di bawah pohon," kata Kalla.

Berada di kawasan pegunungan, Toraja memang sempat dijuluki Queen of Coffee. Tanaman kopi yang ditanam mayoritas adalah arabika.

Kopi Toraja diklaim memiliki karakter yang khas. Salah satunya yaitu kandungan asamnya rendah. Jenis kopi Toraja pun beragam tergantung daerah pengghasilnya, antara lain Toraja Kalosi, Toraja Sapan, Toraja Marinding, Toraja Honey Process, dan Toraja Baruppu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling kopi indonesia PARIWISATA
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top