Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Diamond Princess Habiskan 350 Kg Daging Sapi Tiap Hari

Diamond Princess, salah satu kapal pesiar terbesar di dunia, mampu mengangkut 2.670 pelancong.
Y. Bayu Widagdo
Y. Bayu Widagdo - Bisnis.com 19 April 2014  |  10:02 WIB

Bisnis.com, YOKOHAMA--Diamond Princess, salah satu kapal pesiar terbesar di dunia, mampu mengangkut 2.670 pelancong.

Jumlah itu belum termasuk awak kapal yang mencapai 1.100 orang. Pertanyaannya, bagaimana memenuhi kebutuhan makanan ribuan penumpang itu?

Nilo Palma, Chef Executive Diamond Princess menyebutkan tidak perlu khawatir soal makanan di atas kapal pesiar. Semua kebutuhan pangan sudah tercukupi di atas kapal raksasa itu.

"Di sini ada 5 tempat makanan utama (galley) serta beberapa restoran. Dapur kami beroperasi 24 jam untuk melayani semua kebutuhan itu,"ujarnya kepada sejumlah wartawan dari beberapa negara Asia yang diundang menikmati pelayaran perdana Diamond Princess usai direnovasi, Jumat (18/4/2014).

Pria keturunan Philipina itu menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan makanan para penumpang, dapur kapal memasak setidaknya 350 kg daging sapi dan 500 kg daging babi setiap hari.

"Selain itu juga 1.200 kg daging ayam tiap hari serta 27.000 butir telur ayam setiap bulannya diperlukan untuk keperluan konsumsi penumpang,"ujar chef spesialis makanan Italia itu.

Tidak heran melihat betapa banyaknya kebutuhan daging di kapal pesiar itu, mengingat makanan favorit para penumpang ternyata adalah makanan berbahan dasar daging."Di sini favorit penumpang steak, tenderloin dan sejenisnya."

Nilo menambahkan, sebagian besar kebutuhan bahan pangan di atas kapal itu dipasok dari Los Angeles, Amerika Serikat dan sebagian lagi dari Yokohama.

"Kami hanya menerima bahan masakan dari pemasok resmi, kami tidak boleh membeli di sembarang tempat di mana kapal ini berlabuh. Ini untuk menjaga kualitas makanan para penumpang."

Diamond Princess merupakan salah satu dari 17 kapal pesiar yang dioperasikan oleh Princess Cruises.

Armada terbesar--ukuran kapal lebih dari  100.000 ton dan mampu mengangkut 2.500-3.000 pelancong---sebanyak 10 kapal, termasuk Sapphire Princess yang akan berlayar ke Indonesia semester kedua 2014. mendatang serta Diamond Princess yang saat ini dinaiki oleh Bisnis.com.

Selain itu, Princess Cruises juga mengoperasikan 5 kapal pesiar kelas medium serta 2 kapal pesiar kelas kecil.

Princess Cruises memasuki industri kapal pesiar pada 1965, dengan sebuah kapal pesiar ke Meksiko dan saat ini menjadi operator kapal pesiar terbesar ketiga di dunia.

Setiap tahun setidaknya 1,7 juta pelancong kapal pesiar diangkut oleh jaringan kapal Princess Cruises.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal pesiar
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top