Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satu Dari Tiga Orang Indonesia Berlibur Bersama Orang Tersayang

Bisnis.com, JAKARTA-- Satu jajak pendapat yang dilakukan oleh situs pencarian perjalanan global Skyscanner menyatakan satu di antara tiga orang Indonesia (27%) bepergian untuk berlibur pada tahun ini bersama orang-orang yang mereka sayangi.

Bisnis.com, JAKARTA-- Satu jajak pendapat yang dilakukan oleh  situs pencarian perjalanan global  Skyscanner menyatakan satu di antara tiga orang Indonesia (27%)  bepergian untuk berlibur  pada tahun ini bersama orang-orang yang mereka sayangi.

Angka tersebut merupakan hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh situs tersebut pada  awal 2013  dengan menanyakan pada 1.000 peserta  mengenai liburan impian yang mereka wujudkan.

Hasil survei  itu mengungkapkan bahwa  menghabiskan waktu bersama keluarga adalah prioritas nomor satu dalam liburan yang membuat orang Indonesia mau menyisihkan waktu untuk itu.  Mereka yang pergi berlibur dengan keluarga melebihi 22% dari mereka yang semula mengatakan bahwa membawa keluarga berlibur adalah tujuan liburan mereka.

Sementara itu mengunjungi negara baru atau kota yang baru adalah keinginan berlibur orang Indonesia pada tahun 2013. Namun, hanya satu dari empat orang yang benar-benar melakukannya, dibandingkan dengan 70% responden yang mengidentifikasinya sebagai prioritas. Mungkin tidak terlalu mengejutkan bahwa wanita cenderung memilih liburan bersama keluarga (31%) dibandingkan pria (24%), sementara pria (27%) lebih cenderung melakukan perjalanan ke negara atau kota baru dibandingkan wanita(23%).

Pilihan makanan juga menjadi pertimbangan orang Indonesia untuk mengunjungi tempat yang menyediakan makanan yang mereka kenal. Sebanyak 47% responden mengatakan bahwa mencoba makanan setempat yang baru bagi mereka merupakan prioritas nomor satu yang mendorong mereka berlibur, sementara hanya 21 % dari mereka benar-benar mencoba makanan setempat yang baru dan berbeda di tahun 2013.

Hampir seperempat orang Indonesia menilai diri mereka sebagai orang yang ingin mencoba kegiatan penuh petualangan seperti bungee-jumping atau menambah kekayaan bahasa asing maupun belajar keterampilan setempat ketika mereka berlibur. Nyatanya hanya satu dari 10 orang Indonesia yang benar-benar melakukannya.Ternyata wanita Indonesia lebih suka berpetualang (9%) dibandingkan laki-laki (7%).

“Tidak diragukan lagi bahwa liburan bagi orang Indonesia adalah saat untuk bersama keluarga namun tak lepas dari keinginan mencoba hal-hal baru yang berbau lokal seperti pengalaman kuliner baru. Semakin sedikit perjalanan internasional yang dilakukan menunjukkan pelancong mungkin ingin memanfaatkan keuntungan sumber daya yang dimiliki untuk persiapan dan riset bagi liburan mereka. Hal yang menarik adalah mengetahui betapa wanita Indonesia lebih memilih liburan bersama keluarga dan di dalam negeri tetapi walau demikian mereka tetap memilki hasrat berpetualang yang sedikit lebih besar dari para pria. Berjiwa Kartini sekali wanita Indonesia,” kata Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner untuk  Indonesia Tika Larasati, dalam rilisnya

Menurut Tika, salah satu alasan banyak orang Indonesia tidak memilih pergi ke luar negeri adalah banyaknya tujuan wisata yang ditawarkan di dalam negeri. Wisata domestik di Indonesia telah tumbuh secara signifikan. Pada kuartal pertama tahun 2013data BPS memperlihatkan bahwa orang Indonesia melakukan 55,7 juta perjalanan dibandingkan dengan 53,86 juta perjalanan tahun lalu. Mereka yang paling banyak melakukan perjalanan domestik berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta, Sumatera Utara dan Bali, dengan urutan tersebut.

“Walaupun tujuan liburan hanya berada dekat dengan rumah tidak berarti luput dari petualangan. Dan hanya dengan keluar sedikit dari kota tempat tinggal, kita sudah bisa memperoleh kesempatan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru yang tak kalah seru dari pengalaman di negeri orang,” kata Tika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Efita
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler