Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asuransi Perjalanan Wisata Perlu Digencarkan

BISNIS.COM, JAKARTA—Sosialisasi asuransi perjalanan wisata dinilai perlu lebih digencarkan oleh perusahaan terkait. Hal ini bisa berpotensi menjadi peluang melihat tren penumpang angkutan udara yang selalu tumbuh.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 16 April 2013  |  14:00 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA—Sosialisasi asuransi perjalanan wisata dinilai perlu lebih digencarkan oleh perusahaan terkait. Hal ini bisa berpotensi menjadi peluang melihat tren penumpang angkutan udara yang selalu tumbuh.

Ketua Association of Indonesia Tour & Travel Agencies (Asita) Asnawi Bahar mengatakan akan menghimbau kepada seluruh anggotanya untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan penyedia asuransi. Selama ini asuransi sudah termasuk dalam pembelian paket perjalanan wisata, tetapi belum semua agen menerapkan.

“Masyarakat perlu untuk menambah cover atas dirinya selain dari perusahaan maskapai dan Jasa Raharja. Keengganan untuk membeli asuransi tambahan ini lebih disebabkan pikiran mereka bahwa jangan-jangan nanti ada masalah,” kata Asnawi saat dihubungi Bisnis, Selasa (16/4/2014).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan jumlah penumpang angkutan udara domestik dan internasional pada tahun lalu mencapai 66,4 juta. Angka ini naik 4,1 juta dibandingkan dengan 2011 sebanyak 62,3 juta.

Sedangkan sampai Februari 2013 (year to date), jumlah total penumpang telah mencapai 10,5 juta orang. Angka ini mengalami kenaikan 3% secara year on year (y-o-y).

Dia menambahkan besaran premi untuk perjalanan ini terlalu kecil yakni sekitar Rp5.000. Agar bisa memberikan nominal tanggungan yang lebih besar, maka premi idealnya adalah Rp20.000. Hal ini akan menambah ketenangan masyarakat saat bepergian.

Selain itu, perusahaan asuransi perlu untuk menambah produk dan menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat. Akan lebih baik jika perusahaan asuransi dan agen perjalanan wisata sama-sama melakukan sosialisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

travelling wisata asita asnawi bahar asuransi perjalanan
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top