Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Puncaki 10 Negara Pemasok Turis ke Bali

Wisatawan China yang berlibur ke Pulau Bali mencapai 1,28 juta orang selama tahun 2017, meningkat 395.079 orang atau 39,88 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat 990.771 orang.
Sejumlah wisatawan melihat patung nelayan setibanya mereka dari berwisata dengan kapal laut di dermaga Serangan, Denpasar./Antara
Sejumlah wisatawan melihat patung nelayan setibanya mereka dari berwisata dengan kapal laut di dermaga Serangan, Denpasar./Antara

Bisnis.com, DENPASAR - Wisatawan China yang berlibur ke Pulau Bali mencapai 1,28 juta orang selama tahun 2017, meningkat 395.079 orang atau 39,88 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat 990.771 orang.

"Masyarakat negeri Tirai Bambu itu berwisata ke Bali sebagian besar lewat Bandara Ngurah Rai Bali, dengan menumpang pesawat yang terbang langsung dari negaranya, hanya 272 orang melalui pelabuhan laut dengan menumpang kapal pesiar," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Adi Nugroho di Denpasar, Sabtu (10/2/2018).

Ia mengatakan, kunjungan masyarakat China untuk menikmati panorama alam serta keunikan seni dan budaya masyarakat Bali menempati peringkat teratas dari sepuluh negara terbanyak memasok turis ke Bali, mampu memberikan andil sebesar 24,32 persen dari total wisman ke Bali sebanyak 5,69 juta orang selama 2017.

Total wisman ke Bali 2017 ini meningkat 769.802 orang atau 15,62 persen dibanding tahun sebelumnya yang tercatat 4,92 juta orang.

Setelah China disusul kunjungan wisatawan Australia memberikan kontribusi 19,22 persen, India 4,79 persen, Jepang 4,44 persen, Inggris 4,28 persen, Amerika Serikat 3,19 persen, Perancis 3,12 persen, Jerman 3,11 persen, Korea Selatan 3,07 persen, Malaysia 2,99 persen dan berbagai negara lainnya 27,31 persen.

Dari sepuluh negara terbanyak memasok turis ke Bali sebagian besar mengalami peningkatan yang signifikan, hanya dua negara yang mengalami penurunan yakni Australia 4,21 persen dan Malaysia 5,15 persen.

China Puncaki 10 Negara Pemasok Turis  ke Bali

Faktor

Adi Nugroho menambahkan, meningkatnya kunjungan turis China ke Bali sejak beberapa tahun belakangan ini berkat berbagai faktor, salah satunya semakin baiknya hubungan kerja sama antara pemerintah China dengan Indonesia khususnya Bali.

Selain itu, juga berkat terobosan yang dilakukan perusahaan penerbangan nusantara, yakni Garuda Indonesia dengan memusatkan perhatiannya terhadap lintasan penerbangan Tiongkok-Denpasar, Bali pergi-pulang (PP).

Dengan adanya angkutan udara relatif lancar menyebabkan angka peningkatan kunjungan turis asing asal China ke Bali meningkat cukup signifikan, ujar Adi Nugroho.

China Puncaki 10 Negara Pemasok Turis  ke Bali

Tak Khawatir

Gubernur Bali Made Mangku Pastika ketika menerima kunjungan sejumlah wartawan dari China baru-baru ini mengundang dan meyakinkan wisatawan China untuk tidak khawatir datang ke Pulau Dewata, di tengah aktivitas Gunung Agung, Kabupaten Karangasem yang sudah menurun.

Kondisi Bali sebenarnya tidak seseram yang diberitakan khususnya di media-media China. Kondisi yang sedikit genting hanya terjadi selama 2,5 hari pada saat penutupan bandara beberapa bulan Januari lalu.

Gunung Agung saat ini status darurat sudah dicabut dan hanya tinggal di kawasan enam kilometer dari puncak Gunung. Selanjutnya kawasan itupun kemungkinan akan diturunkan menjadi tiga kilometer sehingga hanya ada satu desa yang harus mengungsi dengan jumlah penduduk sekitar 300 jiwa.

"Jadi, saat ini kondisi di Bali sudah normal, aktivitas Gunung Agung sudah menurun, status Awas hanya radius enam kilometer dari puncak," ujar Gubernur Pastika.

China Puncaki 10 Negara Pemasok Turis  ke Bali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler