Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertumbuhan Turis Asing di Indonesia 4 Kali Lipat Dibanding Asean

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memimpin Rapat Koordinasi Dewan Pengarah Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) dan Badan Otorita Borobudur (BOB) di Laguboti, Toba Samosir, Sumatera Utara, Rabu (10/1/2018).
/Bisnis-Dedi Gunawan
/Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memimpin Rapat Koordinasi Dewan Pengarah Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) dan Badan Otorita Borobudur (BOB) di Laguboti, Toba Samosir, Sumatera Utara, Rabu (10/1/2018).

Melalui siaran pers di Jakarta, Luhut menjelaskan pertumbuhan turis asing di Indonesia mencapai hampir empat kali lebih besar dibandingkan dari Asean. Pertumbuhan turis Asean sepanjang Januari-Agustus 2017 hanya mencapai 7 persen, sementara di Indonesia dapat mencapai hingga 25,68 persen.

Luhut juga menyebut kawasan pariwisata Danau Toba maupun Borobudur masih dalam proses pengembangan. Untuk itu, ia mengaku akan terus berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait untuk mendorong pengembangan destinasi wisata unggulan tersebut.

Koordinasi akan dilakukan dengan Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan kapasitas Bandara Silangit, juga dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk segera memutuskan desain jembatan Tano Pongol.

Sementara untuk kawasan Borobudur (BOB), Luhut berharap segera ada perkembangan mengenai kelengkapan organisasi BOB.

"BOB perlu segera melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan di daerah (Borobudur?Yogyakarta, Solo-Sangiran dan Semarang-Karimun Jawa), serta percepatan penetapan status lahan otoritatif 50 hektare sebagai aset BOB (proses tukar guling kawasan hutan)," katanya.

Rapat koordinasi akan dilakukan secara berkala terkait progres pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten serta bentuk kerja sama dan koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait.

Rakor juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung, serta para bupati di kawasana Danau Toba, Luhut menjelaskan berbagai prestasi Indonesia di bidang pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler