6 Tips Belanja Murah di Dubai

Kunjungi Lebih dari 1 Toko. Hal ini memberikan Anda kesempatan untuk membandingkan harga retail dan harga pasaran dari produk yang dicari dan membantu menentukan jumlah yang harus dibayar.
Ramdha Mawaddha | 09 Desember 2017 05:59 WIB
Distrik Al Satwa - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Selain keindahan alam, destinasi belanja juga menjadi prioritas penting bagi seseorang saat jalan-jalan ke luar negeri. Selain karena mengincar barang tertentu, banyak orang yang juga berburu barang sebagai buah tangan untuk orang-orang yang dicintainya.

Dikutip dari keterangan tertukis Dubai Tourism, berikut tips dan trik berbelanja murah selama melancong di Dubai.

1. Kunjungi Lebih dari 1 Toko

Hal ini memberikan Anda kesempatan untuk membandingkan harga retail dan harga pasaran dari produk yang dicari dan membantu menentukan jumlah yang harus dibayar.

Di samping itu, hal ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan interaksi dengan para penjual yang mungkin memiliki variasi produk dengan kualitas lebih baik dan harga lebih murah.

Dalam hal ini, pengetahuan adalah sumber kekuatan sehingga lakukan negosiasi bersenjatakan harga yang diberikan oleh pesaing. Sebagian besar retailer akan menurunkan harga dengan toko lain.

2. Bersikaplah Ramah namun Tetap Tegas

Tersenyumlah dan katakan halo (atau “Marhaba”, dalam bahasa Arab) saat memasuki toko. Selain membantu membangun hubungan baik dengan penjual, hal tersebut juga membantu Anda dalam mengambil keputusan.

Perlakukan ini sebagai sebuah diskusi terbuka di mana Anda bersedia untuk melakukan kompromi. Selain ungkapan di atas, “Akherse’er” (dibaca: Aa-kher-saa-er) juga berguna, yang artinya: “Apa harganya bisa kurang?” Gunakan bahasa yang membantu Anda mendapatkan barang impian.

Jika Anda benar – benar menginginkan barang tersebut, mereka akan tahu bahwa Anda bersedia membayar berapapun, jadi ada baiknya Anda berpura – pura tidak tertarik. Juga, selalu lakukan kontak mata karena hal tersebut mampu membangun kepercayaan.

3. Mulailah dengan Harga Rendah tanpa Menyinggung Penjual

Harga akhir biasanya bergantung pada kemampuan tawar-menawar Anda. Terutama jika membeli banyak barang, sangat diperbolehkan untuk meminta potongan harga.

Aturan umumnya adalah mulailah dengan menawar harga hingga setengah harga dan harga akhir akan berada ditengah harga yang diberikan penjual dan harga yang Anda tawarkan. Bila dilakukan dengan baik, pertanda bahwa Anda merupakan seorang pebisnis cerdas.

4. Bawalah Uang Tunai

Lakukan penawaran dan berikan uang tunai, penjual akan sulit untuk menolak sehingga Anda mampu mendapatkan penawaran yang lebih baik.

Jika penjual tidak bersedia menurunkan harga, tanyakan apa bisa mendapat bonus souvenir atau aksesoris.

Para ahli menyarankan hal tersebut mampu menjadi taktik efektif untuk mendapatkan layanan tambahan atau bonus jika Anda membayar harga penuh.

5. Berbelanjalah Menjelang Toko Tutup

Aturan dasarnya adalah lakukan tawar – menawar saat permintaan atas barang tersebut menurun dan penjual bersiap menutup toko—itulah waktu yang tepat untuk berbelanja.

Atau lakukan aktivitas belanja pada penghujung musim saat produk baru dikeluarkan. Selain itu, akhir bulan adalah waktu yang efektif untuk berbelanja karena para penjual berusaha memenuhi target sehingga penurunan harga sangat mungkin terjadi.

Tips lain yang perlu diingat adalah tunggulah hingga toko sepi karena tidak ada yang mau membuang waktu untuk melakukan tawar menawar jika ada pelanggan lain yang bersedia membayar dengan harga penuh.

6. Jangan Takut untuk Meninggalkan Tempat jika Tawar-Menawar Tidak Sesuai Keinginan

Dengan meninggalkan tempat meskipun Anda sangat menginginkan barang tersebut, dapat menjadi alat negosiasi yang ampuh. Selain itu, Anda juga dapat kembali lagi ke tempat itu di hari berikutnya jika barang belum terjual.

Tag : dubai
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top