Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisata Halal: Lombok Tak Pernah Sepi Pengunjung

Dua penghargaan dari World Halal Travel Awards (WHTA) 2015 yang didapatkan Lombok yaitu Worlds Best Halal Tourism Destination dan Worlds Best Halal Honeymoon Destination, ternyata memberi dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan wisatawan Lombok.
Lombok/Istimewa
Lombok/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Dua penghargaan dari World Halal Travel Awards (WHTA) 2015 yang didapatkan Lombok yaitu Worlds Best Halal Tourism Destination dan Worlds Best Halal Honeymoon Destination, ternyata memberi dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan wisatawan Lombok.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), L.M Fauzal, mengatakan, bahwa tahun ini Lombok bahkan tidak mengenal low season.

Terjadi anomali pada tahun 2016. Apabila pada tahun-tahun sebelumnya Lombok mengalami low season pada awal tahun dan pada saat bulan suci Ramadan, tahun ini hal tersebut tidak terjadi.

"Tahun ini kita penuh terus, luar biasa berkat promosi Kemenpar (Kementerian Pariwisata) juga," ujar L.M Fauzal pada acara Sosialisasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara di Lombok, Rabu (24/8/2016).

Dengan demikian, L.M Fauzal optimistis, bahwa target 3 juta wisatawan Lombok untuk tahun 2016 akan terpenuhi. Dari angka 3 juta tersebut, baik wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman) masing-masing diharuskan menyumbang angka 1,5 juta.

"Dari data BPS yang kita peroleh, sampai bulan Juli ini saja sudah mencapai angka 2,2 juta wisatawan. Penyumbang terbanyak adalah wisnus, tertolong dari event-event MICE seperti Hari Pers Nasional dan MTQ Nasional yang baru saja kami laksanakan. Bahkan, penyelenggaraan MTQ tersebut dinilai sebagai MTQ yang terbaik," lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, L.M Fauzal juga menjelaskan bahwa dalam branding, Lombok dan Sumbawa kini sudah dipisahkan karena keduanya tidak mungkin maju bersama-sama. Diakuinya terdapat disparitas, namun Sumbawa tidak akan ditinggal sehingga daerah ini kelak juga akan mendapatkan branding baru.

"Branding baru untuk Lombok sudah kami tentukan yaitu "Friendly Lombok", untuk Sumbawa belum ada nanti kita buat FGD ya. Kami dahulukan Lombok karena Kemenpar menargetkan Lombok sebagai destinasi prioritas," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : indonesia.travel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler