Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga China Kenal Bali, Indonesia Seutuhnya Belum

Kementerian Pariwisata menetapkan 18 misi penjualan dan promosi di beberapa kota di China sepanjang 2016 untuk menjaring wisatawan asal Negeri Panda lebih banyak.
Turis China/marketingtochina
Turis China/marketingtochina

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata menetapkan 18 misi penjualan dan promosi di beberapa kota di China sepanjang 2016 untuk menjaring wisatawan asal Negeri Panda lebih banyak.

"Misi penjualan dan promosi wisata Indonesia akan digelar di beberapa kota di China seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou, termasuk Hong Kong, Makau dan lainnya," kata Asisten Wakil Deputi Pemasaran Internasional Kemenpar Lilis Fauziah di Beijing, Kamis (3/3/2016) malam.

Ditemui di sela-sela malam misi penjualan wisata golf Indonesia, dia mengatakan, pada 2016 Indonesia menargetkan sekitar 12 juta wisatawan mancanegara.

"Dari jumlah tersebut, kami menargetkan sekitar 1,7 juta wisatawan China datang ke Indonesia. Potensi pasar China sangat besar, dan kami ingin lebih banyak pelancong China berlibur ke Indonesia," ungkap Lilis.

Dikatakan, melalui misi penjualan ini, seller dan buyer akan langsung bertemu, sehingga dapat mengeksplorasi lebih dalam kerja sama yang dapat dilakukan antara pelaku industri pariwisata Indonesia dan China, antara agen perjalanan kedua pihak dan seterusnya.

"Dengan begitu akan lebih efektif menjaring turis, dalam hal ini wisatawan China, ke Indonesia. Dengan promosi dan misi penjualan yang digelar di beberapa kota di China akan lebih banyak warga China mengenal Indonesia dan tertarik untuk datang berlibur," kata Lilis.

Belum Kenal

Juru bicara Kedutaan Besar RI di Beijing Santo Darmosumanto mengatakan, masih banyak warga China yang belum mengenal Indonesia secara utuh.

"Sebagian besar hanya mengenal Bali," katanya.

Karena itu, lanjut dia, promosi yang dilakukan dapat memberikan gambaran utuh tentang Indonesia beserta potensi, serta keragaman daerah tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Sementara, Manajer Umum Garuda Indonesia Beijing, Hans Haliono mengatakan, untuk mendukung target sekitar dua juta turis China ke Indonesia, pihaknya telah memiliki dua rute penerbangan langsung dari Beijing ke Indonesia yakni Beijing-Jakarta (PP) dan Beijing-Denpasar (PP).

Selain itu, selama liburan tahun baru Imlek dan liburan musim panas Garuda Indonesia juga menyiapkan penerbangan tak berjadwal dari sejumlah kota di China ke Bali.

Sebelumnya, situs perjananan terbesar China, Ctrip.com, menempatkan Indonesia sebagai satu dari sepuluh destinasi favorit warga China untuk merayakan Tahun Baru Imlek di mancanegara tahun ini.

Indonesia ada di urutan delapan daftar sepuluh negara tujuan favorit pelancong China untuk merayakan Imlek di luar negeri yang meliputi Thailand, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Hong Kong, Amerika Serikat, Indonesia, Malaysia dan Australia menurut data pemesanan konsumen Ctrip.com sejak pertengahan Januari 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler