10 Makanan Khas Pekalongan, Rasanya Tidak Perlu Diragukan - tauto (instagram.com_tautokedungrasa)
Kuliner

10 Rekomendasi Makanan Khas Pekalongan untuk Wisata Kuliner

Nuraini
Sabtu, 13 Mei 2023 - 18:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pekalongan terkenal sebagai penghasil batik yang indah dan mempesona. Selain batik, di Pekalongan juga terdapat banyak makanan yang rasanya enak.

Makanan khas Pekalongan bahkan sering diburu wisatawan yang datang ke kota tersebut.

Lantas, apa sajakah makanan khas dari daerah Pekalongan? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut ini.

Makanan khas Pekalongan

Makanan khas Pekalongan menjadi pelengkap liburan di kota batik. Berikut pilihan makanan asli Pekalongan yang sayang untuk dilewatkan.

1. Sego Megono

Salah satu makanan khas Pekalongan adalah sego megono. Makanan ini terdiri atas nasi dan sayur nangka muda. Sego megono biasanya disajikan sebagai menu sarapan. Akan tetapi, makanan ini juga bisa dinikmati saat makan siang atau makan malam.

2. Tauto

Tauto merupakan soto khas Pekalongan. Ciri khas makanan Pekalongan ini yaitu adanya tambahan tauco dalam bumbunya. Tauto terbuat dari daging yang bisa disesuaikan dengan selera mulai dari daging ayam, sapi, hingga kerbau. Setelah itu, daging disiram kuah yang sedap dan ditambah sambal yang membuat rasanya semakin nikmat.

3. Kluban

Kluban merupakan makanan Pekalongan yang terbuat dari beragam sayur seperti kol, kacang panjang, bayam, kangkung, dan tauge. Sayuran tersebut direbus sampai matang. Kemudian dicampur dengan kelapa parut. Makanan ini memiliki rasa pedas dan biasanya disajikan ketika Lebaran.

4. Pindang Tetel

Berbeda dengan jenis pindang lainnya yang biasanya terbuat dari ikan, pindang khas Pekalongan justru terbuat dari tetelan sapi. Selain bahan bakunya yang berbeda, pindang ini juga disajikan dengan kuah yang sudah diberi kluwek. Maka dari itu, makanan ini berwarna gelap seperti rawon khas Jawa Timur.

5. Lontong Lemprak

Makanan tradisional Pekalongan lainnya yaitu lontong lemprak. Bahan utama makanan ini yaitu ayam kampung yang sudah digoreng. Setelah itu, disiram kuah kental dengan rempah khas. Kemudian, ditambahkan lontong yang membuat makanan ini cukup mengenyangkan.

6. Garang Asem

Garam asem adalah makanan khas Pekalongan yang terbuat dari tetelan sapi yang direbus sampai empuk, lalu ditambah kuah asem yang bening dan segar. Biasanya, garang asem dinikmati bersama jeroan sapi dan telur ayam. Bagi pecinta pedas, bisa dinikmati garang asem bersama cabai atau sambal yang membuat rasanya semakin nikmat.

7. Glundung

Selain makanan berat, di Pekalongan juga terdapat olahan kue yang rasanya enak. Salah satunya glundung. Makanan ini terbuat dari singkong yang ditambah gula aren dan dibentuk menjadi bola. Selain enak, jajanan ini juga cukup mengenyangkan.

8. Kue Lumpang

Makanan tradisional Pekalongan lainnya yaitu kue lumpang. Kue ini terbuat dari areh atau sejenis santan kelapa yang dimasak sampai kental. Setelah itu, ditambah daun bawang di bagian atasnya. Rasanya gurih sehingga tidak membosankan.

9. Ongol-ongol

Tak hanya kue lumpang, di Pekalongan juga terdapat jajanan lain yang bernama ongol-ongol. Makanan ini terbuat dari tepung sagu dicampur dengan gula merah. Rasa kue ini manis, gurih, dan teksturnya kenyal.

10. Apem kesesi

Terakhir, makanan khas Pekalongan yang tidak boleh dilewatkan adalah apem kesesi. Apem kesesi terbuat dari tepung beras dan gula aren. Camilan ini memiliki rasanya manis dan enak. Adonan apel kemudian diletakkan di atas daun pisang, sehingga aromanya sangat khas. Biasanya, apem dicari sebagai oleh-oleh khas Pekalongan.

Itulah beberapa makanan khas Pekalongan yang kenikmatannya tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa mencicipi makanan tersebut saat berada di Pekalongan dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro