Makanan Malaysia yang Mengenyangkan dan Patut Dicoba (freepik)
Kuliner

5 Makanan Khas Malaysia Paling Dicari karena Cita Rasanya

Nuraini
Sabtu, 13 Mei 2023 - 18:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan khas Malaysia memiliki kemiripan dengan masakan Nusantara. Salah satu ciri khasnya adalah nasi lengkap dengan sayur dan lauk. 

Kalau bukan nasi, bisa berupa mie, bihun, lontong sebagai karbohidratnya.  

Pasangan pendamping umumnya berupa sayur dan lauk. Ada banyak hidangan dari Negeri Jiran yang kaya dengan rempah-rempah dan mengenyangkan. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Makanan Khas Malaysia

Makanan khas Malaysia memiliki ciri kaya akan rempahnya, Anda akan merasakan cita rasa gurih dari santan.  Selain itu,  ciri khas lainnya yaitu tambahan pedas bisa dalam bentuk sambal atau cabai di hampir setiap hidangannya.  Berikut beberapa makanan Malaysia yang penuh cita rasa dan patut Anda cicipi.

1. Nasi Lemak

Salah satu makanan khas Malaysia adalah nasi lemak. Makanan yang satu ini cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Menu nasi dengan lauk pauk ini kerap dianggap mirip dengan nasi uduk. Bisa jadi karena nasinya dicampur dengan olahan santan yang gurih.

Nasi lemak dihidangkan bersama ayam, telur rebus, atau ikan goreng.Tambahannya yaitu potongan mentimun dan tempe atau kacang goreng. Tidak lupa sambal untuk melengkapinya.

2. Nasi Kerabu 

Nasi kerabu adalah salah satu makanan khas Malaysia yang selalu diburu wisatawan. Kuliner dengan bahan utama nasi ini memiliki tampilan unik. Nasinya dimasak dengan cara dicampur dengan bunga telang kering. Hasilnya nasi yang kebiruan nan cantik.  

Makanan dari Malaysia ini seperti nasi lemak yang didampingi dengan ayam goreng,  ikan kering, telur asin, kerupuk, ayam bakar dan sayuran. Nasi kerabu bukan hanya memakai bunga telang saja, tapi juga ada tambahan kencur, kunyit,  kecombrang, dan bumbu dapur lainnya yang membuat hidangan ini sangat menggoda dan wajib dicoba.

3. Ayam Laksa Penang

Makanan khas Penang ini adalah asimilasi dari kuliner Melayu dan Tionghoa.  Dalam kuah ada mie sebagai karbohidratnya. Pasangannya adalah kuah kaldu ikan yang terbuat dari telur, dan tulang ikan makarel yang direbus memakai asam, serai, dan cabe.

Laksa adalah hidangan berkuah yang mengenyangkan, khususnya kalau disantap dengan nasi.  Isinya yang kaya dengan sayuran seperti toge jadi hidangan dengan menu lengkap yang sehat. Sempatkan mencicipi ayam laksa penang kalau Anda berkesempatan berkunjung ke Penang.

4. Mee Siam

Makanan khas Malaysia ini memiliki kuah dan rasanya pedas. Anda bisa mencoba Mee yang terbuat dari bihun atau misoa. Mee siam adalah kuliner khas negeri tetangga yang tenar dan diberikan gelar "Truly Malaysia" sebagai promosi kuliner ini ke kancah Internasional.  

Satu mangkok Mee Siam berarti campuran bihun dengan kuah asam pedas. Anda akan mendapatkan suwiran daging ayam, irisan telur, dan bawang diatasnya.

5. Nasi Kandar

Nasi kandar Malaysia sering disamakan dengan nasi rames atau nasi Padang khas Indonesia. Namun, nasi kandar memakai lebih banyak rempah-rempah yang menghasilkan makanan yang bercita rasa khas. Bumbunya  memakai rempah kari yang gurih dan menyatu dengan nasi putih. 

Kata “kandar” berarti “bahu”. Hal ini mengacu pada kebiasaan penjual nasi kandar yang memikul jualannya dengan wadah di bahu. Nasi kandar dimakan dengan ayam goreng, kari kepala ikan, atau kari daging.  Anda dapat memilih lauk yang diinginkan kemudian memakannya dengan kuah kari.

Makanan khas Malaysia beragam dan patut dicoba kalau Anda berkesempatan mengunjungi Malaysia. Ada banyak hidangan yang memiliki kemiripan dengan hidangan Indonesia.  Jadi, lidah Anda tidak akan kesulitan beradaptasi dengan makanan disana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro