Makanan Khas Lampung./Pinterest
Kuliner

6 Makanan Khas Lampung yang Wajib Dicoba, Rasanya Enak!

Hana Fathina
Rabu, 26 April 2023 - 16:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika kamu menyukai makanan nusantara, kamu harus mencoba makanan khas Lampung. Daerah yang terkenal dengan nama Way kambas ini memiliki makanan unik yang sayang untuk dilewatkan. Selain terkenal dengan oleh-oleh keripik pisangnya, kamu juga perlu mencoba makanan khas Lampung. 

Makanan khas Lampung cenderung memiliki rasa yang gurih dan pedas. Salah satu makanan yang populer di kota ini adalah tempoyak yang dibuat dengan campuran durian. Selain itu, ada juga makanan khas Lampung yang pedas yaitu seruit. 

Makanan Khas Lampung yang Menggugah Selera Makan:

Seruit 

Seruit merupakan makanan khas Lampung yang disajikan dalam perayaan acara besar seperti pernikahan, acara adat hingga acara besar lainnya. Seruit dibuat dari ikan yang dibakar lalu dicampur dengan beberapa bumbu seperti cabai, bawang merah, garam, gula dan terasi. Seruit ini makin lezat dimakan jika disajikan dengan nasi putih. 

Gulai Tempoyak

Gulai tempoyak  menjadi salah satu makanan khas Lampung yang dibuat dari daging durian matang. Selain daging durian, tempoyak juga dibuat dengan sedikit garam dan difermentasi dalam wadah kedap udara selama 3 hari. 

Sensasi asam dan pedas dari tempoyak ini bisa diolah menjadi sajian gulai. Sajian gulai yang umum di lampung adalah dibuat dengan ikan patin. Bumbu yang dicampurkan juga terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai dan juga kunyit. 

Gabing

Gabing merupakan makanan khas Lampung yang terdiri dari batang kelapa muda yang dipotong dan direbus. Gabing sering dimasak untuk campuran santan sehingga rasanya gurih. Untuk menambah cita rasa, biasanya gabing juga ditambahkan dengan potongan daging. 

Pindang Kepala Simba

Ikan simba sendiri adalah ikan yang sangat populer di Lampung, ikan simba ini memiliki ukuran yang besar sehingga kaya akan daging yang lembut. Daging yang diincar dari kepala simba ini adalah daging bibir dan juga daging mata yang sangat lembut dan enak. 

Pandap 

Pandap merupakan makanan khas Lampung yang dihaluskan dengan merata dan di campurkan dengan bumbu yang sudah disiapkan lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga 8 jam yang membuatnya matang merata dan mendapatkan kenikmatan dari pandap tersebut. 

Engkak Ketan

Engkak ketan merupakan kue yang mirip dengan lapis legit. Tetapi engkak ketan memiliki tekstur yang lebih lembut dan tahan lama dari kue lapis legit dan kue engkak juga lebih gelap. Makanan khas lampung ini, sering juga disajikan Ketika acara keluarga atau pesta yang diadakan. 

Itulah beberapa makanan khas Lampung yang bisa kamu coba jika kamu sedang berlibur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro