Jamur enoki memiliki bakteri Listeria monocytogenesis.
Kuliner

Prediksi 3 Tren Kuliner yang Laris Manis di 2023, Cocok Jadi Ide Bisnis!

Arlina Laras
Selasa, 20 Desember 2022 - 19:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Momen pergantian tahun biasanya akan ada banyak perubahan yang terjadi di berbagai sektor, salah satunya yaitu kuliner. Beberapa chef profesional dari berbagai negara memberikan pendapat mereka terkait tren makanan yang diprediksi akan populer dan laris manis pada 2023.

Hal ini juga menjadi penting bagi para pebisnis dalam melihat perkembangan tren makanan agar produk kulinernya lebih mudah diterima konsumen karena sesuai dengan selera pasar.

Melansir dari laman Future Foods, Selasa (20/12/2022) berikut deretan kuliner yang diprediksi akan populer pada tahun 2023. Simak ulasannya. 

1. Butter Board

Jika Anda menggunakan TikTok, Butter board adalah salah satu sajian kuliner yang menyajikan mentega di atas nampan. Selain itu, disediakan beragam makanan yang bisa dicocol dengan mentega.

Tren yang cukup baru tetapi berkat blogger TikTok Justine Doiron. Pengguna media sosial langsung heboh dan menjajal konsep makanan ini.

Butter board biasanya disajikan untuk kelompok. Biasanya disajikan dengan roti. Trennya adalah mengikis mentega dengan roti dan memakannya dengan roti.

Secara teknis butter board terinspirasi oleh papan charcuterie Prancis. Papan charcuterie lebih rumit. Karena mengandung berbagai daging, keju, batang sayuran, keripik dan saus.

Papan mentega pada dasarnya adalah papan kayu yang diolesi dengan mentega dan ditaburi bumbu, potongan buah-buahan, bumbu, sayuran, dan rempah-rempah.

Tren butter board sekarang makin beragam. Tak hanya mentega, Kamu juga bisa memasukkan Nutella, selai kacang atau selai strawberry. Konsep ini pasti akan lebih banyak inovasi di masa depan.

Namun penyajian ini tidak praktis bagi orang-orang yang tinggal di iklim panas dan lembab. Pasalnya, mentega akan segera meleleh dan menetes ke papan.

2. Makanan Asia

Selain western food, kini makanan dari Asia menjadi favorit bagi banyak orang. Makanan Asia terkenal lezat karena kaya rasa yang tercipta dari beragam bumbu dan rempah. Umumnya, masakan Asia memiliki cita rasa yang khas mulai dari asam, manis hingga pedas. Cita rasa itu terbuat dari bahan-bahan yang memang berasal dari negara-negara di Asia.
 
Meski setiap negara di Asia memiliki bumbu dan rempah yang khas, banyak juga hidangan yang menggabungkan bumbu tersebut dari beberapa negara sehingga menghasilkan campuran rasa yang lezat. Bahkan, kelebihan masakan Asia yakni cita rasanya yang umami. Dia menjelaskan umami adalah sebuah bentuk kombinasi rasa mulai dari rempah-rempah hingga saus dalam suatu hidangan. Jadi ada rasa manis, asam, asin, dan gurih.

Saat ini makanan-makanan khas Asia Timur seperti Jepang dan Korea yang lebih digemari banyak orang, dilanjutkan dengan hidangan khas Singapura dan Indonesia. 

3. Minuman Non-Alkohol

Semua orang suka minum dengan teman-teman mereka setelah bekerja, tetapi banyak pengunjung yang menghilangkan alkohol akhir-akhir ini. Minuman non-alkohol dan koktail menjadi sangat populer pada tahun 2022. Banyak bar dan restoran menanggapi permintaan akan minuman rendah dan non-alkohol dengan menu minuman baru yang menyenangkan.

Peluang ini menjadi sangat besar, mengingat minuman non-alkohol mudah dibuat dan disajikan. Berkreasilah dengan minuman rendah dan tanpa alkohol Anda, dan temukan cara untuk memasangkannya dengan makanan Anda. Anda mungkin akan menemukan keuntungan yang sangat besar.

4. Plant-Based Dining

Popularitas masakan vegan dan vegetarian telah meroket sepanjang awal tahun 2020-an, dan banyak pengunjung – dan restoran – sangat ingin ikut serta pada tahun 2023. Ada banyak alasan untuk menerapkan pola makan nabati: masalah etika dan perubahan iklim sangat panas topik di kalangan Milenial dan Gen Z, yang paling mungkin mengurangi daging.

Pada saat kenaikan biaya makanan biasa terjadi, makanan vegetarian biasanya jauh lebih murah untuk dimasak daripada alternatif karnivora mereka, dan menawarkan lebih banyak dari mereka dapat mengurangi biaya persediaan. Pertimbangkan juga industri pengganti daging, yang diperkirakan akan menghasilkan pendapatan kotor lebih dari US$12 miliar pada tahun 2029. 

Memanfaatkan pertumbuhan eksplosif ini dapat membuat restoran Anda tetap trendi dan menguntungkan. Apa pun bahan yang Anda gunakan, pelanggan selalu menghargai rasa yang enak dengan harga terjangkau, jadi jadikan kualitas sebagai prioritas utama Anda.

5. Jamur

Jamur payung yang sederhana sangatlah ikonik, serbaguna, dan lezat. Jamur menjadi pemain kunci dalam isu kesehatan dan kebugaran arus utama sepanjang tahun 2022, dan alasannya jelas terlihat, yakni sebagai salah satu dari sedikit sumber vitamin D non-hewani, mereka adalah komponen penting dari diet vegetarian. 

Ada lebih dari 40 jenis jamur yang dapat dimakan, sehingga dengan variasi seperti itu, pemilik restoran mana pun dapat menemukan cara untuk memasukkan jamur beraroma ke dalam menu mereka. 

Jamur sangat cocok dipadukan dengan pasta, daging merah, dan sayuran hijau, dan dapat disesuaikan dengan budaya dan masakan apa pun. Pilih jamur yang tepat untuk restoran Anda, dan Anda akan menemukan bahwa itu adalah suguhan lezat dan 

populer untuk pelanggan Anda.

6. Sustainable Food

Konsumen saat ini sadar akan dampak lingkungan dari restoran favorit mereka, dan banyak yang mempertimbangkan keberlanjutan saat memilih makanan. Pengunjung modern ingin tahu bahwa apa yang mereka makan sadar lingkungan, dan mereka tidak takut menolak bisnis yang tidak memenuhi standar mereka.

Sebagai pemilik restoran, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan agar tetap etis dan menguntungkan! Manfaatkan pemasok lokal Anda. Mereka dapat berfungsi sebagai penyedia bahan yang kuat tanpa biaya pengiriman yang berlebihan. 

Hilangkan limbah dengan cara menggunakan kemasan yang dapat digunakan kembali atau didaur ulang dan gunakan hanya sebanyak barang yang diperlukan untuk menjaga standar kualitas makanan Anda.

Masing-masing tren ini dapat membantu restoran Anda memimpin pasar pengiriman hari ini. Cari tahu mana yang paling cocok dengan bisnis Anda, dan gunakan untuk melengkapi dan memperkuat upaya pemasaran Anda yang sudah ada. 

Ingat: meski pelanggan menyukai tempat makan yang berpikiran maju tetapi tidak ada cara yang lebih baik untuk membuat mereka kembali selain dengan rasa makanan yang luar biasa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro