Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Pilah-pilih Duren di Pasar Durian Kuto Palembang

Jalan-jalan ke Palembang? Ini tips pilah-pilih durian di Pasar Kuto.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 03 Oktober 2022  |  02:00 WIB
Tips Pilah-pilih Duren di Pasar Durian Kuto Palembang
Penjual durian di Pasar Kuto Palembang memilih buah kepada pelanggan. - Bisnis.com/Abdurachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tatkala berkesempatan jalan-jalan ke Kota Palembang, selain berburu pempek, ada baiknya mencicip sensasi "belah duren" di Pasar Durian Kuto. 

Kawasan yang telah ditetapkan sebagai destinasi wisata kuliner Palembang ini terbilang legendaris dan telah ada sejak 80-an. Bahkan, mayoritas pelapak telah berjualan secara turun-temurun. 

Tim Jelajah BUMN 2022 Bisnis Indonesia berkesempatan singgah di Pasar Durian Kuto dalam perjalanan darat menuju Tanjung Enim, Muara Enim, Sumatra Selatan, untuk menjalani tugas mengunjungi PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) beberapa waktu lalu. 

Kendati Tim baru sampai ke kawasan Slamet Riady, Kuto Batu, Kecamatan Ilir Timur II itu jelang tengah malam hari, tak menjadi masalah karena Pasar Durian Kuto terus buka selama 24 jam. Bahkan, stok durian akan terus ada walaupun sedang tak musim panen. 

Salah satu pelapak durian 'Barokah' menjelaskan mayoritas pasokan berasal dari wilayah Sumatra Selatan, seperti Lahat, Tebing Tinggi, juga Belitang. Apabila masih kurang, ada pula pasokan dari Bengkulu, Padang, bahkan sampai Medan. 

"Semua bisa dicoba dulu sesuai selera. Mau yang manis, atau lebih suka yang rasanya kuat dan sedikit manis, semua ada. Kalau tidak cocok pun bisa tukar," ujarnya sembari memilah durian yang cocok untuk Tim Jelajah BUMN 2022 yang beranggotakan 4 orang.

Sembari duduk santai di tengah semerbak aroma durian yang turut menyelimuti perbincangan kami, muncul celetukan dari pengunjung semeja bernama Tri (32) soal tips berburu di Pasar Durian Kuto. 

Kendati berdomisili di Ibu Kota, sama dengan kami, istri Tri merupakan orang asli Sumatra Selatan. Tak heran, Tri sudah hafal betul cara mendapatkan durian terbaik di Pasar Durian Kuto, apalagi ketika malam hari. 

"Kalau sepi begini, apalagi rombongan seperti kalian, menyebar dulu saja, lihat-lihat mana penjual mau buka duriannya, alias pamer barang terbaiknya. Aroma wangi menggoda yang tercium dari durian itu bisa jadi patokan. Baru kemudian tanya harga," ungkap Tri. 

Secara umum, harga setiap 'raja buah' di Pasar Durian Kuto beragam, mulai dari Rp20.000 sampai Rp65.000 tergantung ukuran. Rombongan pelahap durian berjumlah banyak biasanya diuntungkan, karena setiap durian yang dibuka akan dihitung dengan harga rata-rata. 

Jangan malu untuk mengintip dan mencicip secuil daging terlebih dahulu sebelum memutuskan mengambil suatu durian, karena Pasar Durian Kuto terbilang lengkap dalam mengakomodasi segala macam selera durian idaman dari para pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

durian Pariwisata palembang travelling kuliner Jelajah BUMN
Editor : Herdanang Ahmad Fauzan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top