Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 5 Negara Terkotor di Dunia, Bangladesh Nomor Satu

Setidaknya ada lima negara yang masuk dalam kategori negara terkotor di dunia. Berikut ini daftarnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 21 September 2022  |  10:26 WIB
Simak 5 Negara Terkotor di Dunia, Bangladesh Nomor Satu
5 Negara Terkotor di Dunia, Bangladesh Nomor Satu (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahukah Anda, ternyata ada beberapa tempat yang dikenal sebagai negara terkotor di dunia. Kebersihan lingkungan merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia, terutama dalam kesehatan. 

Lingkungan kotor tak hanya berkaitan dengan sampah. Namun, hal-hal lain seperti polusi udara, air kotor atau tercemar juga turut menjadi indikator lingkungan yang tidak bersih. 

Urutan Negara Terkotor di Dunia

Seperti yang disinggung sebelumnya, terdapat beberapa negara yang masuk dalam kategori negara paling kotor. Berikut ini beberapa  negara paling kotor di dunia yang wajib diketahui. 

1. Bangladesh

Salah satu negara terkotor di dunia adalah Bangladesh. Negara ini memiliki jumlah penduduk 167 juta penduduk dengan luasan bangunan yang dihuni yaitu 147.000 km². 

Bangladesh merupakan negara dengan produksi gas rumah kaca terbesar di dunia yaitu mencapai 9,8 juta ton di tiap tahunnya melalui industri batu bara yang mereka miliki. 

Bahkan negara Bangladesh merupakan salah satu negara yang airnya tercemar pestisida komersial. Tentu saja hal ini sangat mempengaruhi kesehatan penduduk Bangladesh. 

Tak hanya masalah air, negara ini juga termasuk tempat yang kualitas udaranya kurang baik. Dhaka merupakan tempat di Bangladesh dengan tingkat kemacetan yang tinggi dan banyak polusi udara dari asap kendaraan.

2. Pakistan

Negara terkotor di dunia yang kedua yaitu negara Pakistan. Polusi udara menjadi salah satu masalah utama yang saat ini dihadapi oleh negara Pakistan. Lahore merupakan salah satu kota yang ada di Pakistan dan menjadi tempat paling tercemar dalam hal kualitas udara. 

Setiap tahunnya bahkan negara Pakistan dapat menghasilkan 49,6 juta ton limbah padat dan meningkat sebanyak 2,4%. Pakistan diketahui tidak memiliki infrastruktur untuk mengolah limbah yang dihasilkan, sehingga masalah lingkungan menjadi masalah paling serius. 

3. India

India merupakan negara paling kotor ketiga. Negara ini menghasilkan sampah mencapai 62 juta ton di tiap tahunnya. Bahkan India diperkirakan pada tahun 2030 akan mencapai 165 juta ton sampah. Selain jumlah sampah yang sangat banyak, kualitas udara di negara ini juga sangat buruk. 

4. Mongolia

Di urutan keempat ada Mongolia sebagai negara terkotor di dunia. Mongolia merupakan negara dengan sumber daya hutan rendah dan iklim yang cukup keras untuk pertumbuhan tanaman. 

Mongolia bahkan mengalami deforestasi hingga akhirnya kehilangan 10% hutan karena kebakaran, serangan hama, dan penebangan pohon untuk digunakan sebagai bahan bakar. Salah satu masalah terbesar yang ada di Mongolia yaitu polusi udara yang disebabkan oleh pembakaran biomassa dan batubara terutama pada saat musim dingin tiba. 

Ibukota dari Mongolia yaitu Ulaanbaatar bahkan tertutup asap tebal yang disebabkan oleh pembakaran pada saat musim dingin.

5. Afghanistan

Negara terkotor di dunia berikutnya yaitu Afghanistan.. Sesuai pedoman dari WHO kualitas udara yang ada di negara Afghanistan ini dinilai tidak aman atau buruk bagi kesehatan makhluk hidup.

Kualitas udara buruk di negara Afghanistan terjadi karena banyaknya polusi industri, bahan bakar dengan kualitas buruk, serta emisi kendaraan. Selain kualitas udara yang buruk, kebersihan airnya juga kurang baik.

Bahkan 80% dari air minum yang dikonsumsi oleh masyarakat Afghanistan tercemar sehingga memiliki dampak buruk bagi kesehatan masyarakat. Tak hanya itu, kasus keracunan makanan di negara Afghanistan ini terbilang cukup tinggi.

Itulah 5 negara terkotor di dunia. Dari penjelasan di atas, kita bisa mengetahui bahwa penyebab sebuah tempat menjadi kotor sangat beragam, mulai dari banyaknya sampah yang dihasilkan, polusi udara, hingga kualitas air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara sejarah bangladesh
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top