Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 6 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia, Termasuk Indonesia

Setiap negara memiliki jumlah pulau yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa negara dengan pulau terbanyak di dunia yang perlu diketahui.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 21 September 2022  |  10:10 WIB
Ini 6 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia, Termasuk Indonesia
6 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia, Siapa yang Nomor Satu_ (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia merupakan negara yang dikenal memiliki pulau dengan jumlah terbanyak di dunia. Tetapi, Indonesia bukanlah satu-satunya negara dengan pulau terbanyak di dunia. 

Lalu, negara-negara mana saja yang memiliki jumlah pulau terbanyak di dunia? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.  

Negara yang Memiliki Pulau Terbanyak di Dunia

Pulau menjadi aset berharga yang dimiliki sebuah negara. Lazimnya, semakin luas wilayahnya, maka jumlah pulau yang dimiliki akan semakin banyak. Berikut ini 6 negara yang memiliki pulau terbanyak yang ada di dunia.

1. Swedia

Negara pertama yang menjadi negara dengan pulau terbanyak di dunia yaitu negara Swedia dengan jumlah pulau yang dimilikinya sebanyak 221.831 pulau.

Kepulauan Stockholm bahkan memiliki hampir 20.000 pulau yang terdiri dari pulau kecil serta batuan antara Öregrund yang letaknya di sebelah utara dan Landsort yang berada di sebelah selatan. 

Meskipun Swedia memiliki hingga 200.000 lebih pulau, tetapi hanya sekitar 24.000 pulau saja yang dibuka untuk umum. Bahkan, pulau yang dihuni tidak mencapai 1.000 pulau.

Jumlah penduduk dari pulau yang dihuni tersebut mencapai 10.186.149 juta penduduk atau 0,13 persen dari total populasi penduduk dunia. 

2. Norwegia

Posisi kedua ada Norwegia yang memiliki 239.067 pulau. Kepulauan yang paling terkenal di Norwegia yaitu ada Kepulauan Lofoten. Kepulauan tersebut bahkan sudah disertifikasi sebagai kepulauan destinasi berkelanjutan.

Sertifikasi ini diberikan kepada destinasi wisata atau tempat yang melestarikan lingkungan alam dan budayanya demi mengurangi dampak negatif serta memperkuat nilai sosial dan vitalitas ekonomi negaranya. 

3. Finlandia

Negara selanjutnya yang masuk ke dalam 6 besar negara dengan pulau terbanyak di dunia yaitu negara Finlandia. Negara ini memiliki 178.947 jumlah pulau yang tersebar di seluruh penjuru negara. 

Sama dengan kedua negara lainnya yaitu Swedia dan Norwegia, negara Finlandia juga terdiri dari pulau berbatu lepas pantai yang membentang dari mulai barat daya sampai ke Laut Baltik.

4. Kanada

Kanada merupakan negara di posisi keempat yang memiliki jumlah pulau terbanyak  di dunia. Negara ini memiliki 62.466 pulau yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Kanada merupakan negara terbesar kedua jika dilihat berdasarkan luas daratan. 

Kanada juga memiliki pulau yang tersebar di Samudra Pasifik, Atlantik, dan Arktik. Bahkan, ada 3 pulau di Kanada yang masuk ke 10 besar pulau yang terbesar di dunia. Pulau tersebut yaitu Pulau Victoria, Pulau Ellesmere, dan Pulau Baffin. 

Semua pulau yang masuk ke kategori pulau terbesar merupakan bagian dari Kepulauan Arktik. Kanada merupakan negara yang terletak di bagian utara Amerika Utara. Negara ini menjadi salah satu perisai benua terbesar. 

5. Amerika Serikat

Negara selanjutnya yaitu Amerika Serikat yang memiliki pulau sebanyak 18.617 pulau. Salah satu diantaranya ada Kepulauan Hawaii yang menjadi destinasi wisata terkenal di dunia. Beberapa pulau  yang ada di Amerika Serikat yaitu ada Puerto Rico, Mariana Utara, Virgin AS, Samoa Amerika, dan lain sebagainya. 

6. Indonesia

Negara dengan jumlah pulau terbanyak selanjutnya yaitu negara Indonesia yang memiliki 17.604 jumlah pulau yang tersebar di berbagai pelosok nusantara. Negara Indonesia memiliki banyak gugusan pulau. 

Kepulauan di Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Pulau di Indonesia terbagi atas pulau besar dan pulau kecil. Sebagian bahkan ada yang belum di huni oleh manusia. 

Itulah 6 negara dengan pulau terbanyak di dunia yang wajib untuk diketahui. Siapa sangka ternyata negara kita masuk dalam daftar di atas. Hal ini menjadi sebuah kebanggaan sekaligus pengingat untuk kita agar tetap melestarikan dan menjaga keutuhan pulau-pulau yang ada di nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara pulau sejarah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top