Rendang/Antara
Kuliner

Ini 5 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara

Daffa Firdaus Najati
Selasa, 3 Mei 2022 - 12:12
Bagikan

Bisnis.com, YOGYAKARTA — Semarak kemenangan saat Hari Raya Idulfitri bisa dibilang selalu dirayakan dengan sajian makanan yang enak.

Menariknya, setiap negara memiliki makanan khasnya sendiri untuk menyambut Lebaran ini.

Di Indonesia misalnya, salah satu makanan yang identik dengan momen Idulfitri adalah opor ayam dan lontong sayur. Lalu, bagaimana dengan negara lain ya? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Rendang

Rendang adalah salah satu makanan khas Indonesia yang populer di masyarakat Melayu. Oleh sebab itu, tidak hanya di Indonesia, beberapa negara lain seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam pun menjadikan rendang sebagai makanan khas ketika Idulfitri.

2. Sheer Khurma

Sheer Khurma adalah makanan puding krim yang berasal dari Asia Selatan. Puding krim ini terbuat dari sevayan, yaitu mie dengan tekstur halus menyerupai bihun dan sedikit lebih tebal daripada bihun. Rasa dari Sheer Khurma ini kaya akan rempah dan biasanya disantap bersama kacang-kacangan serta buah-buahan kering sebagai pelengkap.

3. Lokum

Kudapan manis ini berasal dari Turki dan menjadi makanan khas perayaan Idulfitri. Makanan ini dibuat dari campuran tepung beras yang dimasak hingga membentuk jeli dan dicetak berbentuk kubus kecil. Tekstur dari lokum sendiri lengket dan terdapat taburan kacang di bagian luar untuk menambah kesan gurih dan manis secara bersamaan.

4. Bolani

Bolani adalah makanan ringan dari Afganistan yang khas disajikan saat perayaan Idulfitri. Makanan ini dibuat dari lembaran adonan tipis yang diisi dengan sayuran, daun bawang, labu, dan kentang. Ada juga yang menambahkan isian daging pada bolani. Ia kemudian digoreng menggunakan hingga kecoklatan.

5. Manti

Manti adalah sajian pangsit kecil yang wajib disajikan saat Idulfitri di Turki dan Rusia. Terdapat beragam jenis topping yang digunakan sebagai pelengkap makanan satu ini, seperti yogurt atau krim asam, rempah-rempah aromatik, serta saus cocolan dengan cita rasa gurih.

-----

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul "Tak Cuma di Indonesia, Ini 5 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : JIBI/Harianjogja.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro